Pantai Bira

Kabupaten Bulukumba memang terkenal dengan pantainya yang indah, pasir putih yang lembut, dan lautnya yang jernih. Salah satu objek wisata andalan Sulawesi Selatan, Khususnya Bulukumba adalah Pantai Bira. Di Sulawesi Selatan Pantai ini sudah sangat terkenal, namun sayangnya belum terekspos keluar sulawesi.

Saya sangat bangga lahir sebagai putra bulukumba, karena bulukumba mempunyai keindahan alam dan budaya yang tak kalah dengan Bali."BALI IS THE SECOND BIRA" itulah salah satu kata yang bisa saya utarakan, sebagai wujud kebanggan saya terhadap bulukumba maupun keindahan alamnya.

Melalui beberapa gambar tersebut, anda bisa menyaksikan sendiri keindahan pantai Bira. Selain wisatawan lokal, pantai tersebut juga banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Wisatawan dari luar negeri selalu berdatangan sepanjang tahun, meskipun bukan hari libur atau hari raya, pantai tersebut tetap ramai dikunjungi wisatawan.
Pantai Bira

Untuk menuju Ke tempat tersebut anda bisa menggunakan kendaraan bermotor dengan lama perjalanan kurang lebih lima setengah jam dari  pusat kota makassar. Secara geografis, letak pantai bira berada di paling ujung selatan Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Bonto Bahari,  Kabupaten Bulukumba yaitu sekitar 40 km dari  Pusat Kota Bulukumba, atau 200 km dari Kota Makassar. 

Pantai Bira
Lebih jelasnya, saya akan mendeskripsikan perjalanan dari Kota Makassar sampai tempat tersebut. Perjalanan dimulai dari Bandara Sultan Hasanuddin, kemudian menuju Terminal Mallengkeri Makassar yang bisa dituju dengan beberapa pilihan, yaitu denga naik taksi, Ojek, atau naik angkot juga bisa, soal harga anda sebaiknya tawar menawar saja dengan pengemudinya. Selanjutnya untuk menuju ke Kota Bulukumba dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum berupa mobil Kijang, Panther atau Innova dengan tarif sebesar Rp.35.000. Namun terkadang ada Sopir yang meminta bayaran Rp.40.000, jadi sebaiknya anda menanyakan harga terlebih dahulu.

Selanjutnya,  dari Kota Bulukumba ke Tanjung Bira dapat ditempuh dengan menggunakan mobil  pete-pete (mikrolet) dengan tarif berkisar antara Rp.8.000 sampai – Rp.10.000.

Di kawasan wisata Tanjung Bira, angkutan  umum beroperasi hanya sampai sore hari. Jika pengunjung harus kembali ke Kota Makassar pada sore itu juga, di sana  tersedia mobil carteran (sewaan) dengan tarif Rp.500.000. Hal ini juga bisa anda lakukan saat berangkat, anda bisa mencarter mobil dari makassar sampai Pantai bira.

Pantai Bira
Biaya tiket masuk ke lokasi Pantai Tanjung  Bira sebesar Rp.5.000. Kawasan wisata Pantai Tanjung Bira dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti restoran, penginapan, villa, bungalow, dan hotel dengan tarif mulai dari Rp.50.000 hingga Rp.600.000  per hari. Di tempat ini juga terdapat persewaan perlengkapan diving dan snorkling dengan tarif yang beragam. Selain itu, jika anda ingin berkeliling di sekitar pantai, tersedia persewaan motor dengan tarif Rp.65.000 dan ada juga kapal yang siap anda gunakan apabila ingin berkeliling melihat jernihnya laut menggunakan kapal. 

Di kawasan pantai  juga terdapat pelabuhan kapal ferry yang siap mengantarkan pengunjung yang ingin berwisata selam ke Pulau Selayar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel