Resep Membuat Coto Makassar

Makanan satu ini memang menjadi salah satu ciri khas sulawesi selatan. Tidak hanya di Makassar, makanan ini juga banyak di Bulukumba. Bahkan menjadi makanan khas bulukumba. Makanan ini sangat nikmat untuk dijadikan hidangan makan malam setelah berbuka puasa. Awalnya saya tidak suka dengan COTO MAKASSAR, tapi sejak mencicipi makanan ini di salah satu warung yang bertempat di sekitar daerah Antang, setelah Kuburan Cina, pokoknya deket perempatan jalan lah, alamat lengkapnya saya kurang tau,

Kesan berbeda muncul setelah saya mencicipi makanan ini, tak ada kata selain memuji makannannya. bener-bener mantep coto di sana.

coto makassar
Coto Makassar, Makanan Khas Sulawesi Selatan
buat kalian, yang penasaran dengan makanan khas ini, datang saja ke sana..
atau kalian mau coba buat sendiri???

berikut saya cantumin resepnya,, 

tidak usah berlama-lama, sekarang langsung beli bahannya, dan eksekusi langsung..

kurang lebih resepnya seperti ini,

Bahan:

1 kg daging sapi bagian sengkel (yang empuk itu, bilang aja ama abang2 di pasar, pasti pada tau..)

1/2 kg paru (digoreng, pisahkan, masukin toples)

2 liter air cucian beras/tajin

5 batang serai, memarkan

5 lembar daun salam

250 gram kacang tanah, goreng, haluskan

3 sendok makan minyak goreng, untuk menumis

5 cm jahe, memarkan

1 ruas lengkuas, memarkan

Note: sebenarnya kalo teman-teman mau, boleh pake 300 gram babat, rebus matang & 300 gram hati sapi rebus matang. Kalo menambahkan ini, daging sapinya dikurangin menjadi 1/2 kg saja. Tapi lebih dari itu juga tidak apa-apa, semuanya tergantung selera masing-masing

Bumbu yg dihaluskan:

10 siung bawang putih

8 butir kemiri disangrai

1 sendok makan ketumbar disangrai

1 sendok teh jintan disangrai

sendok makan garam

1 sendok teh merica butiran.

Pelengkap:

bawang goreng

irisan daun bawang

irisan seledri


Sambal tauco:

- Haluskan 10 buah bawang merah, 5 siung bawang putih, 10 buah cabai keriting yang direbus sebentar.

- 100 gram tauco yang ditumis dengan 6 sendok makan minyak goreng hingga matang, tambah garam dan gula merah secukupnya. Campur sama bahan yang udah dihaluskan barusan.

Cara membuat:
1. Kalo pake babat atau hati, rebus terpisah hingga lunak, angkat, tiriskan, potong dadu.

2. Rebus daging sapi bersama air tajin, serai, lengkuas, jahe, dan daun salam. Setelah matang angkat, tiriskan, potong dadu.

3. Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, masukkan ke dalam kaldu,tambahkan kacang tanah goreng, didihkan.

4. Penyajian: Siapkan mangkuk, isi dengan daging dan ati dan babat dan juga paru yg dari toples tadi. Taburi bawang goreng (enaknya banyak2), irisan daun bawang dan seledri, sajikan dengan ketupat dan sambal taoco.

5. Sajikan hangat.
SARAN PENYAJIAN: Tambahin kecap, garam, dan jeruk nipis jika perlu

selamat mencoba yahhhh

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel