TERBARU : PENDAFTARAN SEKOLAH KEDINASAN TAHUN 2018/2019 - BATAS AKHIR PENDAFTARAN :            Penerimaan Calon Tamtama TNI AL Tahun 2018 : 24 November 2017 s.d. 7 Januari 2018
Home » , » Resep Membuat Coto Makassar

Resep Membuat Coto Makassar

Makanan satu ini memang menjadi salah satu ciri khas sulawesi selatan. Tidak hanya di Makassar, makanan ini juga banyak di Bulukumba. Bahkan menjadi makanan khas bulukumba. Makanan ini sangat nikmat untuk dijadikan hidangan makan malam setelah berbuka puasa. Awalnya saya tidak suka dengan COTO MAKASSAR, tapi sejak mencicipi makanan ini di salah satu warung yang bertempat di sekitar daerah Antang, setelah Kuburan Cina, pokoknya deket perempatan jalan lah, alamat lengkapnya saya kurang tau,

Kesan berbeda muncul setelah saya mencicipi makanan ini, tak ada kata selain memuji makannannya. bener-bener mantep coto di sana.

coto makassar
Coto Makassar, Makanan Khas Sulawesi Selatan
buat kalian, yang penasaran dengan makanan khas ini, datang saja ke sana..
atau kalian mau coba buat sendiri???

berikut saya cantumin resepnya,, 

tidak usah berlama-lama, sekarang langsung beli bahannya, dan eksekusi langsung..

kurang lebih resepnya seperti ini,

Bahan:

1 kg daging sapi bagian sengkel (yang empuk itu, bilang aja ama abang2 di pasar, pasti pada tau..)

1/2 kg paru (digoreng, pisahkan, masukin toples)

2 liter air cucian beras/tajin

5 batang serai, memarkan

5 lembar daun salam

250 gram kacang tanah, goreng, haluskan

3 sendok makan minyak goreng, untuk menumis

5 cm jahe, memarkan

1 ruas lengkuas, memarkan

Note: sebenarnya kalo teman-teman mau, boleh pake 300 gram babat, rebus matang & 300 gram hati sapi rebus matang. Kalo menambahkan ini, daging sapinya dikurangin menjadi 1/2 kg saja. Tapi lebih dari itu juga tidak apa-apa, semuanya tergantung selera masing-masing

Bumbu yg dihaluskan:

10 siung bawang putih

8 butir kemiri disangrai

1 sendok makan ketumbar disangrai

1 sendok teh jintan disangrai

sendok makan garam

1 sendok teh merica butiran.

Pelengkap:

bawang goreng

irisan daun bawang

irisan seledri


Sambal tauco:

- Haluskan 10 buah bawang merah, 5 siung bawang putih, 10 buah cabai keriting yang direbus sebentar.

- 100 gram tauco yang ditumis dengan 6 sendok makan minyak goreng hingga matang, tambah garam dan gula merah secukupnya. Campur sama bahan yang udah dihaluskan barusan.

Cara membuat:
1. Kalo pake babat atau hati, rebus terpisah hingga lunak, angkat, tiriskan, potong dadu.

2. Rebus daging sapi bersama air tajin, serai, lengkuas, jahe, dan daun salam. Setelah matang angkat, tiriskan, potong dadu.

3. Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, masukkan ke dalam kaldu,tambahkan kacang tanah goreng, didihkan.

4. Penyajian: Siapkan mangkuk, isi dengan daging dan ati dan babat dan juga paru yg dari toples tadi. Taburi bawang goreng (enaknya banyak2), irisan daun bawang dan seledri, sajikan dengan ketupat dan sambal taoco.

5. Sajikan hangat.
SARAN PENYAJIAN: Tambahin kecap, garam, dan jeruk nipis jika perlu

selamat mencoba yahhhh

Baca Juga !

Info Terbaru

Ditulis Oleh : Muhammad Arif Ahsan

Info Resep Membuat Coto Makassar ini dibagikan oleh Muhammad Arif Ahsan pada 13 Desember 2011. Arif adalah alumni STAN wisuda tahun 2011, saat ini bekerja sebagai PNS di Kementerian Keuangan, apabila ada kritik atau saran silahkan sampaikan secara langsung melalui BBm (Pin D433858D), LINE (@kedinasan.com), atau EMAIL (muharifahsan@gmail.com).

18 komentar:

  1. wahh,.ngiler ane ngliatnya gan,.sumpahaane jadi pengen beli soto makasar :)
    nais inpo gan :)

    BalasHapus
  2. iya gan,,
    thanks udah berkunjung..
    kalo ngiler dan pengen coba,,,
    maen ke makassar aja gann..
    heheh
    kalo gak, coba bikin sendiri aja..
    tapi rasanya dijamin ga bakal sama gann.

    di sana jauh lebih mantep,
    ane udah buktiin...
    coto makassar yang ada di jakarta jauh beda ama yang originalnya..heehh

    BalasHapus
  3. Rasanya pasti nyaman ni..

    BalasHapus
  4. @jericho, ini nyaman banget sob,,,, mau mencoba???

    datang saja ke makassar, dan nikmati makanan satu ini..

    heheh :)

    BalasHapus
  5. wah sedap bgt tuw,,,kpn2 bole coba donk,,

    makasih jg dah komen n berkunjung,,

    ayok ikutan gabung di PTC qw itu,,makasih,,,raih rupiah demi rupiah n ajak temen2 km..klik aja di
    http://www.santozaq.com/2011/05/mengenal-ptc-paid-to-click.html

    BalasHapus
  6. santo...sedap banget nih bro, kalo mau coba, dateng aja ke makassar..

    PTC itu apa bro??
    kompetisi blog??

    BalasHapus
  7. wah sayang gw di semarang,,jauh bgt y,,,
    coto itu sama j kayak soto bkan sii,,lom pnah coba ni,,p lg yg khas makasasar,,,bsok klo dah sukses pngen coba muter2 seluruh indonesia

    PTC=Paid to click (intinya km bisa dapet duit setiap iklan yg kmu klik)
    cara daftarnya buka ja di http://www.santozaq.com/2011/05/mengenal-ptc-paid-to-click.html trus kan ada gambar2 nya,,lah km klik salah satu atau semuanya n daftar aja,,gratis kok,,,
    tp syarat utamanya kmu harus klik setiap hari 1 set iklan (biasanya lebih dari 8 iklan kok) 1 iklan g boleh double klik,,,
    n ajak temen2 n promosiin,,biar dpet duit bnyak bro,,
    gw saranin ikutin semuanya,,soalnya semuanya banyak iklannya,,,n buat penarikan minimal bisa Rp 20.000,,, ayok ikut,,,klo msh da yg bngung tanyain j,,,
    oke,,thx bro,.,,,sukses jg buat km

    BalasHapus
  8. thanks bro atas penjelasannya, btw ini ada efek sampingnya ga??
    efek negatif maksudnya..

    soal makanan,, selama gue nyobain semua jenis soto yang ada di jakarta, gue bisa bilang ini bener-bener beda sob...

    kuahnya jauh lebih kentel, dan lebih terasa bumbunya,,
    lebih mantep deh menurutku,
    kalo ga percaya, langsung cek aja bro..

    heheh

    BalasHapus
  9. Di malaysia..daerah yg i tau banyak org jual coto makasar ialah di negeri kelahiran saya...daerah sandakan... we love coto makasar..my mom know how to cook it too ^_~

    BalasHapus
  10. waaaaw...ar u sure??
    hehehe :)
    amazing..

    coto makassar sedap sangat..
    bener tak???

    *maaf jika bahasa malaysianya agak kacau, masih belajar

    BalasHapus
  11. iya lah arief...yang bener nieh..huhu...mang di sandakan banyak juga orang indonesia...kakek ku ku juga asli indonesia...tapi di daerah kampung yang susah penduduknya..kalo ga silap sy, di sulawesi... =)

    BalasHapus
  12. waaaaawww...berarti kamu orang indonesia juga yah???
    heehehh

    sadakan itu di malaysia mana??
    timur atau barat??

    BalasHapus
  13. @'Ainun Qalbi
    ini memang sedap... tak percaya ??
    silahkan dicoba

    BalasHapus
  14. wah. 1st time tau masakan ni. boleh try masakan dr seberang cmni ^^

    BalasHapus
  15. makasaar ni dr mane? hehe

    BalasHapus
  16. @beLLa

    okey sis..silahkan dicoba makanannya, dijamin mantep..hehe

    BalasHapus
  17. @amir aizat

    makassar itu di sulawesi selatan,, Indonesia

    BalasHapus

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2017/2018