Pesona Wisata Bulukumba

Sebagian besar teman-teman saya yang berasal dari luar Sulawesi Selatan belum mengetahui apa itu bulukumba. Bahkan mereka belum pernah mendengar tentang kata tersebut. Bulukumba merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi selatan, letaknya berada di paling selatan, atau dasar dari provinsi tersebut. Untuk menempuh daerah tersebut bisa menggunakan kendaraan dengan jarak tempuh sekitar 4-5 jam.

Kota Bulukumba berada di pinggir pantai, dengan pemandangan gunung lompo battang menjadi backgroundnya. Banyak hal yang bisa kita bicarakan tentang daerah ini, misal arti bulukumba, sejarahnya, makanan khasnya, pantai, adat, mata pencaharian, dll.

Peta Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan
Peta Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan
Kali ini saya akan membahas tentang pesona wisata bulukumba. Dulu orang menganggap tempat tersebut merupakan tempat terpencil, karena daerahnya jauh dan aksesnya yang susah. Tapi berbeda dengan sekarang, pengembangan kota bulukumba berjalan sangat pesat, pembangunan daerah semakin lancar, bahkan pusat perbelanjaan seperti mall hampir rampung, dan selanjutnya akan dibangun rumah sakit internasional, maupun hotel-hotel berbintang.


Kawasan Wisata Pantai Pasir Putih BIra, Desa Bira, Bulukumba
Kawasan Wisata Pantai Pasir Putih BIra, Desa Bira, Bulukumba
Seiring dengan itu, wisata bulukumba juga semakin banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun asing. Beberapa pilihan wisata yang bisa kita kunjungi adalah pantai bira, Bulukumba memang terkenal dengan pantainya yang indah. Walau masih di lingkup sulawesi selatan, meskipun demikian tak sedikit juga wisatawan asing yang berkunjung ke pantai tersebut. Selain Bira, ada juga pantai samboang, lemo-lemo, pantai mandala ria yang bisa menjadi pilihan wisata anda. Selain itu terdapat juga permandian alam yang wajib anda kunjungi jika anda berada di Kabupaten Bulukumba.

Penduduk Asli Suku Amma Toa Kajang, Bulukumba
Penduduk Asli Suku Amma Toa Kajang, Bulukumba
Selain itu, Bulukumba juga mempunyai objek wisata adat. Tempat tersebut biasa di sebut Kawasan adat Amma toa kajang. Tempat tersebut memiliki ciri khas tersendiri, mereka hidup tanpa tersentuh oleh perkembangan zaman. Mereka sangat memegang teguh adat istiadat mereka. Kawasan adat tersebut cukup terbuka bagi wisatawan yang ingin berkunjung, tetapi harus memiliki izin terlebih dahulu, baik dari pemerintah setempat atau izin langsung dari kepala suku tersebut. Izin langsung dari kepala suku biasa didapatkan apabila anda mempunyai kenalan orang dari dalam suku itu. Kawasan amma toa banyak dikunjungi wisatawan asing, khususnya dari Prancis.

Kapal Pinisi Dalam Proses Pembuatan
Kapal Pinisi Dalam Proses Pembuatan
Bulukumba juga terkenal sebagai pembuat Kapal phinisi, oleh karena itu Kota tersebut diberi julukuan Panrita Lopi (ahli pembuat Kapal). Jika anda ingin melihat proses pembuatan kapal phinisi, anda bisa mengunjungi daerah Tana beru, disana anda bisa melihat deretan kapal yang sedang dibuat. Di sekitar tempat itu disediakan juga miniatur kapal phinisi jika anda tertarik untuk mengoleksinya.

Itulah tiga dari sekian banyak objek wisata yang ada di bulukumba. Banyak tempat yang indah di negeri ini namun belum begitu dikenal oleh masyarakat Indonesia, contohnya bulukumba ini. Jadi patutlah anda berbangga menjadi orang indonesia yang memiliki kekayaan alam, seni, maupun adat dan budaya yang sangat menakjubkan. Jelajahi dulu negerimu sebelum menggapai negeri orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel