TERBARU : PENDAFTARAN SEKOLAH KEDINASAN TAHUN 2018/2019 - BATAS AKHIR PENDAFTARAN :            Penerimaan Calon Tamtama TNI AL Tahun 2018 : 24 November 2017 s.d. 7 Januari 2018
Home » , , , » Pesona Wisata Bulukumba

Pesona Wisata Bulukumba

Sebagian besar teman-teman saya yang berasal dari luar Sulawesi Selatan belum mengetahui apa itu bulukumba. Bahkan mereka belum pernah mendengar tentang kata tersebut. Bulukumba merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi selatan, letaknya berada di paling selatan, atau dasar dari provinsi tersebut. Untuk menempuh daerah tersebut bisa menggunakan kendaraan dengan jarak tempuh sekitar 4-5 jam.

Kota Bulukumba berada di pinggir pantai, dengan pemandangan gunung lompo battang menjadi backgroundnya. Banyak hal yang bisa kita bicarakan tentang daerah ini, misal arti bulukumba, sejarahnya, makanan khasnya, pantai, adat, mata pencaharian, dll.

Peta Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan
Peta Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan
Kali ini saya akan membahas tentang pesona wisata bulukumba. Dulu orang menganggap tempat tersebut merupakan tempat terpencil, karena daerahnya jauh dan aksesnya yang susah. Tapi berbeda dengan sekarang, pengembangan kota bulukumba berjalan sangat pesat, pembangunan daerah semakin lancar, bahkan pusat perbelanjaan seperti mall hampir rampung, dan selanjutnya akan dibangun rumah sakit internasional, maupun hotel-hotel berbintang.


Kawasan Wisata Pantai Pasir Putih BIra, Desa Bira, Bulukumba
Kawasan Wisata Pantai Pasir Putih BIra, Desa Bira, Bulukumba
Seiring dengan itu, wisata bulukumba juga semakin banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun asing. Beberapa pilihan wisata yang bisa kita kunjungi adalah pantai bira, Bulukumba memang terkenal dengan pantainya yang indah. Walau masih di lingkup sulawesi selatan, meskipun demikian tak sedikit juga wisatawan asing yang berkunjung ke pantai tersebut. Selain Bira, ada juga pantai samboang, lemo-lemo, pantai mandala ria yang bisa menjadi pilihan wisata anda. Selain itu terdapat juga permandian alam yang wajib anda kunjungi jika anda berada di Kabupaten Bulukumba.

Penduduk Asli Suku Amma Toa Kajang, Bulukumba
Penduduk Asli Suku Amma Toa Kajang, Bulukumba
Selain itu, Bulukumba juga mempunyai objek wisata adat. Tempat tersebut biasa di sebut Kawasan adat Amma toa kajang. Tempat tersebut memiliki ciri khas tersendiri, mereka hidup tanpa tersentuh oleh perkembangan zaman. Mereka sangat memegang teguh adat istiadat mereka. Kawasan adat tersebut cukup terbuka bagi wisatawan yang ingin berkunjung, tetapi harus memiliki izin terlebih dahulu, baik dari pemerintah setempat atau izin langsung dari kepala suku tersebut. Izin langsung dari kepala suku biasa didapatkan apabila anda mempunyai kenalan orang dari dalam suku itu. Kawasan amma toa banyak dikunjungi wisatawan asing, khususnya dari Prancis.

Kapal Pinisi Dalam Proses Pembuatan
Kapal Pinisi Dalam Proses Pembuatan
Bulukumba juga terkenal sebagai pembuat Kapal phinisi, oleh karena itu Kota tersebut diberi julukuan Panrita Lopi (ahli pembuat Kapal). Jika anda ingin melihat proses pembuatan kapal phinisi, anda bisa mengunjungi daerah Tana beru, disana anda bisa melihat deretan kapal yang sedang dibuat. Di sekitar tempat itu disediakan juga miniatur kapal phinisi jika anda tertarik untuk mengoleksinya.

Itulah tiga dari sekian banyak objek wisata yang ada di bulukumba. Banyak tempat yang indah di negeri ini namun belum begitu dikenal oleh masyarakat Indonesia, contohnya bulukumba ini. Jadi patutlah anda berbangga menjadi orang indonesia yang memiliki kekayaan alam, seni, maupun adat dan budaya yang sangat menakjubkan. Jelajahi dulu negerimu sebelum menggapai negeri orang.

Baca Juga !

Info Terbaru

Ditulis Oleh : Muhammad Arif Ahsan

Info Pesona Wisata Bulukumba ini dibagikan oleh Muhammad Arif Ahsan pada 01 Februari 2012. Arif adalah alumni STAN wisuda tahun 2011, saat ini bekerja sebagai PNS di Kementerian Keuangan, apabila ada kritik atau saran silahkan sampaikan secara langsung melalui BBm (Pin D433858D), LINE (@kedinasan.com), atau EMAIL (muharifahsan@gmail.com).

26 komentar:

  1. artikelnya keren sob... bermanfaat banget buat pengetahuan..thanks

    BalasHapus
  2. keren juga sob Indonesia emank luas, dan saya suka kata "Jelajahi dulu negerimu sebelum anda menggapai negeri orang."

    BalasHapus
  3. Duh, bagus banget di bulukumba, apa lagi pantainya. Pemandangannya juga indah. Duh, jadi mau wisata ke Bulukumba deh. hehehe....

    BalasHapus
  4. keren sob...objek wisatanya banyak juga ya sangat natural...nice post

    BalasHapus
  5. saya belum pernah ke sana sob, pingin ke sana tapi ga ada waktunya..hehe

    BalasHapus
  6. sesuatu yg tidak terpublikasikan...indah dan menawan... semoga keindahan ini semakin tertata apik ya bang...saya suka walau liat fotonya doang tuh... :)

    BalasHapus
  7. tempat yang bagus bang nulukumba...
    jadi pingin kesana :D

    BalasHapus
  8. sungguh ulasan yang komplit mengenai bulukumba sobat ..saya setuju dengan pendapat anda..jelajahi dulu negerimu sebelum menggapai negeri orang :-)

    BalasHapus
  9. @photoshop : thank you sob, semoga bermanfaat, kapan2 berkunjunglah ke bulukumba, hehe

    @Inuzuka_Grend : bener banget tuh sob indonesia emang luas dan kaya akan alam dan budayanya,, memang harus gitu, lihat dulu kedalam negeri, baru menatap negeri luar.

    @Reinaldo Calvin : emang bagus vin, makanya datanglah berkunjung, di jamin gak menyesal deh, mantep banget pantainya,

    @SEO | Computer : thank you sob, support terus yah

    @Sekilas Info : thanks yah sob, wisatanya memang natural, berkunjung ke sana yah,

    @Sweethy : makanya berkunjung dong kesana, dan buktikan sendiri keindahan bulukumba.. heheh *promosi daerah

    @Kang Farhan : bener kang, banyak hal yang masih belum terekspos namun sangat indah, makanya jelajahi dulu indonesia dan tahu segala tentangnya, baru jalan2 ke negeri luar..

    @widhi online : emang bagus bang, maen kesana lah, saksikan sendirinya keindahannya,,

    @BlogS of Hariyanto : makasih yah sob, support terus yah blog saya

    @obat herbal stroke : Thank you sob

    BalasHapus
  10. terima kasih atas komentarnya yah kawan-kawan, terus support blog saya

    BalasHapus
  11. kapan y bisa ke sana :( indah banget... jadi pingin :(

    BalasHapus
  12. @Jejak Puisi : segera direncanakan aja sob, dijamin bisa melepas kejenuhan, dan gak membosankan

    BalasHapus
  13. Masih indah ya alhamdulillah tak tergerus pembangunan dan pengrusakan :)

    BalasHapus
  14. @Alam Yang Tak Lagi Indah : Alhamdulillah masih belum mengalami pengrusakan,, disana masih indah,., terima kasih sudah berkunjung

    BalasHapus
  15. di tempatku juga ada tempat wisata yang gak kalah bagusnya sama bali sob. yaitu pulau karimun jawa, namun investornya masih minim, jika berminat nih postingin tentang karimun jawa nih...

    BalasHapus
  16. @kutulis : wahh ide bagus tuh sob, tapi maaf aq blum pernah ke sana, takutnya aq ngasi saran yang salah dan gak sesuai dengan daerah tersebut,, gmana kalo sob yang beri tau aq detailnya, nanti aq post, hehehe.. thank you sob..

    BalasHapus
  17. Hahah kampung saya ini..

    BalasHapus
  18. @Ucok : kamu bulukumba mana sob?

    BalasHapus
  19. Ternyata masih banyak tempat indah untuk wisata yang belum saya tahu... Thanks Kang... NIce Post... :)

    BalasHapus
  20. Terakhir kesna SMA kels 2 ya sekitar 2004lah... Sdh serinv merencanakan lg tp blm terqujud pdhl tiap tahun sy mudik kesana

    BalasHapus
  21. Terakhir kesna SMA kels 2 ya sekitar 2004lah... Sdh serinv merencanakan lg tp blm terqujud pdhl tiap tahun sy mudik kesana

    BalasHapus
  22. Insya Allah Bulukumba akan menjadi ikon wisata Indonesia Timur.....

    BalasHapus

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2017/2018