Tips & Trik Mengikuti USM STAN

Tips dan trik menjawab soal USM STAN : USM STAN adalah Ujian Saringan Masuk STAN yang merupakan pintu utama untuk duduk di kampus Ali Wardhana. Peserta USM STAN tiap tahun sangat banyak, tahun 2008 waktu saya masuk jumlah pesertanya sekitar 95.000 dengan jumlah mahasiswa baru yang diterima kurang lebih 2.300 orang.


Tahapan USM STAN tiap tahun bisa saja berubah. Pada saat saya mendaftar, tahapan yang harus saya lalui cuma tes tertulis saja. Sedangkan tahun lalu tahapannya jauh berbeda, peserta USM STAN harus melewati beberapa seleksi, diantaranya seleksi administrasi, tes tertulis, tes kesehatan dan kebugaran, serta Psikotes/ wawancara. Hal ini menandakan bahwa seleksi untuk menjadi mahasiswa STAN tiap tahunnya semakin ketat dan tentu saja semakin berat.

Untuk memulai pendaftaran, tentu saja Anda harus punya persiapan yang matang. Karena jika persiapan Anda pas-pasan, kemungkinan hasilnya juga bakal seperti itu. Jadi Anda harus memantapkan diri sebelum mengikuti seleksi. Agar Anda bisa siap mental dan ilmu untuk ikut bersaing merebut satu kursi yang telah disediakan oleh kampus STAN. Pada kesempatan ini saya akan mencoba berbagi Tips & Trik mengikuti seleksi. Tips ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi maupun saran dari teman-teman STAN, baik yang sudah lulus maupun yang saat ini masih duduk dibangku perkuliahan.

Tips & Trik Mengikuti USM STAN

Sebelum anda mendaftar tentunya anda sudah harus mempunyai persiapan yang matang. Persiapan tersebut saya bagi menjadi enam tahap yaitu sebelum pendaftaran dibuka, saat pendaftaran dibuka, saat memulai pendaftaran, seleksi Administrasi, menjelang tes tertulis, menjelang tes kesehatan maupun psikotes/ wawancara.


1.     Persiapan Sebelum Pendaftaran

Sebelum anda mendaftar tentunya anda sudah harus mempunyai persiapan yang matang. Persiapan tersebut bisa kita bagi menjadi dua, yaitu persiapan mental dan ilmu pengetahuan.

Persiapan Fisik dan Mental

Persiapan Mental tentu saja sangat penting. Selain agar Anda tenang dalam menjawab soal, Anda juga akan kuat dan tabah menerima hasil yang akan Anda dapatkan nantinya. Untuk memantapkan persiapan ini, Anda sebaiknya lebih mendekatkan diri pada Tuhan dan meminta dukungan pada keluarga, terutama kepada orang tua. Selain karena doa orang tua mujarab, orang tua juga akan selalu siap membantu jika ada masalah atau kesulitan nantinya.

Anda juga harus menjaga kesehatan dan Kebugaran. Pastikan bahwa Anda siap untuk mengikuti seluruh tahapan tes, terutama pada tes Kesehatan dan Kebugaran, Yang paling utama adalah pastikan bahwa Anda tidak Buta warna.

Persiapan Ilmu Pengetahuan

Persiapan ini adalah yang paling penting. Karena ini merupakan senjata utama yang harus Anda miliki untuk mejawab semua Soal USM. Persiapan yang harus anda miliki adalah :
     o    Anda harus memiliki soal-soal USM STAN minimal 5 tahun terakhir. 
     o    Anda harus sudah mengerti konsep soal dan tekhnik penilaian
     o    Sebaiknya anda mengikuti Bimbingan Belajar, agar Anda mempunyai wadah untuk bertukar pikiran dan berbagi pengalaman secara langsung dengan mahasiwa

2.      Persiapan Saat Pendaftaran telah Dibuka

Persiapan yang ini sangat penting untuk memulai perjuangan Anda. Persiapan ini untuk mengikut seleksi tahap pertama yaitu seleksi Administrasi. Persiapan yang sebaiknya telah anda miliki adalah :
    o   Anda sudah tahu alamat link untuk mendaftar secara online.
  o   Anda sudah mengerti dan paham tentang berkas apa saja yang harus dipenuhi.
   o   Anda Sudah menyiapkan uang untuk biaya pendaftaran biasanya Rp. 150.000

3.      Saat Mendaftar

Saat Mendaftar secara online Anda harus ekstra hati-hati, cek dengan baik nomor ijazah atau nomor lain. Jangan sampai nomor yang Anda masukkan beda dengan nomor berkas yang Anda kirim nantinya. Hali ini juga berlaku dengan yang lain, baik nama, alamat dan semacamnya.

Kendala yang biasa terjadi saat pendaftaran secara online adalah lambatnya koneksi. Jangan sampai saat Anda telah mengonfirmasi pendaftaran, koneksi Anda tiba-tiba mati. Untuk menghindari hal buruk seperti itu, pastikan Anda telah mempunyai koneksi internet yang cepat.

Pendaftaran secara bersamaan juga bisa memperlambat koneksi. Saran untuk mengantisipasi ini adalah sebaiknya Anda mendaftar pada jam-jam yang Anda perkirakan pendaftar yang mengakses sedikit, misalnya dini hari.

Setelah Anda Mendaftar, akan muncul Bukti Pendaftaran Sementara. Bukti tersebut anda print out sebagai pegangan Anda dan nanti akan Anda tukarkan saat pengambilan bukti pendaftaran yang Sah.

4.      Persiapan Seleksi Administrasi

Sebelum Anda memasukkan berkas ke dalam amplob untuk dikirm ke alamat yang telah ditentukan. Anda harus telah memastikan semuanya lengkap dan sesuai dengan persyaratan berkas yang diminta. Jangan sampai ada yang kurang satu pun, atau ada yang salah tulis atau semcamnya. Seleksi berkas ini lumayan ketat, jadi apabila berkas Anda bermasalah, Panitia dengan mudah akan menyingkirkan berkas Anda. Jangan sampai usaha Anda sia-sia karena kurang teliti atau kurang hati-hati.

Setelah Anda mengirimkan berkas, Anda sebaiknya menyimpan bukti pengiriman, jika perlu ada foto copy sebagai arsip Anda. Hal ini sekedar untuk berjaga-jaga, apabila ada masalah nantinya. Dan pastikan Anda belum mentransfer biaya pendaftaran sebelum Anda dinyatakan lulus berkas.

5.      Persiapan Tes Tertulis

Menjelang hari H, pastikan Anda sudah menguasai semua tipe-tipe soal. Anda bisa memprediksikan sendiri tipe soal apa saja yang akan keluar nantinya. Caranya dengan membandingkan soal USM dari tahun ke tahun. Tipe soal yang paling sering anda temukan, kemungkinan besar akan muncul lagi pada seleksi USM tahun ini.

Sebelum Anda memasuki ruangan Ujian, Pastikan perlengkapan yang Anda butuhkan sudah siap, misalnya pensil, penghapus, pengkorok pensil, atau semacamnya. Sebaiknya Anda juga mempersiapkan Tissue, karena biasanya saat kita tegang atau berfikir sesuatu, kita keringat dan tangan basah, jangan sampai keringat itu mengotori lembar jawaban Anda.

Cara menghitung nilai USM STAN, atau cara penilaian USM STAN yaitu, jika jawaban anda benar maka akan mendapat poin 4, tidak menjawab berarti 0, dan apabila salah poin Anda -1. Jika berdasar pada sistem tahun lalu, Tes tertulis dibagi menjadi dua Soal yaitu TPA (Tes Potensi Akademis) dan Bahasa Inggris dengan jumlah soal 180 dengan alokasi waktu 150 menit. Tiap Bagian mempunyai batas Nilai Mati, Jika jawaban benar Anda dibawah 1/3 dari total soal, itu artinya Anda memiliki nilai mati, dan secara otomatis Anda tidak akan lulus.

Jadi pada saat menjawab, kerjakan terlebih dahulu 40 soal (1/3 x 120) untuk tes TPA yang Anda yakin benar. Kemudian Lanjut kerjakan 20 soal (1/3 x 60) untuk tes Bahasa Inggris yang paling benar menurut Anda. Setelah itu kerjakan soal yang belum selesai. Usahakan kerjakan soal sebanyak mungkin yang Anda yakin itu benar. Karena Persaingan untuk masuk ke STAN sangat berat. Sehingga jika hanya menjawab diatas nilai mati saja, itu tidak cukup menjamin kelulusan Anda.

6.      Tes Kesehatan dan Psikotes/ Wawancara

Untuk tes ini yang ada butuhkan adalah ketenangan, Tubuh yang sehat, dan mental yang kuat. Sebelum mengikuti tes kesehatan, jangan lupa sarapan yang cukup, minum susu jika perlu, yang paling penting jangan begadang. Hal serupa juga berlaku untuk psikotes/ Wawancara.

Cukup sekian tips & Trik mengikuti USM STAN, serta Tips & Trik menjawab soal USM STAN. Semoga tips ini bisa bermanfaat dan membantu adik-adik semua. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel