Syarat dan Prosedur Pendaftaran STAN

Syarat dan Prosedur pendaftaran masuk STAN. Syarat dan tata cara pendaftaran USM STAN. Berikut ini adalah syarat pendaftaran yang harus dipenuhi calon peserta USM agar bisa mendaftar, selain itu terdapat juga prosedur atau tata cara pendaftarannya. 

Syarat dan prosedur pendaftaran USM STAN 2013/2014 banyak berbeda. Silahkan baca syarat dan prosedur terbaru disini. Informasi tambahan yang lebih rinci bisa kalian baca disini .  




Syarat Pendaftaran
  1. Berijazah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau yang sederajat untuk semua bidang keahlian/jurusan. 
  2. Nilai rata-rata pada ijazah tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol) dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan. 
  3. Nilai Bahasa Inggris pada ijazah minimal 7,00 (tujuh koma nol nol) [bagi lulusan 2010 atau sebelumnya adalah nilai ujian tertulis (bukan praktik)]. 
  4. Bagi pendaftar yang menggunakan ijazah dari sekolah di luar negeri, ijazah yang bersangkutan harus disahkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Apabila nilai dalam ijazah tidak berupa angka, ijazah tersebut harus dilampiri surat keterangan dari sekolah yang bersangkutan tentang nilai rata-rata dalam angka dengan skala 10. 
  5. Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah tidak kurang dari 17 tahun, dan tidak lebih dari 21 tahun sesuai pada tanggal yang ditetapkan panitia. Syarat ini bisa berubah sesuai ketentuan panitia. 
  6. Berbadan sehat, tidak cacat badan, dan bebas dari narkoba (narkotika dan obat terlarang). 
  7. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan. 
  8. Khusus untuk Program Diploma Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai, ditambahkan persyaratan sebagai berikut:
    Berjenis kelamin laki-laki;

    Tinggi badan minimal 165 cm;

    Tidak buta warna;

    Bagi yang memiliki mata minus, tingkat minus mata yang diperbolehkan maksimal adalah minus 3.
     
  9. Menyetor biaya pendaftaran USM sebesar Rp150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah). Biaya Pendaftaran bisa berubah sesuai ketentuan panitia.
Prosedur Pendaftaran
Prosedur pendaftaran USM STAN bisa saja berubah, termasuk jadwal pendaftarannya. Untuk mendapatkan informasi tanggal pendaftaran tahun depan, silahkan hubungi pihak kampus. Secara lengkap, tahapan penerimaan STAN yaitu :
  1. Tahapan pendaftaran meliputi:
    - pengisian formulir pendaftaran online (e-registrasi);

    - pengiriman berkas pendaftaran;

    - penyetoran biaya pendaftaran setelah calon peserta dinyatakan lolos seleksi administrasi; dan

    - pengambilan Bukti Peserta Ujian (BPU).
     
  2. Calon peserta hanya dapat melakukan pengisian formulir pendaftaran online (e-registrasi) melalui situs http://usm.stan.ac.id pada tanggal yang ditetapkan panitia. 
  3. Berkas yang harus dikirimkan oleh calon peserta:- hasil cetak formulir pendaftaran online yang telah diisi secara lengkap dan ditempel pasfoto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm;
    - satu lembar fotokopi ijazah atau ijazah sementara/SKL/SKHU (bagi lulusan yang pada saat pendaftaran belum memperoleh ijazah) yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/pejabat yang berwenang
    -satu lembar fotokopi rapor tahun terakhir (Kelas XII Semester Ganjil dan Semester Genap) yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/pejabat yang berwenang- Berkas sebagaimana butir 3 di atas dikirimkan dalam amplop tertutup via pos kilat khusus pada tanggal yang ditetapkan panitia (cap pos) kepada Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STAN dengan alamat PO BOX STAN JKS 12000. 
  4. Pengumuman hasil seleksi administrasi dan jadwal pengambilan BPU bagi calon peserta ujian dapat dilihat melalui situs http://usm.stan.ac.id pada tanggal yang ditetapkan panitia. 
  5. Calon peserta yang lolos seleksi administrasi dapat melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah) ke rekening Bendahara Administrasi Keuangan BLU STAN pada Bank Mandiri nomor 128-00-0554888-5, dengan ketentuan sebagai berikut:
    - setoran dapat dilakukan di setiap bank umum;

    - periode penyetoran ditetapkan panitia (sebelum pengambilan BPU);

    - bukti setor harus atas nama calon peserta ujian;

    -panitia tidak menerima bukti setor kolektif;

    - bukti setor harus disahkan/divalidasi petugas bank (tidak melalui ATM, Phone Banking, Internet Banking, dan lain-lain);

    - uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apa pun.
     
  6. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta melakukan pengambilan sendiri BPU (tidak dapat diwakilkan) di lokasi ujian sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebagaimana butir 5 dengan:
    - menunjukkan hasil cetak formulir pendaftaran online;

    - menyerahkan bukti setor bank yang asli;

    - menyerahkan pasfoto yang sama dengan yang ditempel pada formulir pendaftaran ukuran 3 x 4 cm sebanyak 3 lembar; dan

    - menunjukkan bukti diri asli yang berfoto (ijazah/KTP/SIM/Paspor/Kartu Pelajar).
     
  7. Pendaftar yang tidak memenuhi ketentuan butir 1 s.d. 7 di atas tidak akan dilayani dan dianggap gugur. 
  8. Tempat pengambilan BPU sesuai dengan pilihan lokasi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI). 
  9. Panduan pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada situs http://www.depkeu.go.id, http://bppk.depkeu.go.id, dan http://www.stan.ac.id.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel