Home » , » STAN Sudah Tidak Ikatan Dinas?

STAN Sudah Tidak Ikatan Dinas?

STAN masih ikatan dinas. Tanda-tanda sekolah kedinasan yang sudah tidak ikatan dinas. Sekolah kedinasan memang selalu menjadi primadona bagi lulusan SMA atau yang sederajat. Kenapa tidak, sebagian besar sekolah kedinasan mengikat alumninya dalam perjanjian ikatan dinas. Selain itu, semua biaya pendidikan ditanggung pemerintah. Jadi, siswa yang berhasil masuk Sekolah kedinasan tidak perlu pusing memikirkan mahalnya biaya pendidikan, dan tentunya setelah menyelesaikan pendidikan mereka akan langsung diangkat sebagai pegawai di lembaga atau instansi pemerintah yang menaungi. Seiring berjalannya waktu, ada beberapa sekolah kedinasan yang statusnya berubah dari Ikatan dinas menjadi Non ikatan dinas, misalnya Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial.

STAN sudah tidak ikatan dinas? kata siapa, ini jawabannya
STAN, yang merupakan sekolah kedinasan dibawah naungan Kementerian Keuangan masih menjadi pilihan terdepan bagi lulusan SMA untuk melanjutkan pendidikan. Alasannya tentu saja karena STAN merupakan Sekolah Kedinasan yang Ikatan Dinas. Biaya pendidikan di STAN juga gratis, sehingga mahasiswanya tidak perlu memikirkan biaya. Tugas mereka hanyalah belajar dan menyelesaikan pendidikan dengan baik, dan tentunya siap untuk menjadi Pegawai Negeri.

Belakangan ini, banyak rumor miring beredar dikalangan siswa SMA yang membuat mereka ragu akan eksistensi Sekolah Kedinasan yang bermarkas di Bintaro tersebut. Rumor tersebut mengatakan bahwa STAN sudah tidak ikatan dinas, lulusannya tidak akan diangkat menjadi pegawai negeri lagi, dan masih banyak rumor lain yang meragukan status STAN saat ini.

Saya adalah Alumni sekolah tinggi tersebut, dan merupakan salah seorang yang masih yakin dengan eksistensi sekolah yang mencetak kader-kader keuangan terbaik di Negeri ini. Saya akan mencoba berbagi pendapat, atau sekedar memberikan alasan kenapa saya begitu yakin bahwa STAN tetap ikatan dinas. Dan kelima alasan dibawah ini juga bisa dijadikan sebagai tanda-tanda atau ciri-ciri sekolah kedinasan sudah tidak ikatan dinas.
  1. Larangan menikah selama pendidikan masih berlaku
    Salah satu persyaratan untuk masuk ke STAN adalah bersedia tidak menikah selama pendidikan.

    Semua sekolah kedinasan yang ikatan dinas memang melarang mahasiswanya untuk menikah selama mengikuti pendidikan (untuk mahasiswa reguler bukan mahasiswa tugas belajar/melanjutkan pendidikan).

    Sedangkan sekolah kedinasan yang tidak ikatan dinas tidak melarang mahasiswanya untuk menikah.

  2. Seleksi Masuk (Ujian Saringan Masuk) masih sangat ketat
    Seleksi untuk masuk ke STAN masih sangat ketat, yaitu hanya melalui USM STAN, yang tahapannya sangat banyak dan berat. Tidak ada jalur lain misal seleksi rapor atau jalur khusus yang bayar.

    beberapa sekolah kedinasan yang tidak ikatan dinas sudah mulai membuka jalur lain contohnya kedua jalur yang saya sebutkan tadi.
  3. Mahasiswa masih dituntut untuk disiplin dalam semua hal
    Aturan di STAN sangat ketat, semuanya diatur baik itu cara berpakaian, berpenampilan, sikap dan perilaku, dan hal-hal lainnya, terutama kedisiplinan.

    Beberapa sekolah kedinasan lain sudah tidak menuntut hal tersebut, terutama soal pakaian.
  4. Sistem Pendidikan masih sistem DO
    STAN masih menerapkan sistem DO bagi mahasiswa yang tidak mampu melewati standar yang telah ditentukan.

    Sekolah kedinasan yang sudah tidak ikatan dinas, tidak menerapkan sistem seperti itu.
  5. Biaya pendidikan masih gratis
    Alasan yang paling utama adalah biaya pendidikan di STAN masih ditanggung pemerintah alias gratis bagi mahasiswa. Selama biaya masih gratis, sekolah kedinasan tersebut pasti ikatan dinas.

    logikanya adalah pemerintah tidak akan mungkin mau mengeluarkan uang untuk membiayai pendidikan mahasiswa tanpa memanfaatkan atau mempekerjakan mereka.
    jika kelima hal tersebut masih melekat pada STAN, percayalah STAN tetap Ikatan Dinas.

Itulah beberapa alasan kenapa saya begitu yakin dengan eksistensi almamater saya. Semoga dengan ini, keraguan adik-adik SMA hilang, dan keinginan kuatnya untuk menjadi mahasiswa STAN tetap kuat.

Baca Juga !

Info Terbaru

Ditulis Oleh : Muhammad Arif Ahsan

Info STAN Sudah Tidak Ikatan Dinas? ini dibagikan oleh Muhammad Arif Ahsan pada 07 Mei 2013. Arif adalah alumni STAN wisuda tahun 2011, saat ini bekerja sebagai PNS di Kementerian Keuangan, apabila ada kritik atau saran silahkan sampaikan secara langsung melalui BBm (Pin D433858D), LINE (@kedinasan.com), atau EMAIL (muharifahsan@gmail.com).

29 komentar:

  1. Ipdn kapan buka pendaftaran kak ?

    BalasHapus
  2. ini beneran?
    baru tau...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iki pinet andika to?

      Hapus
  3. putri gimor01 Juni, 2013

    jadi,,kpn nih pendaftaran USM STAN 2013??

    BalasHapus
  4. @Inggrid Loisa:
    IPDN semakin gak jelas,,
    mendapatkan info pendaftarannya susah sekali,,
    ditunggu yah,, terima kasih

    @putri gimor:
    mnurut rumor yang beredar,,,
    tanggal 10 juni akan ada pengumuman,,
    kita tunggu aja, semoga kabar tersebut benar,,
    amin

    BalasHapus
  5. Lalu bagaimana dg tes tkd melalui mekanisme cat yang harus dijalani lulusan stan angkatan 2009 unt menjadi cpns? Bagaimana nanti bila ada yg tdk.lulus tes tkd tsb?

    BalasHapus
  6. @Yessi Puspita Wardhani :
    saya tidak bisa berkomentar banyak mengenai hal tersebut,,
    karena itu pertama kali akan dilakukan oleh alumni STAN,, alumni2 sebelumnya tidak pernah mengikuti tes seperti itu,,,

    angkatan saya,, yaitu angkatan 2008 dan lulus tahun 2011 juga pernah ada tes,, tapi hanya psikotes aja,,, dan konon katanya hasilnya itu berpengaruh pada penempatan instansi...

    nah,, kembali ke pertanyaanmu..
    bagaimana jika ada angkatn 2009/lulusan 2012 yang gak lulus TKD?
    jujur, saya gak tahu jawabannya,,,

    tapi satu hal yang saya pegang teguh dan saya percaya adalah Negara gak mungkin mau rugi membiayai pendidikan mahasiswa STAN,, membayar pengajar,, membangun dan menyediakan fasilitas yang lengkap tanpa memanfaatkan lulusannya,, atau tidak mengangkat mereka jadi pegawai.

    saya percaya, bahwa semua mahasiswa STAN yang dibiayai pasti akan diangkat jadi pegawai negeri..

    jika memang ada Tes lagi,,, menurut saya, hasil tes tersebut akan berpengaruh pada penempatan instansi mereka,, atau mungkin berpengaruh pada proses pengangkatan mereka,,, bisa jadi berpengaruh pada cepat atau tidaknya mereka diangkat.

    mungkin itu yang bisa saya share,, lebih kurangnya mohon maaf,,
    semua itu menurut pendapat saya pribadi yang berbicara berdasarkan pengamatan dan pengalaman belaka,
    terima kasih

    BalasHapus
  7. Dnger2 klo g lulus tkd ada 2 opsi : 1. Ganti rugi sbesar 30jt bru dpet ijazah 2. Tdk gnti rugi tp nnti g dpet ijazah. Itu bner g?

    BalasHapus
  8. @Rahmat Aji Prasetyo :
    coba baca di link ini

    www.hiburdunia.com/2013/08/lulusan-sekolah-kedinasan-wajib-tes-cpns.html

    BalasHapus
  9. kalo USM STAN 2014 kapan kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy jg kurang tau dekk... pendaftaran stan paling susah untuk diprediksi... jd kmu tunggu aja yah.. belajar aja baik2... dan persiapkan diri untuk itu.

      Hapus
  10. aku mau tanya2 banyak ttg STAN gapapa ya kak? Seberapa besar pengaruh tes TKD terhadap penempatan instansi? Kalo udh ditetapkan disitu boleh mengajukan usul pindah nggak? Terus yg terakhir :D ada gak kegiatan dimana mahasiswa atau alumni STAN ngasih sosialisasi ke Sekolah2 atau khususnya ke sekolah almamaternya? Hehe maaf kalo geje kalimatnya.. Makasih kak sebelumnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gak apa2, silahkan, dengan senang hati sy akan brusaha menjawab..

      sy tidak tahu pengaruh TKD terhadap penempatan instansi... soalnya kriteria penempatan instansi itu masih jadi rahasia kementerian keuangan.... mahasiswa hanya menunggu nasib aja..hehehhe

      sejauh ini sy belum pernah dengar ada yg berani mengajukan pindah... soalnya emang gak ada pilihan itu, pilihan yang ada hanya resign atau keluar dri instansi tersebut..

      klo sosialisasi itu banyak dek... banyak koq mahasiswa dan alumni yg buat acara seperti itu... biasanya dirangkaikan dengan try out USM STAN..

      Mereka buat acara sendiri, kampus tidak memfasilitasi hal semacam itu..

      maaf yah klo jawabnya belum memuaskan.. klo masih belum jelas, silahkan tanya lagi

      Hapus
  11. Kalo TO STAN tahun ini sendiri kapan diadakan kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dri pihak kampus, mereka tidak pernah mengadakan TO..

      Biasanya yg mengadakan itu dari pihak luar, misalnya tempat bimbel, atau mahasiswa dan alumni stan yg membuat sosialisasi dan TO sendiri..

      klo mau dapet info TO, coba jalan2 ke kampus dan nanya2 mahasiswa sana..

      emangnya lokasi tempt tingglmu dimana?

      Hapus
  12. oo tak kira emang ada program khusus dr sana ngadakan TO akbar. Wew, jauh e' kak -,- Kediri, Jatim. Iya di LBB ku juga ngadain TO semacam itu. Makasih kak infonya.. :)

    BalasHapus
  13. @rina : sampe skrang belum pernah ada yg seperti itu... oh itu ada.. kmu ikutan LBB itu aja... iya sama2.. semoga infonya bermanfaat

    BalasHapus
  14. kak saya baca situs web yang bilang stan itu nggak 100% ikatan dinas, MUNGKIN sekolah kedinasan menjadi "ikatan dinas" memang benar untuk orang yang lulus dengan nilai cum laude(ipk>3.6)
    sementara orang yang asal lulus atau tidak cum laude harus tes cpns dengan waktu tunggu sampai 4 bulan itupun belum bekerja masih magang
    jadi saya pribadi yang awalnya ingin masuk STAN 2014/2015 agak ragu mengingat lulusan cum laude saja yang setelah lulus langsung PNS tanpa tes...

    BalasHapus
  15. Boleh saya minta alamat link web tersebut.. banyak hal yg keliru dengan pernyataan diatas..

    STAN tidak bisa dikatakan "nggak 100% ikatan dinas"
    Pernyataan yg paling tepat dan benar adalah STAN IKATAN DINAS dengan syarat lulusan mereka harus lulus tes kompetensi dasar..

    Lulusan STAN sangat cerdas dan berkualitas.. tidak ada yg bisa pungkiri hal tersebut.. krna mereka telah disaring dari ratusan ribu orang.... jadi untuk lulus tes kompetensi, sy rasa bukan masalah untuk mereka....

    Hal yg perlu digaris bawahi adalah tidak hanya yg lulus dengan cum laude(ipk>3.6) yg ikatan dinas tanpa tes...

    TAPI SEMUA LULUSAN STAN HARUS MENGIKUTI TES KOMPETENSI DASAR SEBAGAI SYARAT PENGANGKATAN PEGAWAI NEGERI SIPIL.

    Persyaratan tersebut diwajibkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), dengan alasan kesetaraan atau keseragaman.. BKN menginginkan semua calon pegawai yg direkrut oleh kementrian maupun lembaga, harus melewati tahapan2 yg telah diatur dalam undang2...

    Selain sebagai syarat pengangkatan, Tes kompetensi tersebut juga dijadikan sebagai filter terakhir untuk mencari lulusan terbaik dan benar2 berkualitas untuk bekerja di kemnterian keuangan... hal itu juga yg akan membuktikan kepada semua orang bahwa lulusan STAN memang yg terbaik, dan seleksinya masih sangat ketat dan murni, dan dari tahun ke tahun akan terus diperketat agar tidak ada kecurangan sedikit pun dalam rekruitmen pegawai di kementerian keuangan..


    Itu yang bisa saya paparkan, mohon maaf jika terlalu melebar..
    Semoga dapat kamu mngerti, dan semoga keraguanmu itu juga hilang.. amin

    BalasHapus
  16. apakah keyakinan tersebut mampu menjadi jaminana untuk kami para pendaftar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @anonim :
      saya bukan panitia atau pihak kamu yg berhak memberikan jaminan itu..

      tpi jika melihat kondisi sekarang..
      status STAN masih ikatan dinas..
      dan yg sy yakini bahwa selama kuliah di STAN masih gratis, percayalah statusnya tetap ikatan dinas..

      Hapus
  17. kak, bedanya d1 sama d3 apa, selain diliat dari masa pendidikannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @rina ku: pangkat dan golongan juga beda.. Klo D1 cuma 2A, sedangkan D3 golongan 2C..

      dan golongan ini mempengaruhi gaji dan tunjangan

      Hapus
  18. tanya lagi, usm stan tahap 2 kan ada tes fisik (tes lari), lha denger2 anak2 cewek banyak yg gak lolos di tahap itu. itu betul nggak kak? ada tips dan trik utk tahap ke 2? trs mekanisme tes fisiknya itu kayak gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @rina ku:
      bukan hanya cewek.. laki2 juga banyak yang gagal pada tahap itu..
      sy pernah buat tipsnyam. Searching aja di blog..

      Hapus
  19. ohh.. stau saya stan masih "ikatan dinas" karena stan membuka pendaftaran jika ada pesanan dari instansi tertentu

    BalasHapus
  20. Iya memang harus ikut cpns, tapi yang gak lolos cuma dikit. Tetap positif aja!

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Kak kan sebentar lg tes kesehatan kebugaran, aku mau tanya tes tahap 2 ini sulit gak sih kak? Trs gambarannya spt apa? Terimakasih:)

    BalasHapus

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2017/2018