Home » , , , , » Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Ujian Tertulis

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Ujian Tertulis

Hal penting yang Harus Diperhatikan Sebelum mengikuti Ujian Tertulis, Tes Potensi Akademik, Tes Bahasa Inggris, atau Tes tertulis lainnya. Ujian tertulis masuk STAN atau biasa disebut Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI) adalah tes yang paling menentukan kelulusan peserta USM STAN,
meskipun yang lain juga bisa mengugurkan peserta. Jika sudah lulus tes tersebut, peluang untuk menjadi mahasiswa STAN sangat besar. Jadi Anda benar-benar harus siap untuk tes tersebut. Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum dan menjelang tes tersebut adalah 

  • menjelang hari H, peserta sudah harus mengerti semua tipe soal dan benar-benar siap untuk ujian.
  • Pakaian
    Panitia tidak menentukan secara spesifik mengenai pakaian yang harus dikenakan peserta. Peserta boleh memakai pakaian bebas tetapi harus sopan dan rapih serta memakai sepatu.
    Untuk pria, Sebaiknya mengenakan kemeja.
  • Datang Sebelum Ujian Dimulai
    Ujian dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia. Biasanya dimulai jam 08.00 WIB atau 09.00 WITA atau 10.00 WIT. Sebaiknya peserta datang satu jam sebelum ujian dimulai. Tujuannya agar peserta bisa mempelajari aturan ujian, melengkapi syarat dan alat yang masih kurang, dan tentunya peserta mempunyai waktu untuk mereview soal-soal yang telah dipelajari.
  • Jangan Lupa membawa Bukti Peserta Ujian yang Asli (BPU). 
  • Bawa Foto seperti yang tertempel pada BPU. Hal ini hanya untuk mengantisipasi, kali aja panitia meminta tambahan foto.
  • Siapkan Pulpen tinta warna hitam, jangan yang tinta cair. Pulpen tersebut untuk tanda tangan daftar hadir 
  • Siapkan Pensil 2B sebanyak 2 buah dan sudah raut. Kalo bisa bawa lebih. Satu detik sangat penting dalam USM STAN, jadi jangan buang waktu sekian detik hanya untuk meraut pensil yang sudah tumpul 
  • Penghapus pensil  juga harus Anda siapkan
  • Penggaris untuk melingkari lembar jawaban. penggaris tersebut bertujuan agar lingkaran Anda lebih rapih.
  • Papan pengalas lembar ujian. Ini sangat penting dan harus anda bawa. Karena biasanya meja ujian tidak rata, atau mungkin banyak lubang-lubang kecil. Bisa juga panitia tidak menyiapkan meja, seperti yang ujian di GBK.
  • Sebaiknya siapkan Tissue untuk melap keringat. Jangan sampai keringat Anda mengotori lembar ujian 
  • Bawa minuman jika diperbolehkan. Hal tersebut untuk mengantisipasi dehidrasi, karena jika kita dehidrasi, biasanya sulit untuk berkonsentrasi.
  • Sebelum ujian pastikan Handphone Anda sudah non Aktif. Simpan baik-baik dalam tas.
  • Berdoalah sebelum ujian, agar Anda diberi ketenangan dalam menjawab ujian.
  • Jangan sampai hilang konsentrasi.
  • salah satu yang juga penting adalah kesehatan Anda. Jadi jaga baik-baik kesehatan anda sebelum Ujian
  • Selamat Ujian Kawan, Semoga sukses. Amin

    Baca Info Lainnya !

    Ditulis Oleh : Muhammad Arif Ahsan

    Info Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Ujian Tertulis ini dibagikan oleh Muhammad Arif Ahsan pada 29 Agustus 2015. Arif adalah alumni STAN wisuda tahun 2011, saat ini bekerja sebagai PNS di Kementerian Keuangan, apabila ada kritik atau saran silahkan sampaikan secara langsung melalui BBm (Pin D433858D), LINE (@kedinasan.com), atau EMAIL (muharifahsan@gmail.com).

    12 komentar:

    1. Yang menentukan kita masuk spesialisasi mana itu tergantung nilai ujian tulis atau ujian wawancara??

      BalasHapus
    2. @anonim:
      mohon maaf,, saya tidak tahu apapun tentang cara penentuan spesialisasinya,, itu semua rahasia panitia,,
      sekali lagi mohon maaf,,

      tapi kayaknya pilihan yang kalian ajukan saat registrasi online itu berpengaruh,,, dan tentunya ujian tertulis, serta ujian lainnya juga punya poin tertentu,,
      semua itu jadi pertimbangan panitia untuk menentukan spesialisasi calon mahasiswanya,,

      BalasHapus
    3. Jeffri Arya18 Juli, 2013

      Owwhh, kirain dilihat dari rangking ujian tertulisnya doang. Tengkyu infonya Min, doakan saya masuk STAN yaa...Amin, hehe :P

      BalasHapus
    4. @Jeffri Arya:
      aminnnn,,
      yang penting banyak latihan soal,,
      siapin diri baik2,, kesehatan yang terutama,,
      dan yang terpenting adalah banyak berdoa,,

      okey sama2,, semoga sukses,,
      goodluck

      BalasHapus
    5. Min ada kunci jawaban STAN 2013 gak?? Mau coba2 Koreksi sendiri nih

      BalasHapus
    6. Gak mungkin ada bro... emang kmu punya soalnya?

      BalasHapus
    7. Ada kan kmaren ikut USM.. Jadi mau koreksi2 sendiri

      BalasHapus
    8. kalo kmu ada,,,, tlong di scan dong,,
      trus emailin ke saya,,

      biar kita bisa jawab sama2,,,
      dan bisa kita share ke teman2 yang lain,,

      dan tentunya nanti akan bermanfaat buat adek2 yang daftar tahun depan,,,

      BalasHapus
    9. Kak testnya sudah selesai, tinggal deg-deg sama resah nunggu tanggal 2 Agustus. Terimakasih kaka buat tipsnya,semoga bermanfaat buat yang lainnya. Semoga kaka sukses sama bidangnya :)

      BalasHapus
    10. @Aulia Dati:
      sippp,, semoga diterima, amin,,
      banyak2 berdoa yah,,
      terima kasih

      BalasHapus
    11. Kak bole minta contact person nya gak? Atau pin bb juga boleh. Mau tau lebih lanjut untuk sekolah kedinasan nya

      BalasHapus

    Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2017/2018