TERBARU : PENDAFTARAN SEKOLAH KEDINASAN TAHUN 2018/2019 - BATAS AKHIR PENDAFTARAN :            Penerimaan Calon Tamtama TNI AL Tahun 2018 : 24 November 2017 s.d. 7 Januari 2018
Home » » Sekolah Tinggi Ilmu Kereta Api (STIKA) Madiun

Sekolah Tinggi Ilmu Kereta Api (STIKA) Madiun

SEKOLAH TINGGI ILMU KERETA API (STIKA) 2014/2015. Pada kesempatan ini saya akan memperkenalkan salah satu sekolah tinggi baru yang di Indonesia. STIKA begitu sekolah tersebut dikenal berlokasi di Nambangan Raya, Madiun. Sekolah tersebut berada dibawah naungan Kementerian Perhubungan.

Info Pendaftaran STIKA Madiun Tahun Akademik 2014/2015 Baca disini



Menurut Informasi yang dirilis oleh pendidikan-iptek.pelitaonline.com, STIKA telah membuka pendaftaran per september 2013. Berikut saya tampilkan kutipan asli dari pelitaonline.com.
  • Jakarta, POL
    MULAI September 2013, Sekolah Tinggi Ilmu Kereta Api (STIKA) Madiun, Jawa Timur mulai menerima siswa untuk pendidikan D3 dan D4 di beberapa jurusan.Menurut Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tundjung Inderawan khusus untuk jurusan Masinis nantinya akan diberlakukan standar yang terbaik."Great nya mirip pilot dan nahkoda yang berstandar," ujar Tundjung di Jakarta, Jumat (24/5/2013).Nantinya, ditambahkan Tundjung semua kelas yang selama ini disatukan di Sekolah Transportasi Darat di Bekasi, akan dipindahkan dan disatukan di Madiun."Untuk awal, STIKA akan menerima 200 siswa dan sebagian akan menerima beasiswa belajar di sana," pungkas Tundjung. 
Saya terlambat mendapatkan informasi tentang STIKA sehingga baru memperkanalkanya ke teman-teman semua. Tetapi Setelah mencari informasi terkait penerimaan STIKA, saya tidak bisa mendapatkan info resmi apapun yang saya temukan justru pengumuman akhir, silahkan baca di fanspage facebook berjudul STIKA (cek disini). Semoga untuk penerimaan tahun 2014, saya sudah bisa berbagi informasi ke teman-teman semua. Amin

Sekolah ini bisa dijadikan pilihan yang bagus untuk melanjutkan pendidikan. Selain karena masih baru, (lulusannya mungkin belum ada), Orang yang menguasai bidang perkeretaapian masih belum banyak dan perkembangan teknologi dibidang kereta api kian maju. Oleh karena itu saya memprediksi peluang kerja lulusan STIKA sangat besar. Dan bisa jadi lulusannya akan dikontrak dalam Perjanjian Ikatan Dinas mengingat keahlian dibidang ini sangat dibutuhkan.  

Soal biaya pendidikan, menurut saya tidak ditanggung pemerintah alias bayar. Pernyataan tersebut saya buat berdasarkan kutipan diatas yang menyatakan bahwa "STIKA akan menerima 200 siswa dan sebagian akan menerima beasiswa belajar di sana". Jadi hanya sebagian yang akan menerima beasiswa, selebihnya menanggung biaya sendiri.

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari Wikipedia, berikut ini adalah beberapa jurusan yang mungkin akan dibuka oleh STIKa
  1. Ilmu Masinis Kereta (D3)
  2. Ilmu Masinis Kereta Rel Diesel (D3)
  3. Ilmu Teknik Mesin (D3)
  4. Ilmu Teknik Mesin Kereta Rel Diesel (D3)
  5. Ilmu Pengontrol Kereta Rel Listrik (D3)
  6. Ilmu Pengontrol Menara Sinyal (D3)
  7. Ilmu Pengukuran Rel (D3)
  8. Ilmu Penciptaan Mode Transportasi Kereta Modern (D3)
  9. Ilmu Pengoperasian Kereta (D3)
  10. Ilmu Pemimpin Perjalanan Kereta Api (D3)
Semoga informasi ini bermanfaat, amin. Jika teman-teman mempunyai informasi yang lebih akurat tentang STIKA, saya dengan sangat meminta kalian untuk berbagi ke teman-teman yang lain. Terima kasih

Sumber
Referensi : http://pendidikan-iptek.pelitaonline.com/news/2013/05/24/september-stika-terima-siswa-perdana
Gambar : http://madiun.info/images/stories/stika/kampus_stika_front.jpg

Baca Juga !

Info Terbaru

Ditulis Oleh : Muhammad Arif Ahsan

Info Sekolah Tinggi Ilmu Kereta Api (STIKA) Madiun ini dibagikan oleh Muhammad Arif Ahsan pada 15 Desember 2013. Arif adalah alumni STAN wisuda tahun 2011, saat ini bekerja sebagai PNS di Kementerian Keuangan, apabila ada kritik atau saran silahkan sampaikan secara langsung melalui BBm (Pin D433858D), LINE (@kedinasan.com), atau EMAIL (muharifahsan@gmail.com).

69 komentar:

  1. terima kasih ka atas infonya. Mohon info updatenya mengenai pendaftaran/ USM siswa baru/catar tahun 2014 dari berbagai PTK ka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama2... mudah2n sy bisa tepat waktu untuk berbagi informasi.. trima kasih juga yah

      Hapus
  2. Cewek bisa nggak? Trs dr jurusan IPS lg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. STIKA madiun
      @anonim: saya belum tahu.. sy belum mendpat syarat pendftarannya.. skolah ini kan baru.. jdi sy masih mencari2 info terkait STIKA madiun..i

      Hapus
  3. elista filosofia21 Desember, 2013

    Pendaftaran resmi STIKA thn 2014-2015 nya kapan ya? dan syarat-syaratnya apa ya?makasih :)

    BalasHapus
  4. ini beneran udah september ya min pendaftarannya? saya sudah menanti info pendaftaran dari bulan lalu lo..

    BalasHapus
  5. Pendaftaran resmi STIKA thn 2014-2015 nya kapan ya? dan syarat-syaratnya apa ya?makasih :)

    BalasHapus
  6. komentar pada STIKA Madiun

    @elista filosofia dan Christian Manalu
    saya belum tahu,, saya belum mendapatkan info apapun tentang syarat dan prosedur pendaftaran STIKA Madiun,,
    skolah ini masih baru, jadi masih minim infrmasi..
    terima kasih..
    jika teman2 ada yang tahu tentang skolah ini, harap berbagi,

    BalasHapus
  7. Komentar pada STIKA Madiun :

    @farantama:
    saya juga belum tahu, sy belum dapat info apapun tentang Stika Madiun,, skolah ini masih baru, jadi masih minim informasi,, jadi harap maklum

    BalasHapus
  8. Syarat pendaftran nya gmna ? Mohon informasinya mengenai pedaftaran dan jalur masuknya ada undangan atau tidak terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @fajri muharam: sy jg msih cari2.. agak susah memang.. soalnya kan masih baru,mereka jg blum punya web sendiri

      Hapus
  9. coba adminya cari tau langsung ke sana ke madiun untuk cari info
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. @berbagi: andai itu bisa.. hhehe
      Sy sangat berharap ada orang skitar kmpus yg mau mencari info dan berbagi untuk kita semua..

      Hapus
  10. Klau cew bsa msuk Ъќ...tpi jrusan akuntansi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Info resmi terkait syarat pendaftarannya belum sy dapetin..

      Tunggu aja yah

      Hapus
  11. mau bertanya kira;kira pendaftarannya bulan apa ?
    buat persiapan
    terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ridwan zaman:
      sy bemum tahu.. dan belum bosa prediksi.. soalnya sy tidak pantau penerimaan tahun lalu

      Hapus
    2. Ridwan zaman:
      sy belum tahu.. dan belum bisa prediksi.. soalnya sy tidak pantau penerimaan tahun lalu

      Hapus
  12. mohon info website resmi STIKA. terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizqi DC:
      sy juga belum tahu web resminya..
      sepertinya mereka belum punya

      Hapus
  13. apa bner inni websitenya STIKA kak http://www.diklat.dephub.com ?? tapi dibuka kok kyak gtu ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dwi endah:
      Setahu sy, mereka belum punya web resmi sendiri

      Hapus
    2. Berarti kalo kita ngambil jur ilmu masinis kereta api,dan setelah tamat dari STIKA apa bisa langsung bekerja dan mengikuti Pendidikan Di Perkereta Apian Indonesia ?

      Hapus
  14. Balasan
    1. Surya netcenter:
      belum ada info..
      ditunggu aja yah..

      atau pantau fanspage STIKA di FB.

      Hapus
  15. Tes Fisik dibutuhkan apa g?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim:
      sy belum menemukan syrat, prosedur, atau jenis tesnya

      Hapus
  16. Kalo dah tau syarat dan kpn pndftaran bagi tau iaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim:
      iya.. kalo sy udah dpet info.. secepatnya pasti share ke teman2..
      tunggu aja yah

      Hapus
  17. ChOirun nIsa'05 Februari, 2014

    kpan pendaftaran di STIKA,,,dan saja apa persyaratannya???????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Choirun nisa:
      Sy belum dapet infonya.. ditunggu aja yah

      Hapus
  18. min mau nanya persyaratan untuk daftar STIKA aapa aja ? dan kapan berkas bisa di kirim ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim:
      sy belum dapet info apapun.. jdi ditunggu aja yah

      Hapus
  19. min, klo ada info lbih lanjut tlong di share ya ?

    BalasHapus
  20. mana infonya min?????????

    BalasHapus
  21. kak
    ayo donk kasi tau infonya ?

    BalasHapus
  22. untuk tahun angkatan 14/15 apa sudah buka??

    BalasHapus
  23. STIKA ini apa udah ter akreditasiA seperi sekola" yg lain

    BalasHapus
  24. aku kemaren dah survey ke stika , itu gede banget sekolahnya samoe 25 hektar,, ktanya pndftrannya skitar bulan september, dan program studinya 4 yg akan dibuka

    BalasHapus
  25. Oººωн.. jadi sudah fix september? mhon infonya ya kalau ada perkembangan

    BalasHapus
  26. Aku dapet infoo katanyaa pendaftrann nya udah di bukaa teruss hbis pemilu udah mulai tess .. Iiku bener apa tidakk ? Tolong infonyaa

    BalasHapus
  27. kalo udah ada infonya yang resmi, langsung share aja kak. soalnya banyak yang minat

    BalasHapus
  28. laki" tinggi badan minimal berapa?

    BalasHapus
  29. tolong dong kabari terus perkembanganny. share dimana2 biar pada tau. kpan kepastianny,cara pendaftaranny.

    BalasHapus
  30. Saya udah nyurvei kesana, katanya STIKA itu nama aslinya Akademi Kereta Api Madiun, trus blum ada mahasiswanya, karena masih dlm proses, blum termasuk sekolah kedinasan jga. Terima kasih

    BalasHapus
  31. Mungkin kalo di daerah daop 1 bisa ngelamar di bekasi gan ! Itu sih kalau gak salah

    BalasHapus
  32. DARI IPS BISA GA , TOLONG JAWAB DONG

    BalasHapus
  33. Kapan dibuka pendaftarannya pak?

    BalasHapus
  34. 4 jurusan yang dibuka pertama itu apa saja? yang tau tolong share..

    BalasHapus
  35. emang klo mau ikut STIKA harus lulusan apa sih..?? (SMP / SMA) ..??

    BalasHapus
  36. kalo jurusan ips bisa ngga ?? saya berminat banget

    BalasHapus
  37. untuk jurusan ips kayaknya gak bisa,untuk pendaftaran tahun ini sudah di buka bulan agustus,informasi yang saya terima dari kampus saya sttd(bekasi) penerimaan calon taruna untuk tahun pertama 120 orang dan sekarang sudah di terima 40 orang.silahkan datang ke stika madiun untuk info lebih lanjut,,pendaftaran tutup tanggal 29 agustus kayaknya.

    BalasHapus
  38. STIKA itu tempatnya sama stasiun madiun kota jauh nggak..?

    BalasHapus
  39. Kalau smknya jurusan kontruksi bisa masuk sini gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba baca ini
      http://www.hiburdunia.com/2014/09/sipencantar-stika-madiun-tahun-20142015.html

      sepertinya jurusan kontruksi belum boleh

      Hapus
  40. pendaftarannya untuk tahun 2015 buka nya kapan?

    BalasHapus
  41. Saya lulusan SMA IPA,apa harus pendidikan lagi seperti di STIKA untuk menjadi seorang masinis
    apa hanya dngan berbekal ijazah SMA tidak bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy tidak begitu paham soal penerimaan masinis

      Hapus
  42. kalau saya jrusan Bahasa, bisa ndk ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bisa.. harus lulusan IPA

      baca disini dulu yah

      http://www.hiburdunia.com/2015/03/sipencantar-api-madiun-tahun-20152016.html

      Hapus
  43. Di kereta api jurusan "khusus" anak IPS Sma kira 2 ada gak kasih tahuin dong anmin

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai saat ini belum ada..

      info lebih lanjut baca disini dulu yah

      http://www.hiburdunia.com/2015/03/sipencantar-api-madiun-tahun-20152016.html

      Hapus
  44. Pendaftaran tahun 2015 STIKA apakah sudah di tutup atau masih di buka , saya terlambat tahu tentang skolah STIKA , apakah ada nomor yanf dapat di hubungi untuk informasi lebih lanjut di sekolah STIKA , trimakasih mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah ditutup.. info lebih lanjut baca disini dulu yah

      http://www.hiburdunia.com/2015/03/sipencantar-api-madiun-tahun-20152016.html

      Hapus
  45. kalau jurusan Multimedia sih bisa masuk ngga ?

    BalasHapus
  46. kak, kalau lulusan tahun 2016 pendaftaran dibuka kapan? apakah sudah lewat ya? atau daftar setelah lulusan besok? thanks. mohon responnya.

    BalasHapus
  47. apa anak ips gak bisa masuk?

    BalasHapus

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2017/2018