Sekolah Tinggi Ilmu Kereta Api (STIKA) Madiun

SEKOLAH TINGGI ILMU KERETA API (STIKA) 2014/2015. Pada kesempatan ini saya akan memperkenalkan salah satu sekolah tinggi baru yang di Indonesia. STIKA begitu sekolah tersebut dikenal berlokasi di Nambangan Raya, Madiun. Sekolah tersebut berada dibawah naungan Kementerian Perhubungan.

Info Pendaftaran STIKA Madiun Tahun Akademik 2014/2015 Baca disini



Menurut Informasi yang dirilis oleh pendidikan-iptek.pelitaonline.com, STIKA telah membuka pendaftaran per september 2013. Berikut saya tampilkan kutipan asli dari pelitaonline.com.
  • Jakarta, POL
    MULAI September 2013, Sekolah Tinggi Ilmu Kereta Api (STIKA) Madiun, Jawa Timur mulai menerima siswa untuk pendidikan D3 dan D4 di beberapa jurusan.Menurut Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tundjung Inderawan khusus untuk jurusan Masinis nantinya akan diberlakukan standar yang terbaik."Great nya mirip pilot dan nahkoda yang berstandar," ujar Tundjung di Jakarta, Jumat (24/5/2013).Nantinya, ditambahkan Tundjung semua kelas yang selama ini disatukan di Sekolah Transportasi Darat di Bekasi, akan dipindahkan dan disatukan di Madiun."Untuk awal, STIKA akan menerima 200 siswa dan sebagian akan menerima beasiswa belajar di sana," pungkas Tundjung. 
Saya terlambat mendapatkan informasi tentang STIKA sehingga baru memperkanalkanya ke teman-teman semua. Tetapi Setelah mencari informasi terkait penerimaan STIKA, saya tidak bisa mendapatkan info resmi apapun yang saya temukan justru pengumuman akhir, silahkan baca di fanspage facebook berjudul STIKA (cek disini). Semoga untuk penerimaan tahun 2014, saya sudah bisa berbagi informasi ke teman-teman semua. Amin

Sekolah ini bisa dijadikan pilihan yang bagus untuk melanjutkan pendidikan. Selain karena masih baru, (lulusannya mungkin belum ada), Orang yang menguasai bidang perkeretaapian masih belum banyak dan perkembangan teknologi dibidang kereta api kian maju. Oleh karena itu saya memprediksi peluang kerja lulusan STIKA sangat besar. Dan bisa jadi lulusannya akan dikontrak dalam Perjanjian Ikatan Dinas mengingat keahlian dibidang ini sangat dibutuhkan.  

Soal biaya pendidikan, menurut saya tidak ditanggung pemerintah alias bayar. Pernyataan tersebut saya buat berdasarkan kutipan diatas yang menyatakan bahwa "STIKA akan menerima 200 siswa dan sebagian akan menerima beasiswa belajar di sana". Jadi hanya sebagian yang akan menerima beasiswa, selebihnya menanggung biaya sendiri.

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari Wikipedia, berikut ini adalah beberapa jurusan yang mungkin akan dibuka oleh STIKa
  1. Ilmu Masinis Kereta (D3)
  2. Ilmu Masinis Kereta Rel Diesel (D3)
  3. Ilmu Teknik Mesin (D3)
  4. Ilmu Teknik Mesin Kereta Rel Diesel (D3)
  5. Ilmu Pengontrol Kereta Rel Listrik (D3)
  6. Ilmu Pengontrol Menara Sinyal (D3)
  7. Ilmu Pengukuran Rel (D3)
  8. Ilmu Penciptaan Mode Transportasi Kereta Modern (D3)
  9. Ilmu Pengoperasian Kereta (D3)
  10. Ilmu Pemimpin Perjalanan Kereta Api (D3)
Semoga informasi ini bermanfaat, amin. Jika teman-teman mempunyai informasi yang lebih akurat tentang STIKA, saya dengan sangat meminta kalian untuk berbagi ke teman-teman yang lain. Terima kasih

Sumber
Referensi : http://pendidikan-iptek.pelitaonline.com/news/2013/05/24/september-stika-terima-siswa-perdana
Gambar : http://madiun.info/images/stories/stika/kampus_stika_front.jpg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel