STAN tidak 100% Ikatan Dinas ?

Hanya yang cumlaude yang 100% Ikatan Dinas?. Beberapa waktu yang lalu, salah seorang sahabat HiburDunia mempertanyakan status ikatan dinas Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Inti dari pertanyaannya adalah apakah benar STAN tidak 100% ikatan dinas?, atau hanya yang cum laude saja yang 100% ikatan dinas. Dalam tulisan ini saya mencoba untuk meluruskan anggapan tersebut. Tulisan ini murni dari pandangan saya pribadi, jika ada yang tidak sesuai harap dikoreksi. Saya mencoba memberikan informasi berdasarkan kacamata saya sebagai orang yang cukup tahu tentang STAN.

Saya memulai dengan pernyataan "STAN tidak bisa dikatakan "nggak 100% ikatan dinas"
Pernyataan yg paling tepat dan benar adalah STAN IKATAN DINAS dengan syarat lulusan mereka harus lulus tes kompetensi dasar.

Lulusan STAN sangat cerdas dan berkualitas, tidak ada yg bisa pungkiri hal tersebut. Hal tersebut mereka buktikan dengan berhasil merebut satu kursi di STAN setelah bersaing dengan ratusan ribu orang. Karena kualitas mereka yang sangat bagus, saya yakin mereka mampu melewati tes kompetensi dasar. Setelah lulus tes kompetensi tersebut, mereka akan langsung diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil.

Hal yang perlu digaris bawahi adalah tidak ada pengecualian terkait tes kompetensi dasar, baik itu yang lulus dengan cum laude (ipk>3.6) ataupun yang lulus dengan ipk pas-pasan. SEMUA LULUSAN STAN HARUS MENGIKUTI TES KOMPETENSI DASAR SEBAGAI SYARAT PENGANGKATAN PEGAWAI NEGERI SIPIL.

Persyaratan tersebut diwajibkan oleh KEMENPAN selaku kementerian yang mempunyai wewenang untuk merekrut pegawai negeri. dengan alasan kesetaraan atau keseragaman. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (KEMENPAN) menginginkan semua calon pegawai yang direkrut oleh kementrian maupun lembaga, harus melewati tahapan-tahapan yg telah diatur dalam undang-undang.

Selain sebagai syarat pengangkatan, Tes kompetensi tersebut juga dijadikan sebagai filter terakhir untuk mencari lulusan terbaik dan benar-benar berkualitas untuk bekerja di kementerian keuangan. Hal itu juga yang akan membuktikan kepada semua orang bahwa lulusan STAN memang yg terbaik, dan seleksinya masih sangat ketat/ murni, dan dari tahun ke tahun akan terus diperketat agar tidak ada kecurangan sedikit pun dalam rekruitmen pegawai di kementerian keuangan..


Itu yang bisa saya paparkan, Semoga dapat dimengerti. amin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel