TERBARU : PENDAFTARAN SEKOLAH KEDINASAN TAHUN 2018/2019 - BATAS AKHIR PENDAFTARAN :            Penerimaan Calon Tamtama TNI AL Tahun 2018 : 24 November 2017 s.d. 7 Januari 2018
Home » , » Penerimaan Taruna Akpol Tahun 2014/2015

Penerimaan Taruna Akpol Tahun 2014/2015

Penerimaan Taruna Akademi Kepolisian Tahun Akademik 2014/2015. Penerimaan taruna Akpol telah dibuka sejak tanggal 19 April kemarin. Pendaftaran yang dilakukan secara online melalui website www.penerimaan.polri.go.id atau melalui Biro SDM Polda/Polres setempat akan dibuka sampai dengan tanggal 25 mei 2014.
Pendidikan akan dilaksanakan selama 4 (empat) tahun yang akan dibuka tanggal 25 Juli 2014 di Akademi Kepolisian Semarang. Berikut ini adalah beberapa hal penting terkait penerimaan Taruna Akpol Tahun 2014. 


Syarat Pendaftaran

Persyaratan umum :

  1. warga Negara Indonesia (pria dan wanita);
  2. usia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada saat pembukaan pendidikan;
  3. beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  4. setia kepada Negara Kesatuan RI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945;
  5. sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan);
  6. tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (SKCK);
  7. berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela;
  8. bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas Kepolisian.

persyaratan lain :

  1. berijazah serendah-rendahnya SMU/MA jurusan IPA/IPS, bagi yang berusia kurang dari 17 tahun dengan ketentuan : nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8 atau; nilai rata-rata ujian nasional minimal 7,25 s.d. 7,99 harus memiliki kemampuan bahasa Inggris dengan TOEFL diatas 500.
  2. bagi yang berusia 17 s.d. 21 tahun memiliki nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 7,25.
  3. bagi lulusan tahun 2013 (yang masih kelas III) menggunakan nilai rata-rata rapor kelas III semester 1 dengan ketentuan : bagi yang berusia kurang dari 17 tahun nilai rata-rata minimal 8; bagi yang berusia 17 s.d. 21 tahun nilai rata-rata minimal 7,25;
  4. setelah dinyatakan lulus menyerahkan ijazah dan diberlakukan dengan persyaratan butir b 1) tinggi badan minimal : pria : 163 cm; wanita : 160 cm dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
  5. belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan pembentukan;
  6. bersedia melaksanakan ikatan dinas selama 10 (sepuluh) tahun terhitung mulai diangkat menjadi Perwira Polri (masa dinas surut tidak diperhitungkan)
  7. memperoleh persetujuan orang tua/wali;
  8. tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan instansi lain;
  9. pada saat mendaftar telah berdomisili di wilayah polda tempat pendaftaran minimal 1 (satu) tahun yang dibuktikan dengan KTP setempat dan atau KK (bagi yang berusia 17 tahun ke atas) atau surat keterangan Kepala Desa/Lurah berdasarkan KK (bagi yang belum berusia 17 tahun). Bagi yang sedang menempuh pendidikan dan lulus belum 1 (satu) tahun dibuktikan dengan rapor/ijazah dari sekolah yang berada di wilayah Polda pendaftaran;
  10. bagi yang sudah bekerja tetap sebagai pegawai/karyawan : mendapat persetujuan/rekomendasi dari Kepala Instansi/Satker ybs; bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan, bila diterima dan mengikuti Diktuk Taruna Akpol. 
  11. Harus mengikuti dan lulus seleksi baik tingkat Panda dan Panpus 

Tahapan Seleksi 

Seleksi menggunakan sistem gugur dalam tahapan yang meliputi : 
  1. pemeriksaan administrasi awal; 
  2. pemeriksaan kesehatan tahap I; 
  3. pemeriksaan psikologi; 
  4. pengujian akademik dengan materi pengetahuan umum (Undang Undang Kepolisian dan muatan lokal), bahasa Indonesia, matematika. 
  5. pemeriksaan kesehatan tahap II; 
  6. pengujian kemampuan jasmani dan antropometri; 
  7. pemeriksaan administrasi akhir; 
  8. sidang penetapan kelulusan tingkat panda.

Jadwal Seleksi

Jadwal seleksi penerimaan sebagai berikut :

Giat Tingkat Polda (2014)

  • 19 Apr – 25 Mei : Pendaftaran
  • 19 Apr – 26 Mei : Rikmin Awal & Pengumuman
  • 30 Mei : Arahan Ortu & TTD Pakta Integritas
  • 1 – 10 Juni : Rikkes 1 & Pengumuman
  • 11 – 12 Juni : Rik Psikologi & Pengumuman
  • 13 – 14 Juni : Uji Akademik & Pengumuman
  • 15 – 19 Juni : Rikkes 2 & Pengumuman
  • 20 – 23 Juni : Uji Jasmani, Antropometri & Pengumuman
  • 24 – 25 Juni : Pendalaman Mental Kepribadian
  • 26 Juni : Rikmin Akhir
  • 27 Juni : Sidang Penetapan Kelulusan Tingkat Panda & Pengumuman, untuk ikut seleksi Tingkat Pusat di Akpol Semarang

Giat Tingkat Pusat di Akpol Semarang (2014)

  • 2 Juli : Catar Tiba di Akpol & penyerahan Administrasi
  • 3 Juli : Arahan Ortu & TTD Pakta Integritas
  • 3 – 7 Juli : Rikmin Awal, Rikkes, Keswa & Pengumuman
  • 8 – 12 Juli : Uji Jasmani, Renang, Antropometri & Pengumuman
  • 13 – 16 Juli : Pendalaman Mental Kepribadian & Rik Psi Wawancara
  • 17 Juli : Uji Akademik
  • 19 – 21 Juli : Pemeriksaan penampilan
  • 22 Juli : Sidang Penetapan Kelulusan & Pengumuman
  • 25 Juli : Buka Pendidikan


Sumber : www.akpol.ac.id

Baca Juga !

Info Terbaru

Ditulis Oleh : Muhammad Arif Ahsan

Info Penerimaan Taruna Akpol Tahun 2014/2015 ini dibagikan oleh Muhammad Arif Ahsan pada 26 April 2014. Arif adalah alumni STAN wisuda tahun 2011, saat ini bekerja sebagai PNS di Kementerian Keuangan, apabila ada kritik atau saran silahkan sampaikan secara langsung melalui BBm (Pin D433858D), LINE (@kedinasan.com), atau EMAIL (muharifahsan@gmail.com).

30 komentar:

  1. yang mau masuk AKPOL harus mempunyai uang berlebih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tahun ini nggak ada uang yang mengalir :D :D :D

      Hapus
  2. Lulusan smk tahun ini apa bisa tes Akpol?

    BalasHapus
  3. TOEFL nya wajib ya?

    BalasHapus
  4. Apakah smk bisa mauk akpol...?

    BalasHapus
  5. kak,kalau tentang TOEFL nya itu harus memiliki sertifikat point 500 ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo umurmu dibawah 17 tahun, iya harus

      Hapus
  6. Jadi kalau umur diatas17 tahun,bisa tanpa sertifikat ya.?

    BalasHapus
  7. nilai un ku 6,9 bisa gk ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nilaimu terlalu jauh. sepertinya berat.

      Hapus
  8. Kalo lulusan international school tanpa toff cert bisa ngga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo untuk lulusan international school sy belum tahu, coba tanyakan ke panitianya langsung, terima kasih

      Hapus
  9. Kira kira bayarnya gimana ? Waktu pendaftaran aja apa persenestee or pertahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo biaya sy tidak bisa menyebutkan nominalnya.. soalnya gak ada info resmi terkait hal itu

      Hapus
  10. maaf nih mau tanya, saya lulusan bsk tahun 2015, smk jurusan perikanan, apakah bisa masuk taruna Akpol ? mohon penjelasannya :)

    BalasHapus
  11. syaratnya masih sama yah tinggi badannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum tahu.. kita lihat pengumuman resminya nanti.

      Hapus
  12. Bang , penerimaan akpol tahun ini dibuka kapan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemarin gosipnya tgl 10 maret.. tpi koq skrng belum muncul2 jg..
      ditunda lagi mungkin.
      pantau aja web penerimaan.polri.go.id

      Hapus
  13. bang, saya lulusan SMA 2011, umur 22 tahun 5 bulan pas bulan maret 2015 ini ..
    sekiranya masih bisa daftar gak yaa ??

    BalasHapus
  14. kak mau nanya, kenapa ya lulusan smk tidak bisa masuk akpol

    BalasHapus
  15. Kal izin bertanya... aku ingin sekali jadi perwira tapi umurku belum 17th n pasti kaka sudah taukan kalo belum 17th gaboleh buat ktp, sedangkan kalo mau buat skck harus punya ktp, mohon pencerahan atas masalah tersebut kaka...

    BalasHapus
  16. ka mau tanya kalo pendaftaran online kan ada passwordnya, mksudnya password apa ya ka?
    mohon bantuannya :)

    BalasHapus

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2017/2018