Home » » Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memutuskan Daftar IPDN

Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memutuskan Daftar IPDN

Beberapa hal penting yang wajib kalian ketahui sebelum mendaftar ke Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). IPDN merupakan sekolah kedinasan yang ikatan dinas dan berada dibawah naungan kementerian dalam negeri. Untuk melengkapi informasi tentang IPDN dan juga untuk menjawab pertanyaan teman-teman, Saya melakukan wawancara dengan salah seorang alumni IPDN. Dia adalah teman sekelas saya waktu SMP. Untuk saudari Fitriani, saya berterima kasih untuk informasi yang sangat lengkap dan tentunya berguna. Berikut ini saya paparkan hasil wawancara tersebut :

Waktu Pendaftaran

  • Pendaftaran Calon Praja IPDN biasanya dibuka antara bulan juni dan bulan juli.
  • Pengumuman pendaftaran bisa diperoleh melalui web resmi IPDN, atau dengan cara bertanya langsung ke BKD Provinsi/ BKD di Daerah. 
  • Untuk mengetahui pengumuman sudah ada atau belum, sangat disarankan agar aktif membuka website IPDN, atau sering-sering bertanya ke BKD setempat untuk mengetahui kapan pendaftaran dibuka, dan tanggal berapa berakhir. Selain itu, kalian juga harus tahu persyaratan administrasi yang diperlukan. 
  • Semakin cepat kalian mengetahuinya tentu saja semakin baik buat kalian. Perlu saya beritahukan bahwa berkas administrasi sangat banyak, sehingga butuh waktu yang banyak pula untuk menyiapkan berkas tersebut. semakin cepat kamu mendapatkan informasi, maka semakin cepat pula kamu bisa mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan

Pendaftaran Terbaru

Syarat Pendaftaran

Beberapa syarat yang tergolong penting untuk masuk ke IPDN adalah

  • Tinggi badan minimal 160 cm untuk laki-laki dan 155 cm untuk perempuan
  • Nilai rata-rata ijazah minimal 7,00 (tanpa pembulatan), jumlah tersebut diperoleh dengan cara menggambungkan nilai UAS dengan nilai UN kemudian dibagi 2.
  • Tidak melebihi batas maksimal mata minus yang telah ditentukan
  • Gigi tidak boleh ada yang bolong
  • tidak buta warna
  • Sebagai tambahan, Syarat tersebut bisa saja berubah setiap tahunnya. Tapi menurut saya ini bisa menjadi gambaran buat kalian, karena saya yakin syarat ini masih sama untuk penerimaan capra tahun ini. Meskipun ada perubahan, saya yakin perubahannya tidak akan terlalu signifikan

Tahapan pendaftaran

Tahapan Pendaftaran capra IPDN adalah
  • Pertama calon praja melakukan pendaftaran ke BKD di daerah masing-masing,
  • Kemudian BKD daerah tersebut melakukan seleksi administrasi atau memeriksa kelengkapan berkas.
  • Kemudian jika lulus seleksi administrasi, calon praja lanjut ke tahapan tes selanjutnya yang dilakukan di BKD Provinsi.
  • Perlu saya tekankan kembali bahwa di BKD daerah hanya sebagai tempat melakukan pendaftaran sedangkan tahapan tes yang lain semuanya dilakukan di BKD Provinsi kecuali Pantukhir yang dilakukan di kampus IPDN


Tahapan Seleksi

Tahapan seleksi capra IPDN adalah
  • seleksi administrasi/kelengkapan berkas
  • Tes Psikologi dan kejujuran
  • Tes kesehatan Tahap I dan II
  • Tes kesamaptaan
  • Tes Kemampuan Dasar (Tes Akademik)
  • Pantukhir (Tes wawancara, tes kesehatan, tes kesamptaan) (Di kampus IPDN)
  • Tiap tahapan tes menggunakan sistem gugur
  • pengumuman kelulusan tiap tahapan biasanya ada di web resmi atau di web resmi provinsi

sebagai tambahan, hal yang paling mendasar dalam seleksi administrasi adalah 
  1. pengecekan nilai rata-rata, 
  2. pengukuran tinggi badan, 
  3. melihat ijazahnya, apakah berasal dari SMA, SMK, atau yang lainnya. Karena biasanya yang berasal dari SMK tidak diperkenakan untuk ikut mendaftar

Biaya pendaftaran

Untuk teman saya yang masuk pada tahun 2008, dia tidak mengeluarkan biaya pendaftaran, begitupun dengan tahapan-tahapan tes yang lain. Sampai dinyatakan lulus sebagai praja ipdn, dia tidak mengeluarkan biaya apapun selain  biaya pribadi.

Berbeda dengan penerimana capra tahun lalu yaitu pada tahun 2013, calon praja mengeluarkan biaya untuk tes psikologi dan seterusnya. Sedangkan biaya pendaftaran masih gratis. Semoga untuk tahun ini semua biaya gratis lagi seperti tahun 2008 yang lalu.

Kuota Daerah

Tidak ada jatah atau kuota tiap daerah, yang terpenting adalah memenuhi syarat administrasi dan lulus pada setiap tahapan tes. 

Kehidupan Asrama

  • IPDN itu semi militer dan sangat berpengaruh dengan kehidupan asrama. Sejak pantukhir peraturan di asrama sudah mulai diberlakukan. Banyak hal yang harus dipatuhi di asrama, dan praja harus menaatinya dengan baik. Peraturan tentang kehidupan praja bernama "PETADUPRA" peraturan tata kehidupan praja
  • Peraturan tersebut mengatur kehidupan mulai bangun tidak sampai tidur lagi. Selama 24 jam telah diatur jadwal kegiatan praja, dan praja harus menaatinya agar tidak dapat hukuman

Semi Militer

  • IPDN mewajibkan adanya pendidikan militer yang dilaksanakan pasca dinyatakan lulus pantukhir. Nama kegiatanannya MENDISPRA, kegiatan tersebut dilaksanakan selama sebulan. setelah mengikuti kegiatan itu, maka semua peserta akan dilantik atau dikukuhkan sebagai praja IPDN
  • selama menjalankan pendidikan yaitu 4 tahun, IPDN menerapkan semi militer. Bisa dikatakan tiap hari ada upacara, ketika hendak makan 3 kali sehari, praja harus melakukan upacara makan.

Program Pendidikan

  • IPDN ada Program D4 dan S1, presentasi tiap tahunnya adalah 90% D4 dan selebihnya adalah S1
  • Setelah lulus, yang S1 memiliki gelar S.IP sedangkan yang D 4 bergelar S.STP
  • Untuk mengambil Jalur S1 ada persayaratan tambahan. Jadi di IPDN itu ada sistem JARLATSUH ( Pengajaran, Pelatihan, Pengasuhan) yang bisa ikut jalur S1 adalah yang memenuhi nilai pengajarannya. Nilai direkap mulai tingkat 1 kemudian diranking. Yang masuk jalur S1 akan melanjutkan pendidikan di Kampus IPDN Cilandak jakarta

Reward dan Punishment

  • Sebagai lembaga pendidikan yang menerapkan sistem semi militer serta mengikat praja dengan aturan yang ketat, tentu saja IPDN mempunyai Reward yang akan diberikan jika praja berprestasi, dan sebaliknya akan memberikan Punishment jika praja melakukan pelanggaran terhadap aturan yang diberlakukan
  • Mungkin orang-orang menganggap pendidikan di IPDN adalah tempat penyiksaan. Teman saya mengatakan bahwa pernyataan tersebut salah besar. Seperti yang saya katakan sebelumnya IPDN berlaku aturan yang sangat ketat, jadi tentunya ada yang  namanya punishment jika melanggar. Memang ada hukuman yang sifatnya agak menyiksa, itupun dilakukan jika praja melakukan kesalahan fatal. Meskipun demikian hukuman tersebut berujuan untuk membentuk pribadi praja yang lebih baik.

TKD dari Kemenpan

  • Tahun lalu baru diberlakukan TKD yang diujikan saat penerimaan praja
  • Tes tersebut masuk pada urutan tes nomor 5
  • Tahun-tahun sebelumnya belum ada tes seperti ini, dan ini sangat berpengaruh pada status CPNS mereka

Uang Saku

  • selama pendidikan, praja diberikan uang saku. Nominalnya 250 ribu perbulan. Nominal ini tentu saja bisa berbeda untuk setiap angkatan, tergantung kebijakan yang berlaku

Status CPNS

  • Tiap angkatan memiliki kebijakan berbeda terhadap status CPNS praja IPDN. Kebijakan tersebut tergantung dengan formasi dari KEMENPAN, 
  • Ada angkatan yang tingkat dua sudah CPNS, ada yang nanti tingkat tiga. 
  • Tapi untuk tahun lalu, pas diterima dan dikukuhkan jadi praja, status mereka sudah menjadi CPNS

Proses Pengangkatan Pasca Wisuda

  • Praja IPDN akan diangkat menjadi pegawai negeri sipil
  • Proses pengangkatan praja IPDN berbeda dengan kebijakan yang berlaku tiap angkatan, 
  • Sebagai contoh, untuk teman saya yang lulus tahun 2012. Sebelumnya mereka diatawari untuk mengisi lowongan di kementerian dalam negeri, (pemerintah pusat)
  • Ada kebutuhan pegawai untuk bekerja di kementerian, jadi dibuka pendaftaran bagi yang berminat. Kuotanya sebanyak 50 orang. 
  • Praja yang lain akan dikembalikan ke Pemerintah provinsi tempat mendaftar masing-masing. 
  • Kemudian Pemprovlah yang akan mengatur proses selanjutnya, apakah praja tersebut akan dikembalikan ke Pemda masing-masing atau akan disebar secara acak. Semua itu adalah kebijakan pemprov masing-masing
  • Selanjutnya Pemprov akan mendropping praja ke pemda, 
  • Setelah diterima pemda, mekanisme mutasi dan penempatan praja ikut aturan pemda masing-masing, jadi bisa dikatan prosesnya bakal beda tiap pemerintah daerah. 
  • Perlu saya tegaskan bahwa lulusan IPDN sangat dipertimbangkan untuk menduduki jabatan di pemerintahan

Penghasilan/Gaji alumni IPDN

  • Gajinya itu sama semua karena aturannya berlaku secara nasional. 
  • Saat pendidkan dan sudah berstatus CPNS, praja IPDN akan memperoleh gaji PNS Gol. 2A tapi masih 80% karena statusnya masih CPNS. 
  • Kemudian setelah prajabatan gaji sudah 100% tapi masih setingkat golongan 2A. 
  • Nanti setelah lulus prajabatan, gaji dan golongan otomatis menyesuaikan menjadi golongan 3A
  • Gaji Gol. 3A sekitar 2 juta. 
  • Untuk penghasilan tambahan tergantung dengan kebijakan daerah masing-masing. Yang membedakan juga adalah apabila praja tersebut menduduki sebuah jabatan
  • Secara kesuluruhan penghasilan yang pasti diterima atau take home pay oleh lulusan IPDN antara 2-3 juta perbulan diluar tunjangan lain.

Kesan Selama di IPDN

  • Kesannya banyak sekali, sehingga dia susah untuk menjelaskan secara detail. Yang penting adalah dia bersyukur bisa masuk ke IPDN. 
  • Di IPDN dia bisa kenal dan bersahabat dengan orang-orang yang berasal dari penjuru indonesia. Bukan cuma perwakilan tiap provinsi, bahkan tiap kabupaten pun ada. Semua suku lengkap ada di IPDN


Baca Juga !

Info Terbaru

Ditulis Oleh : Muhammad Arif Ahsan

Info Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memutuskan Daftar IPDN ini dibagikan oleh Muhammad Arif Ahsan pada 25 Mei 2014. Arif adalah alumni STAN wisuda tahun 2011, saat ini bekerja sebagai PNS di Kementerian Keuangan, apabila ada kritik atau saran silahkan sampaikan secara langsung melalui BBm (Pin D433858D), LINE (@kedinasan.com), atau EMAIL (muharifahsan@gmail.com).

153 komentar:

  1. Jika berat badan sekitar 70 dan tinggi 172, apa bisa mengikuti seleksi tes ipdn?

    BalasHapus
  2. min, kalw misalnya gigi yang bolong di geraham di tampal bisa nggak ikut???

    BalasHapus
  3. Sedikit koreksi rif,, gaji dan gol.III/a menyesuaikan setelah lulus pendidikan sebagai praja IPDN.. Senang bisa berbagi info :) :)

    Ow iya, masalah kesesuaian antara tinggi badan dan berat badan, cara cepat menghitung berat badan yg ideal = tinggi badan - 110
    Tapi jangan khawatir,, bagi yg berat badannya kurang sesuai bisa kok daftar jg, saran sy rajin2 aja olahraga agar sedikit memudahkan nantinya pada saat pelaksanaan tes kesamaptaan...

    BalasHapus
  4. min mau tnya panitia penyelenggara provinsi dari bkn apa dari kemenpan ? trims

    BalasHapus
  5. kalo giginya sudah dicabut ada 2 gimana? apa peluang msih bisa? mohon infonya terima kasih, emal saya : harisabektidickysubrata(at)yahoo(dot)co(dot)id

    BalasHapus
  6. Yah anak smk ga bisa daftar ya T_T - tita

    BalasHapus
  7. min numpang nanya. ane kan orang palembang nah bisa gak ane dftarnya di jabodetabek? soalny ane lg d jabodetabek skrng..

    tolong segera d bales

    BalasHapus
  8. Pastinya tanggal berapa pendaftaranya dibuka min?

    BalasHapus
  9. Dah ada yang tau informasi kapan di buka?

    BalasHapus
  10. min kalau dari smk masak enggak diperbolehkan ?

    BalasHapus
  11. Min berat untuk masuk IPDN berapa min ? Terus kalo giginya dicabut alias udah bolong gimana ? Min mohon bantuannya buat persiapan masuk IPDN

    BalasHapus
  12. Min tau info pendftaranya tgl brp ngga?

    BalasHapus
  13. 25 Agt - 29 Agt. Selamat berjuang! :)

    BalasHapus
  14. apaan gaji sama kaya umr kota surabaya, tukang jaga alfamart mah 2,2 jeti gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2-3 jt itu blum termasuk yg lain gan.. kalo sudah digabung sama yg lain juga diatas 5 jt bisa gan..

      Hapus
  15. Terima kasih infonya,,kebetulan adik sy mau masuk ipdn

    BalasHapus
  16. Min klo bates minus di tes kesehatannya berapa min?
    Tolong dibales ya min

    BalasHapus
  17. aku pasti bisa masuk

    BalasHapus
  18. min kalo giginya udah ada 2 yang dicabut + ada yang ditembel gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut pengalaman teman sy, gigi tidak boleh ada yang bolong..
      kalo mau lebih jelas, kamu ke BKD kabupaten mu aja, tanya langsung ke mereka

      Hapus
  19. Apakah di IPDN benar adanya sering terjadi kekerasan. Tolong jawab sejujurnya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Restiana : jawaban dari temen sy alumni IPDN seperti ini,

      Mungkin orang-orang menganggap pendidikan di IPDN adalah tempat penyiksaan. Teman saya mengatakan bahwa pernyataan tersebut salah besar. Seperti yang saya katakan sebelumnya IPDN berlaku aturan yang sangat ketat, jadi tentunya ada yang namanya punishment jika melanggar. Memang ada hukuman yang sifatnya agak menyiksa, itupun dilakukan jika praja melakukan kesalahan fatal. Meskipun demikian hukuman tersebut bertujuan untuk membentuk pribadi praja yang lebih baik.

      Hapus
  20. Kalau berhijab bleh nggk? Ap hrus d lepas? Saya sangat ingin skolah d IPDN. Tp saya ingin tetap berhijab

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh koq berhijab,
      lihat aja foto2 mahasiswa IPDN di google, banyak dari mereka yg berhijab

      Hapus
  21. kalau dari MAN yg jurusan agama boleh daftar ipdn..???

    BalasHapus
  22. ko anak smk ga boleh ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurikulum anak SMK tidak sesuai dengan kurikulim yg berlaku di IPDN. banyak mata pelajaran SMK yg tidak digunakan di kampus IPDN

      Hapus
  23. kalau tinggi 165 tp badan agak gemuk sidikit bagaimana...????
    dan adakah waktu baru masuk ipdn siswanya gemuk pas udah 2-3 baru kurang badannya..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak masalah. klo agak gemuk sedikit.

      Hapus
  24. kira-kira pendaftaran dibuka kapan ?

    BalasHapus
  25. min kalau gigi saya nggak rata. emang bisa masuk di ipdn ?

    BalasHapus
  26. Mau nanya nih, jika Gigi graham saya sudah rusak atau tidak bisa ditambal lagi apakah tidak diperkenankan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. temen sy bilang gak boleh ada yg bolong

      Hapus
  27. maaf numpang tanya,
    kalau tinggi badan kurang sedikit bagaimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggi badan agak susah buat ditolerir.. emang kurangnya berapa?

      Hapus
  28. untuk test IPDN apakah setiap test di kenakan biaya selain biaya pendaftaran dan biaya pribadi ? mohon di jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ada biaya tes yg ditanggung peserta..

      Hapus
  29. gigi saya geraham bolong satu cuman udah ditambal gan bisa nggak ? program ips bisa kan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo soal gigi, panitia yg menentukan.. sy gak bisa bilang boleh atau tidak.. iya IPS boleh koq.

      Hapus
    2. Kak apakah lulusan smk tidak bisa mendaftar?
      Makasih

      Hapus
  30. apakah smk tidak bisa mendaftar
    kalau tidak mengapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampe saat ini belum boleh.. alasannya silahkan tanyakan ke BKD setempat

      Hapus
  31. Mas. Berat badanku 73 tinggi 173.. bisa masuk IPDN nggak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. idealnya beratmu 63 kg.. sebaiknya turunin.

      Hapus
  32. Min tinggi ku 187 berar 58 biss masuk tdk? Kira kira administrasi di bkd brpan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. idealmu 77 kg. naikin yah..
      klo administrasi sy kurang tahu.. bisa saja beda2 tiap BKD

      Hapus
  33. kalau tinggi 166 dan berat 68 bagaimna min..???
    terus kalau ada luka yang ada ditangan berbekas sampai skarang bagaimna????

    BalasHapus
    Balasan
    1. beratmu sebaiknya diturunkan.. berat idealmu 56-61.

      klo itu tidak termasuk cacat paten, sy rasa gak masalah

      Hapus
  34. min kalau mata silinder bsa gag .. tinggi saya udah sampe gigi saya bagus2 aja dan berat badan bagus aja min gmna min ? saya pengen banget masuk ipdn min

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo silinder sy kurang tahu.. agak susah sy jawabnya. sebaiknya tanyakan langsung ke BKD terdekat

      Hapus
  35. min saya perokok, tapi saya sudah berhenti. ada peluang masuk ipdn ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung hasil tes kesehatan nantinya.
      berdoa aja paru2mu masih sehat

      Hapus
  36. min kalau ada tangan yg patah bisa ikut tes nggk min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu masih kuat gak?
      asal bukan termasuk cacat.. sy rasa bisa aja

      Hapus
  37. Min kalo matanya minus 4 gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya tidak bisa.. karna syaratnya gak boleh pake kacamata atau lensa mata.

      Hapus
  38. Gan ad soal untuk tkd gak, please
    Soal nya dak mau lagi gagal di tkd, please ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum punya.. coba cari aja buku di gramedia.. soal2 tkd banyak koq

      Hapus
  39. Gan, misal ada gangguan dikaki, misal kaki O/X/panjang sebelah bisakah tetap masuk?

    BalasHapus
  40. Mas mau tanya. Tes kesehatan tahap 1 dan tahap 2 apa saja yang di cek/tes ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu pengumumannya aja.. nanti dikasi tau koq detail tesnya.

      Hapus
  41. SMK, apa masalahnya?
    padahal ngebet banget nih pengen msuk IPDN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. karna smk sudah punya jurusan sendiri.. dan banyak mata pelajaran yg tidak mendukung pendidikan di IPDN..

      jika masih belum puas, silahkan tanyakan langsung ke BKD setempat

      Hapus
  42. Min gimana kalo giginya ga rapih bisa masuk ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg nentuin bisa atau tidaknya sih tetep panitia.

      tpi sy saranin coba aja.

      Hapus
  43. saya dari smk bnr2 gak boleh?

    BalasHapus
  44. Gan kalo kakinya o diterima gk ?

    BalasHapus
  45. kak,nilai rata" ijazah sya 6,8 msih boleh dftar gak.....?

    BalasHapus
  46. min, kapan dibuka pendaftaran ipdn 2015??

    BalasHapus
  47. Min masalah mata brpa maksimal untuk silinder dan min nya?

    BalasHapus
  48. Mau nanya kalau kita udah daftar ptn trus dinyatakan lulus kemudian daftar di IPDN boleh nggak. Kan daftar di IPDN pakai nilai ijazah
    Mohon dibalas

    BalasHapus
  49. Brpa ya biaya sekolah di ipdn? Dan bisa ga saya itu lulus sma 2012 dan saya smpt kuliah d2 di pariwsta itu bisa lanjut ke ipdn?

    BalasHapus
  50. Kalau ada satu gigi yg udh di cabut gimna? Masih bisa bisa daftar gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gigi bolong aja gaboleh apalagi ompong...haduh.

      Hapus
  51. kalau gak bisa bilang huruf R (cadel) bisa gak masuk ipdn min?
    mohon sarann nyaa :(

    BalasHapus
  52. kakak mu nanya nih, kan mengisi formulir biodata IPDN tuh ditanyain ranking dalam isian biodatanya, nah kalo gk punya ranking tuh ada kemungkinan bisa masuk gk yah? makasih
    tolong direply ya kak ^^

    BalasHapus
  53. sayang sekali anak SMK seperti di anak tiri kan :( aku ga bakalan bisa dong krena aku SMK
    kenapa kesempatan buat masuk ke jenjang yg lebih tinggi itu dominan nya anak SMA? anak SMK mungkin seperti anak tiri di dunia pendidikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Elu sih kenapa mau aja jadi anak tiri, emang ibu kandung lo mana?

      Hapus
  54. punya gingsul bisa masuk?

    BalasHapus
  55. kak,mau nanya nih
    kalo tinggi saya 153, sedangkan persyaratannya 155 untuk perempuan. apa boleh?

    BalasHapus
  56. Kak misalnya gigi depan tidak rata antara gigi atas dgn gigi bawah kemudian gigi rahang sudah tidak ada lagi alias sdah dicabut apakah mempengaruhi kelulusan??

    BalasHapus
  57. Kak misalnya gigi depan tidak rata antara gigi atas dgn gigi bawah kemudian gigi rahang sudah tidak ada lagi alias sdah dicabut apakah mempengaruhi kelulusan??

    BalasHapus
  58. SMK kok gak bisa sih kak
    padahal niat saya mau ke IPDN :(

    BalasHapus
  59. kalo berat badan 74 dan tinggi badan 175 bisa gak?

    BalasHapus
  60. gigi gingsul apakah berpengaruh?

    BalasHapus
  61. Untuk masalah gigi gingsul saya rasa tidak masalah, dan gigi berlubang sebaiknya di tambal, kalau tidak bisa di cabut dan digantikan dengan gigi palsu

    BalasHapus
  62. Untuk mata batas tolerir minus 1

    BalasHapus
  63. Yang paling berpengaruh tinggi badan, untuk berat badan selama dalam tes kesamaptaan dan kesehatan dinyatakan mampu tidak masalah... namun lebih baik membentuk badan ideal sembari menunggu permendagri terkait penerimaan capra ipdn...

    BalasHapus
  64. Yang paling berpengaruh tinggi badan, untuk berat badan selama dalam tes kesamaptaan dan kesehatan dinyatakan mampu tidak masalah... namun lebih baik membentuk badan ideal sembari menunggu permendagri terkait penerimaan capra ipdn...

    BalasHapus
  65. Untuk mata batas tolerir minus 1

    BalasHapus
  66. Untuk masalah gigi gingsul saya rasa tidak masalah, dan gigi berlubang sebaiknya di tambal, kalau tidak bisa di cabut dan digantikan dengan gigi palsu

    BalasHapus
  67. kak mau tanya, apa IPDN ini bener bener ga boleh dari anak SMK ya?

    BalasHapus
  68. Kak mau tanya, Lulusan pesantren bisa ngga masuk IPDN ? mohon keterangannya

    BalasHapus
  69. Kalo pake gigi palsu bisa gak.? Soalnya udah gak bisa di tambal giginya..
    Mohon masukannya..

    BalasHapus
  70. Kak,, kalo maksimalnya mata min berapa nih.??

    BalasHapus
  71. Min kalo tinggi badan saya 175 berat badan saya 60 gimana tuh? Oh iyahh kalo misalnya gigi nya renggang boleh atau tidak ???

    BalasHapus
  72. kalau ada nilai UN dibawah 7 bisa gk,,,???

    BalasHapus
  73. aku mau tanya ,, aku lulusan SMA di jawa tapi aku mau daftar ipdn di papua bisa gak>>
    coz papaku pindah ke papua... tolong balas.terima kasih

    BalasHapus
  74. Min, klo mau masuk IPDN harus bebas rokok gak?

    BalasHapus
  75. Min, klo mau masuk IPDN harus bebas rokok gak?

    BalasHapus
  76. min jdi nilai akhir uas+un dibgi 2 atau gmna? di twitter ipdn ada iya ada yg blang ga,jdi bngung-_-“) mkasi min

    BalasHapus
  77. Min nilai un saya ratarata 9 min cuma khusunya pelajaran bhs inggria 6.8 itu gimana min ?ada harapan gak min ??

    BalasHapus
  78. Assalamualaikum.. . .
    mau nanya ni.. .. pengaruh gigi bolong emang sebesar itu yah. . .. bisa nentuin orang lulus atau tidak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehh sist, jaman udah maju peraturan juga sudah beda dari yang dulu. Jaman sekarang Kompetisi makin ketat. Hal kecil pun termasuk dalam penilaian.

      Hapus
  79. min, gigi yang bolong boleh ditambal ga?

    BalasHapus
  80. Min misi nih mau tanya. Dr beberapa sumber yg saya dpt. Masuk IPDN itu gk murah. Tetangga saya masa ngabisin uang sampai 500jt. Apa benar di kenakan uang sampai segitu?

    BalasHapus
  81. ka mau tanya , persyaratan masuk ipdn salah satunya ga boleh berkacamata, minus dan silinder , ga boleh banget pake kacamata bukan ka ? plis aku matanya minus+silinder , gimana ya pngn banget masuk ipdn :(

    BalasHapus
  82. berapa umur yg minimal untuk mendaftar sbgai praja ipdn ? ,terima kasih :)

    BalasHapus
  83. umur 16 tahun ,apkah bisa ???? :O

    BalasHapus
  84. Min, saya mau nanya nih. Saya pernah denger kalo masuk IPDN ada tes lari, berenang, dan militer militernya gitu. Kalo persyaratan ini memang ada. Tolong jelasin dong min. Terima kasih.

    BalasHapus
  85. Min jari manis kakiku pendek dan ini bawaan dari lahir, gmana min apa bisa buat daftar ipdn..? Mohon balasan nya..

    BalasHapus
  86. Min saya mau nanya, umur anak saya baru 16 tahun persyaratanya 16 tahun bisa tes tapi anaknya belum punya ktp gimana solusinya.... tolong di balas

    BalasHapus
  87. min, numpang nanya kalo yg bekas perokok bisa ikut tes ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo paru2 masih sehat.. sy rasa bisa ikut

      Hapus
  88. min tolong bagi infonya ya, saya kan minat masuk IPDN tapi yang buat saya pesimis hanya satu hal tentang gigi, gigi saya bolong min dan apakah saya masih mempunyai kesempatan untuk lolos min? tolong balasannya ya min karena balasan mimin bermanfaat sekali buat saya. email saya maullprtw11@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. diatas kan udah jelas informasinya klo gigi gak boleh bolong..

      Hapus
  89. Aku pasti bisa masuk !!! Aminn yallah

    BalasHapus
  90. Aku pasti bisa masuk !!! Aminn yallah

    BalasHapus
  91. Kalo gigi ga rapih gimana ka?

    BalasHapus
  92. kak, kan saya ikut taekwondo nih
    nah saat bertarung, gigi depan saya patah.
    apa masih bisa masuk IPDN kak ?

    BalasHapus
  93. kak untuk alumni Madrasah Aliyah apakah bisa ? soalnya kan setara dengan SMA bukan SMK. tq

    BalasHapus
  94. min kalau tingginya 154 dan berat badannya 43 kira kira masuk tidak?

    BalasHapus
  95. Min, kalau dari MAN program agama, apakah bisa masuk IPDN..?
    Dan pendaftaran tahun 2016 kapan..?

    BalasHapus
  96. kalau perempuan boleh daftar di IPDN gak...?
    trus klu sudah wisuda apa saja peluang kerja yg dapat kita masuki....?

    BalasHapus
  97. Tinggi saya 160. Berat badan 50. Tdk mines . Gigi pun alhamdulillah bagus terus mau masuk ipdn salah satu kendala ijasa saya SMK.kesehatan..nilai saya 9.00.

    BalasHapus
  98. Min tolong post info seputar ipdn yang terbaru dong bwt t.a 2016

    BalasHapus
  99. setelah 4 tahun di ipdn, apakah nnti keluat jdi cpns langsung?

    BalasHapus
  100. Mau nanya min, kalau tinggi 165 cm berat badan 57 kg gimana?
    Terus tes kesamaptaaan nya apa aja?

    BalasHapus
  101. Min, kalo kemampuan berenang di tes kaga?

    BalasHapus
  102. mau tanya mas,
    kan persyaratannya saat daftarkan min nilai rata" 7,00. nah jika ada peserta yg nilanya dibawah itu gimana?
    apa otomatis tersisihkan?
    terima kasih

    BalasHapus
  103. Min,kalo tinggi 161 berat 49 bisa gak min?
    Tes renang nya ada gak? Kalo ga pandai renang gimana?

    BalasHapus
  104. Min, kalo tinggi 157 dan berat 67 bisa gak min?
    Mohon balesannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syarat minimalnya 160, kamu kurang 3 cm, berusahalah gimna caranya agar tinggimu bisa nambah.

      Hapus
  105. Min kalo kita kurang di berat badan sama tinggi gimana min, Masih bisa di pertimbangkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggi harus memenuhi, kalo nggak sampai 160 cm, pasti akan gugur.. tinggimu kurang berapa?

      Hapus
  106. Min, kalo tinggi 175 berat 78 keberatan ya? Hmm, klo di prediksi bulan brapa sih pendaftarannya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, berusaha untuk turunin yah. Kemungkinan maret

      Hapus
  107. Kalo misal lulus tkd teru jatuhnya cuman dikesehatan tp larinya sit up dllnya bagus kira2 itu msh berpeluang lulus gak?

    BalasHapus
  108. Min klo tinggi badanya kurang dikit.bisa lolos ipdn gk?

    BalasHapus
  109. aku prempuan, tinggiku 159 cm berat 50. Bisa gak min

    BalasHapus

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2017/2018