Home » , » USM STAN Tahun 2014/2015

USM STAN Tahun 2014/2015

Ujian Saringan Masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2014/2015. STAN akan menerima mahasiswa baru untuk program Diploma I Keuangan dan Diploma III Keuangan. Penerimaan ini terkait dengan rekruitment calon pegawai negeri sipil golongan II di Lingkungan kementerian keuangan. Penerimaan tersebut akan dibuka mulai tanggal 26 Mei 2014, hal ini tidak beda jauh dengan informasi yang pernah saya dapat sebelumnya, Baca disini.
Berikut ini adalah beberapa informasi penting terkait Ujian Saringan Masuk STAN 2014/2015:


Program Pendidikan

  • Prodip I Spesialisasi Kebendaharaan Negara
  • Prodip I Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
  • Prodip I Spesialisasi Pajak
  • Prodip III Spesialisasi Akuntansi
  • Prodip III Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
  • Prodip III Spesialisasi Pajak
  • Prodip III Spesialisasi Penilai
  • Prodip III Spesialisasi Kebendaharaan Negara
  • Prodip III Spesialisasi Pengurusan Piutang dan Lelang Negara

Syarat Pendaftaran

  • Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat untuk semua bidang keahlian/jurusan
  • Nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah atau ijazah sementara/SKL/SKHUN (bagi lulusan tahun 2014yang pada saat pendaftaran belum memperoleh ijazah) tidak kurang dari 7.00 (tujuh koma nol nol) dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan
  • Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah tidak kurang darì 17 tahun pada tanggal 30 September 2014 dan tidak lebih dari 20 tahun pada tanggal 1 September 2014 (lahir antara 1 September 1994 sampai dengan 30 September 1997).
  • Berbadan sehat, tidak cacat badan, dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif Iainnya)
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  • Khusus Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai ditambahkan persyaratan sebagai berikut:
    1. Untuk program Diploma l
      - Laki-Iaki tinggi badan minimal 165 cm
      - Perempuan tinggi badan minimal 155 om
    2. Untuk Program Diploma lll
      - Berjenis kelamin Laki-Iaki dengan tinggì badan minimal 165 cm
    3. Tidak buta warna
    4. Untuk pengguna kaca mata/lense kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.
  • Menyetor biaya pendaftaran USM sebesar Rp150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupíah) dan biaya yang dikeluarkan akibat transaksi pembayaran tersebut ditanggung oleh pendaftar.

Prosedur Pendaftaran

  • Tahapan pendaftaran meliputi
    1. pengisian formulir pendaftaran online (e-registrasi)
    2. penyetoran biaya pendaftaran dan
    3. verifikasi berkas dan pengambilan Bukti Peserta (BPU)
  • Pengisian formulir pendaftaran online (e-registrasi) melalui situs www.usm.stan.ac.id, pada tanggal 26 Mei s.d. 4 Juni 2014.
  • Calon peserta yang teIah melakukan pengisian formulir pendaftaran online (e-registrasi) akan menerima nomor rekening.
  • Calon peserta melakukan pembayaran dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. periode penyetoran adalah tanggal 26 Mei s.d. 5 Juni 2014
    2. Setiap pendaftar akan memperoleh nomor rekening pembayaran yang berbeda sesuai yang tertera pada Bukti Pendaftaran Online (BPO) masing-masing
    3. setoran dapat dilakukan melalui semua bank umum dan channel pembayaran Iain seperti ATM dan internet banking (perhatikan tata cara pembayaran pada www.usm.stan.ac.id)
    4. sebelum melakukan pembayaran, calon peserta harus memastikan dirinya telah memenuhi seluruh persyaratan sebagaimana tercantum dalam butir A, dan uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apa pun
    5. Calon peserta yang telah melakukan pengisian formulir pendaftaran online (e-registrasì) dan telah melakukan pembayaran di bank pada periode penyetoran berhak mengikuti verifîkasi berkas dan pengambilan BPU
  • Pengumuman jadwal verifikasi berkas dan pengambilan BPU bagi calon peserta ujian dapat dílihat melalui situs www.kemenkeu.go.id, www.bppk.kemenkeu.go.id, dan www.stan.ac.id pada tanggal 8 Juni 2014.
  • Calon peserta melakukan verifikasi berkas dan pengambilan BPU di lokasi ujian sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dengan ketentuan:
    1. calon peserta datang sendiri/tidak dapat diwakilkan
    2. menyerahkan hasil cetak Bukti Pendaftaran Online (BPO)
    3. menyerahkan satu lembar fotokopi ijazah atau ijazah sementara/SKL/SKHUN (bagi lulusan tahun 2014 yang pada saat pendaftaran belum memperoleh ijazah) yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/pejabat yang berwenang
    4. menyerahkan bukti pembayaran dari bank
    5. menyerahkan pasfoto studio berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm (berlatar belakang merah dan mengenakan kemeja putih) sebanyak 3 Iembar; 
    6. menunjukkan bukti diri asii yang berfoto (Ijazah/SKL/SKHUN/KTP/SlMlPaspor/SKCK yang masih berlaku;
    7. calon peserta tidak dapat mengajukan perubahan lokasi verifikasi berkas, pengambìlan BPU, dan pelaksanaan ujian.
  • Pendaftar yang tidak memenuhi ketentuan butìr 1 s.d. 6 di atas tidak akan dìlayani dan dianggap gugur.
  • Tempat verífikasi berkas dan pengambilan BPU sesuai dengan pilihan lokasi Tes Tertulis sebagai berikut:
    1. Jakarta Kampus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) JI. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan
    2. Banda Aceh Perwakilan Kementerían Keuangan Aceh Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Provínsi Aceh JI. Tengku Chik Di Tiro, GKN Gedung B Banda Aceh
    3. Medan Balai Diklat Keuangan (BDK) Medan JI. Ekawarni No. 30, Medan Johor
    4. Padang Perwakilan Kementerian Keuangan Sumatera Barat Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Sumatera Barat Jl. Pemuda No. 49, Padang
    5. Pekanbaru Balai Diklat Keuangan (BDK) Pekanbaru JI. Pepaya No. 77, Pekanbaru
    6. Batam Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Jl. Kuda Laut, Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau
    7. Jambi Perwakilan Kementerian Keuangan Jambi Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) Provinsi Jambì JI. Mayjen M. Yoesoef Singadikane No. 45, Jambì
    8. Bengkulu Perwakilan Kementerian Keuangan Bengkulu Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) Provinsi Bengkulu Jl. Adam Malik km 8, Bengkulu
    9. Palembang Balai Diklat Keuangan (BDK) Palembang Jl. Suka Bïgyn II Kec. Sukarami, Palembang
    10. Bandar Lampung Perwakilan Kementerian Keuangan Lampung Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Bengkulu dan Lampung JI. Pangeran Emir M. Noer No. 5A, Bandar Lampung
    11. Cimahi Balai Diklat Keuangan (BDK) Cimahi JI. Gado BangkongNo. 111, Cimahi
    12. Semarang Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Tengah Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Jawa Tengah I Jl. Imam Bonjol No.1 D, Semarang
    13. Yogyakarta Balai Diklat Keuangan (BDK) Yogyakarta Jl. Solo Km. 11, Kalasan, Sleman, Yogyakarta
    14. Surabaya Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Timur Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) Provinsi JawaTimur JI. lndrapura 5, Tromol Pos 894 Surabaya
    15. Malang Balai Diklat Keuangan (BDK) Malang Jl. Jend. A. Utara No. 200, Malang
    16. Denpasar Balai Diklat Keuangan (BDK) Denpasar Gedung Keuangan Negara (GKN) JI. Dr. Kusumaatmadja No. 19 Renon, Denpasar
    17. Mataram Perwakilan Kementerian Keuangan Nusa Tenggara Barat Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) Provinsì Nusa Tenggara Barat JI. Majapahit No. 10, Mataram
    18. Kupang Perwakilan Kernenterian Keuangan Nusa Tenggara Timur Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) Provinsi NTT Jl. Franseda, Kupang
    19. Pontianak Balai Díklat Keuangan (BDK) Pontianak Jl. Suitan Abdurrahman No. 31, Pontianak
    20. Banjarmasin Perwakilan Kementerian Keuangan Kalimantan Selatan Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Kalimantan Selatan dan Tengah JI. Lambung Mangkurat N021, Banjarmasìn
    21. Balikpapan Balai Diklat Keuangan (BDK) Balikpapan JI. MT Haryono Dalam RT 84 No. 39A, Balikpapan
    22. Manado Balai Diklat Keuangan (BDK) Manado Jl. Mapanget KM. 0,5 Paniki Dua, Manado
    23. Palu Perwakilan Kementerian Keuangan Sulawesi Tengah Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) Provinsi Sulawesi Tengah Jl. Tanjung Dako No. 15, Palu
    24. Makassar Balai Diklat Keuangan (BDK) Makassar Gedung Keuangan Negara (GKN) JI. Urip Sumoharjo Km. 4, Makassar
    25. Ambon Perwakìlan Kementerian Keuangan Maluku Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) Provinsi Maluku JI. Pitu Ina No 7 Karang Panjang, Ambon
    26. Sorong Sub Perwakilan Kementerìan Keuangan Papua Barat Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sorong JI. Jend. Sudirman No. 26, Sorong
    27. Jayapura Perwakilan Kementerian Keuangan Papua Kanwil Ditjen Kekayaan Negara (DJKN) Provinsi Papua JI. Pasiflc Permai Komplek Ruko Dok 2Gedung Indoprima Lantai 7
  • Panduan pendaftaran secara Iengkap dapat dilihat pada situs http://www.kemenkeu.go.id, httpzllwww.bppk.kemenkeu.go.id, dan http:/lwww.stan.ac.id.

Pelaksanaan Ujian

  • Ujian akan dilaksanakan dengan sistem gugur yang terdìri atas:
    1. Tes Tertulis (Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris) tanggal 29 Juni 2014 di lokasí sebagai berikut: Jakarta, Bandar Lampung, Pontianak, Banda Aceh, Cimahì, Banjarmasin, Medan, Semarang, Balíkpapan, Padang, Yogyakarta, Manado, Pekanbaru, Surabaya, Palu Batam, Malang, Makassar, Jambi, Denpasar , Ambon, Bengkulu, Mataram, Sorong, Palembang, Kupang, Jayapura
    2. Tes Kesehatan-Kebugaran dan Wawancara tanggal 19 s.d. 24 Agustus 2014 di lokasi sebagaì berikut: Jakarta, Yogyakarta,  Medan, Surabaya,  Pekanbaru, Malang, Palembang, Denpasar, Cimahi, Makassar, Semarang. Peserta diharapkan mempersíapkan diri, berlatih, dan berolahraga sebelum pelaksanaan Tes Kesehatan-Kebugaran.
  • Tes Tertulis dilaksanakan secara serentak di seluruh lokasi ujian mulai jam 08.00 WIB/09.00 WITA/10.00 WIT.
  • Pada saat ujian peserta harus membawa:
    1. BPU;
    2. kartu identitas diri asli yang berfoto (KTP/SlM/Paspor/SKCK/ijazah/SKL/SKHUN) yang masih berlaku;
    3. pensil ZB, penghapus. bal/point, dan perlengkapan ujian Iain yang diperlukan.
  • Peserta ujian yang tidak hadir dan/atau tidak mampu menempuh ujian dengan alasan apapun pada waktu, hari, tanggal, dan tempat yang telah ditentukan dinyatakan gugur.
  • Hasil ujian akan diumumkan sebagai beríkut:
    1. Tes Tertulís tanggal 17 Juli 2014;
    2. Tes Kesehatan-Kebugaran dan Wawanoara tanggal 5 September 2014
    3. Pengumuman hasíl tes dapat dilihat pada situs www.kemenkeu.go.id, www.bppk.kemenkeu.go.id, dan www.stan.ac.id.

Pendidikan

Lama pendidikan untuk Program Diploma l adalah dua semester. Mahasiswa yang tidak memenuhi syarat kelulusan pada tiap akhir semester akan dikeluarkan dari pendidikan. Lama pendidikan untuk Program Diploma III adalah enam semester. Mahasiswa yang tidak memenuhi syarat kelulusan pada tiap akhir semester aken dikeluarkan dari pendidikan. Pendidikan Program Diploma | Keuangan dan Program Diploma Ill Keuangan diselenggarakan di Kampus STAN, Pusat Pendidikan dan Peîatihan Keuangan, dan atau Balai Diklat Keuangan di seluruh Indonesia.

Mahasiswa tidak dipungut biaya kuliah selama mengikuti pendidikan.

Lulusan Program Diploma I dan Diploma III Keuangan STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Kementerian Keuangan atau instansi pemerintah Iainnya baik di pusat maupun di daerah sesuai dengan formasi yang tersedia pada tahun yang bersangkutan dan Iulus tes yang dipersyaratkan untuk menjadi Caion Pegawai Negeri Sipil (CPNS) berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lain-Lain

  • Semua biaya (transaksi bank, transportasi, pemondokan, dan yang dikeiuarkan dalam rangka mendaftarkan diri dan mengikuti ujian menjadi tanggungan peserta.
  • Dalam proses penerimaan mahasiswa ini, tidak diadakan surat-menyurat dan tidak ada dispensasi dalam bentuk apa pun.
  • Kelulusan peserta adalah prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-píhak yang menjanjikan
  • kelulusan dengan motif apa pun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan diluar tanggung jawab panitia.
  • Keputusan panitia penerimaan mahasíswa baru tidak dapat diganggu gugat.
  • Apabila peserta ujian memberikan keterangan atau data yang tidak benar, dan di kemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan teslujian, maupun setelah menjadì mahasiswa, Kementerian Keuangan berhak membatalkan kelulusan USM danfatau mengeluarkan yang bersangkutan darì pendidikan.
  • Apabila terdapat informasi yang dianggap Kurang jelas atau terdapat masalah yang terkait dengan preses pendaftaran, calon peserta dapat menghubungi Panitia Pelaksana Pusat USM STAN melalui e-mail: usm@stan.ac.id.
  • Jika Masih ada yang kurang jelas silahkan baca ini

Baca Info Lainnya !

Ditulis Oleh : Muhammad Arif Ahsan

Info USM STAN Tahun 2014/2015 ini dibagikan oleh Muhammad Arif Ahsan pada 20 Mei 2014. Arif adalah alumni STAN wisuda tahun 2011, saat ini bekerja sebagai PNS di Kementerian Keuangan, apabila ada kritik atau saran silahkan sampaikan secara langsung melalui BBm (Pin D433858D), LINE (@kedinasan.com), atau EMAIL (muharifahsan@gmail.com).

44 komentar:

  1. kak,brati pembayarannya buat ikut USM itu bisa lewat ATM ya ? brati kita daftar inline dulu baru mlakukan pembayaran ? makasih kak

    BalasHapus
  2. mari kita siapkan berama-sama. semoga sukses. amin

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum wr wb ,, itu nilai nya yg Hasil UN asli nya apa Nilai Akhir sekolah ..kan ada Nilai UN,NS,NA ?
    Terima kasih atas jawabannya ..

    BalasHapus
  4. kalo keloid atau buruk kulit itu termasuk cacat badan ga? lulus persyaratan ga?

    BalasHapus
  5. Kak mau tanya... nilai 7 itu dari UN asli apa sudah ditambah nilai raport ??
    mohon di jawab :)
    terimkasih....

    BalasHapus
  6. Mohon informasi nya klo kelahiran januari 1994 apa bisa ikt stan tahun 2014??mohon bantuannya, terima kasih

    BalasHapus
  7. Umur saya 20 lbh bbrapa bulan per tanggal 1 september..

    BalasHapus
  8. Berarti tidak perlu menggunakan skck dan surat berbadan sehat ya kak?

    BalasHapus
  9. kak, sya tidak punya ktp/sim/paspor apakah boleh menggunakan skl berfoto ?

    BalasHapus
  10. apa boleh pakai kartu pelajar?

    BalasHapus
  11. pengumuman jadwal verifikasinya mana kak ? kok blum bisam dilihat ?

    BalasHapus
  12. verisfikasinya 11 - 17 juni

    BalasHapus
  13. Apakah tempat dan peraturan untuk tahun 2015/2016 masih sama dengan tahun kemarin yang tertara di atas??
    mohon balasannya ya ka'
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Titah : kemungkinan besar sama dengan tahun 2014

      Hapus
  14. Kak tes tertulisnya tanggal berapa??
    Terimakasih.

    BalasHapus
  15. Kak tes tertulisnya tanggal berapa??
    Terimakasih.

    BalasHapus
  16. untuk tahun 2015, belum ada info jadwal pendaftaran maupun jadwal tesnya.. tunggu aja yah.. sekitat bulan juni atau juli

    BalasHapus
  17. Tereima kasih ya infonya,
    Sangat bermanfaat x ini Kak,,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum kak,
    untuk tes wawancaranya itu gimana? Denger2 pake bahasa Inggris ya, kalo lulusan SMK tahun 2013, masih bisa ndg ikut tes STAN ?
    mohon dibalas ya,
    terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak pake bahasa inggris.
      iya masih bisa

      Hapus
  19. apakah bisa jurusan ips dan test akademik nya apa aja tks sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. IPS bisa.. tes akademik itu terdiri dari Tes Potensi akademik (matematika, bhs. indonesia, logika, dan ilmu umum lainnya) selain itu ada tes bahasa inggris

      Hapus
  20. kak pendaftaran online kapan di buka ya kak?

    BalasHapus
  21. Klok lahir 17 novembr 1997 masih belum bisa y kk?

    BalasHapus
  22. Klok 17 november 1997 msih blumm bisa y kk?
    mohon informasinya kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita tunggu pengumuman resminya aja.

      Hapus
  23. apa ada tempat pendaftaran di sulawesi tenggara? mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada.. kmu daftar ke makassar saja

      Hapus
  24. jadi pengumuman kapan USM STAN 2015 belum tau ya kak? dan try out 8 maret besok itu untuk uji coba/persiapan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin juni atau juli..
      STAN tidak pernah buat try out, atau bekerja sama dengan pihak manapun..

      itu try out yg dibuat pihak lain.. bukan dri stan

      Hapus
  25. kak, boleh minta nomor hp atau alamat emailmya krna aku gk punya hp android jd hp biasa, aku mau tanya tentang STAN

    BalasHapus
  26. kakak punya yang gmail ndak ?

    BalasHapus
  27. ka, kalo utk tes fisik di STAN tahun ini cuma utk bea cukai aja atau semuanya?

    BalasHapus
  28. terus kalo giginya ga rapih kira2 bakal dipermasalhakna ga ka di tes kesehatannya?

    BalasHapus
  29. maaf mas.....mau tanya kalo tahun ini STAN buka pendaftaran tanggal berapa ya?

    BalasHapus
  30. Apakah SKCK wajib dilampirkan?

    BalasHapus
  31. saya lahir 24 april 1995, apakah saya bisa mendaftar stan tahun 2015/2016? dan kalau udah lulus seleksi apakah biaya pendidikan dibebankan pada peserta didik...???.

    MOHON DIJAWAB

    BalasHapus
  32. iya saya juga lahir bulan april t1995, Apakah saya masih bisa mendaftar tahun ini ? saya telat sekolah 2 tahun karena orang tua belum punya biaya jadi baru lulus tahun ini.

    BalasHapus

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2017/2018