TERBARU : PENDAFTARAN SEKOLAH KEDINASAN TAHUN 2018/2019 - BATAS AKHIR PENDAFTARAN :            Penerimaan Calon Tamtama TNI AL Tahun 2018 : 24 November 2017 s.d. 7 Januari 2018
Home » , » Penerimaan Praja IPDN Tahun 2014

Penerimaan Praja IPDN Tahun 2014

Penerimaan Calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri Tahun akademik 2014/2015. IPDN akhirnya membuka pendaftaran untuk lulusan SMA dan/atau MA lulusan 2012, 2013, dan 2014. Penerimaan itu akan dimulai pada tanggal 23 agustus 2014. Untuk kalian yang berminat silahkan segera penuhi persyaratan yang ada dibawah ini.
Perlu diingatkan bahwa waktu pendaftaran sangat singkat, jadi kalian harus bergerak cepat untuk memenuhi semua persyaratan yang ada. Berikut ini adalah informasi penting terkait penerimaan calon praja IPDN tahun 2014.



Syarat pendaftaran

Syarat pelamar
  1. Warga negara indonesia
  2. Usia peserta seleksi per tanggal 1 desember 2014 berusia minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal berusia 21 (dua puluh satu) tahun
  3. Nilai rata-rata ijazah/ STTB sekolah menengah atas/ Madrasah Aliyah minimal 7,00 (tujuh koma nol nol) dengan tahun kelulusan 2012, 2013, dan 2014
  4. Tinggi badan pelamar pria minimal 160 cm dan pelamar wanita minimal 155 cm
  5. Tidak bertato atau bekas tato dan bagi pelamar pria tidak ditindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat
  6. Tidak menggunakan kacamata/lensa kontak sesuai dengan unsur pemeriksaan kesehatan
  7. Belum pernah menikah/kawin, hamil/melahirkan dan sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan
  8. Bersedia mentaati segala peraturan kehidupan prajadan bersedia mengembalikan seluruh biaya pendidikan yang telah dikeluarkan pemerintah dikarenakan mengundurkan diri, diberhentikan dan/atau melanggar peraturan pendidikan, dan
  9. Siap diberhentikan jika melakukan tindakan kriminal, mengkonsumsidan atau menjual belikan narkoba, melakukan perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, dan atau melakukan tindakan asusila berdampak hukum atau tidak

Syarat administrasi
  1. Fotokopi akte kelahiran/surat kenal lahir
  2. Fotokopi ijazah/ STTB yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
  3. Surat keterangan berbadan sehat termasuk tinggi badan dari dokter pemerintah (Puskesmas/RSUD)
  4. Biodata calon peserta seleksi
  5. Surat pernyataan belum pernah menikah/kawin, hamil/melahirkan dan sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan yang diketahui oleh orang tua/wali, yang dinyatakan secara tertulis, ditandatangani di atas materai Rp. 6000
  6. Surat pernyataan untuk bersedia mentaati segala peraturan kehidupan praja dan bersedia mengembalikan seluruh biaya pendidikan yang telah dikeluarkan pemerintah dikarenakan mengundurkan diri, diberhentikan dan/atau melanggar peraturan pendidikan, diketahui oleh orang tua/wali yang dinyatakan secara tertulis, ditandatangani di atas materai Rp. 6000
  7. Surat pernyataan siap diberhentikan jika melakukan tindakan kriminal kriminal, mengkonsumsidan atau menjual belikan narkoba, melakukan perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, dan atau melakukan tindakan asusila berdampak hukum atau tidak, yang dinyatakan secara tertulis dan ditanda tangani di atas materai Rp. 6000
  8. Pas foto berwarna menghadap kedepan dan tidak memakai kacamata, ukuran 3x4 cm sebanyak 4 (empat) lembar, dan 4x6 cm sebanyak 2 (dua) lembar, latar belakang merah
  9. Persyaratan administrasi tersebut disusun rapi dan dimasukkan kedalamstofmap berwarna biru bagi pelamar pria dan stofmap berwarna merah bagi pelawar wanita, ditujukan kepada panitia Seleksi penerimaan calon praja IPDN Kabupaten/kota

Tempat Pendaftaran

Tempat pendaftaran : pendaftaran dilakukan oleh peserta seleksi Calon Praja IPDN tahun 2014 di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten/ Kota seluruh indonesia

Waktu Pendaftaran

Waktu Pendaftaran : pendaftaran dilaksanakan mulai tanggal 23 agustus s.d. tanggal 29 agustus 2014

Jadwal Seleksi



Prosedur Pendaftaran



Tahapan seleksi

  1. Seleksi administrasi
  2. Tes psikologi dan tes integritas dan kejujuran
  3. Tes kesehatan
  4. Tes kesamaptaan/jasmani
  5. Tes kompetensi dasar (TKD) dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT)
  6. Tes ulang kesehatan
  7. Tes ulang kesamaptaan/ jasmani dan
  8. Wawancara penentu tahap akhir (Pantukhir)

Lain-lain

  1. Peserta dinyatakan lulus seleksi penerimaan calon praja IPDN tahun 2014 berhak mengikuti pendidikan institut pemerintahan dalam negeri (IPDN) dan siap ditempatkan di kampus IPDN pusat atau kampus IPDN daerah
  2. Apabila terdapat pihak/oknum yang menawarkan jasa dengan menjanjikan untuk dapat diterima menjadi calon praja IPDN tahun 2014 dengan meminta imbalan tertentu, maka perbuatan tersebut adalah penipuan. Panitia tidak bertanggung jawab atas perbuatan pihak/oknum tersebut
  3. Setiap tahapan dalam seleksi penerimaan calon praja IPDN tahun 2014, dibawah pengawasan Komisi Pemberantasan Korupsi
  4. Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat pafa website kementerian dalam negeri (www.kemendafri.go.id)

Baca Juga !

Info Terbaru

Ditulis Oleh : Muhammad Arif Ahsan

Info Penerimaan Praja IPDN Tahun 2014 ini dibagikan oleh Muhammad Arif Ahsan pada 21 Agustus 2014. Arif adalah alumni STAN wisuda tahun 2011, saat ini bekerja sebagai PNS di Kementerian Keuangan, apabila ada kritik atau saran silahkan sampaikan secara langsung melalui BBm (Pin D433858D), LINE (@kedinasan.com), atau EMAIL (muharifahsan@gmail.com).

48 komentar:

  1. mau tanya mas,contoh surat pernyataanya itu gmana ya ?
    mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memet jhoni :
      Silahkan lihat contohnya di postingan trbaruku
      http://www.hiburdunia.com/2014/08/contoh-format-biodata-diri-dan-surat.html

      Hapus
  2. mau tanya , berarti tidak perlu SKCK yaa ? trus biodata calon peserta itu isinya apa saja ? surat pernyataann belum pernah hamil/melahirkan itu kayak gmn yaa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim:
      SKCK tidak ada dalam syarat pendftaran.. jadi nda perlu dibuat.

      Biodata silahkan liat di postingan terbaruku
      http://www.hiburdunia.com/2014/08/contoh-format-biodata-diri-dan-surat.html

      Jika kamu laki-laki, tulisan hamil/melahirkan dicoret saja

      Lihat contohnya di postingan terbaru diatas

      Hapus
  3. Min mau tanya pendaftaran thn 2014 ini untuk yg masih kelas 3 sma tidak bisa mendaftar yaa? Tolong balas ya min, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja tidak bisa.. kan syaratnya harus punya ijazah SMA..

      Kalo belum lulus kan gak mungkin punya ijazah

      Hapus
  4. min, apakan nanti kalau tes dipungun biaya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca ini http://www.hiburdunia.com/2014/05/hal-yang-harus-diketahui-sebelum.html

      Kemungkinan besar bayar seperti tahun lalu..
      Tpi sy belum tahu pasti.. nanti sy tanyakan dulu ke teman di BKD

      Hapus
  5. untuk biodata pada persyaratan administrasi ipdn, apakah harus membuat sendiri atw dari BKD tempat mendaftar?

    BalasHapus
  6. kak untuk surat pernyataan di tulis tangan atau di ketik kak ?

    BalasHapus
  7. Mau nanya kalu lulusan tahun 2010...tpi umurx 21 msih bisa gk

    BalasHapus
  8. min tau nggak berapa kuota untuk tahun ini dan tepatnya untuk dki jakarta berapa?

    BalasHapus
  9. Kalau ijazah paket c SMA bisa ga daftar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Al Faqir : wahh sy kurang tau klo yg paket c, seharusnya sih bisa,

      tapi semuanya kembali lagi kepada kebijakan tiap panitia seleksi daerah..

      Kamu coba aja, kali aja diterima

      Hapus
  10. mau nanya, pendaftaran untuk tahun 2015 jadwalnya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liat di postingan yg ini http://www.hiburdunia.com/2014/10/waktu-pendaftaran-sekolah-kedinasan.html

      Pendaftaran baru buka antara bulan juni sampai agustus.. pantau aja web resminya tahun depan di bulan tersebut

      Hapus
  11. Mau nanya, itu nilai minimalnya didapat dari apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nilai rata-rata UAS ditambah dengan Nilai rata-rata UN kemudian dibagi dua.

      Nilai rata-rata diperoleh dengan total nilai mata pelajaran UAS dibagi dengan jumlah mata pelajaran UAS

      Hapus
    2. Oiya, jumlah mata pelajaran uas yang mana yah, Yang 6 atau yang 13 ?

      Jumlah mata pelajaran UAS yang 6 (fisika, kimia, biologi, matematika, bhs indo, bahasa inggris) atau yang 13 (semua mapel di sekolah) ?

      Hapus
    3. Coba copy paste ini di browsermu..

      http://1.bp.blogspot.com/-ZOo9S-szUVo/Ubj4SUWscAI/AAAAAAAAC-w/wzp112vgXDo/s1600/Untitled.jpg

      Semoga bisa membantu

      Hapus
  12. mau tanya kalau lulusan SMK boleh gk?

    BalasHapus
  13. orang pakai behel bisa tidak masuk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya sebelum daftar behelnya dilepas aja

      Hapus
  14. kak ,, surat pernyataannya itu buat sendiri atau udah dapat dari BKD daerah ??
    trus kira"pendaftaran tahun ini bulan berapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat sendiri, tapi contoh formatnya ada, disediakan mereka.
      belum tahu kapan, mungkin juli atau agustus

      Hapus
  15. Klo bln 7 udah umur 21 apa masih bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu aja info tahun ini. jawabanya ada di pengumuman penerimaan ipdn 2015

      Hapus
  16. ikatan dinas ? penempatan kerja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ikatan dinas dan penempatan kerja

      Hapus
  17. Min pendaftaran baruny kapan untuk tahun 2015-2016.

    #trimakasih

    BalasHapus
  18. Kalau SMK jurusan teknik komputer dan jaringan bisa gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lulusan SMK jurusan apapun tidak bisa daftar

      Hapus
  19. kak kalau aku berkacamata apa itu dapat tandanya saya tak bisa mendaftarkan diri ??

    BalasHapus
  20. Bukan Nya pendaftaran bulan mei yaa kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. normalnya sih juni atau juli.. tapi tahun lalu diundur..
      kita sama2 tunggu aja yah

      Hapus
  21. kak, hasil rata2 ijazah dihasilkan dari penghitungan yg bagaimana ya kak?
    kalo rata2 yang tertera pada ijazah nilai akhir rata2nya kan hasil dari 40% UAS dan 60% UN, apakah nilai akhir rata2 tersebut yg digunakan? mksh kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita tunggu aja pengumuman resminya.. nanti ada petunjuknya koq.

      takutnya cara penghitungannya berubah..
      karna mereka mengikuti format ijazah

      Hapus
  22. Kak maksud Dari usia seleksi tgl 1 desember maksimal 21 berarti kalau udah umur 21 gimanakak ?

    BalasHapus
  23. kak,test kesemaftaan itu apa?

    BalasHapus
  24. kak,test kesemaftaan itu apa?

    BalasHapus
  25. Kak kalo tinggi dari 158cm brt 77kg bisa masuk gak ya?

    BalasHapus
  26. permisi saya mau tanya. kan saya msh ada gigi susu yg bisa dibilang berlubaang, dan saya ingin cabut, apa bisa lulus tes kesehatan bila gigi tetapnya belum tumbuh? terimakasih.

    BalasHapus
  27. kk aku mau ke akademi ilmu pemerintahan saja ..

    BalasHapus

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2017/2018