TERBARU : PENDAFTARAN SEKOLAH KEDINASAN TAHUN 2018/2019 - BATAS AKHIR PENDAFTARAN :            Penerimaan Calon Tamtama TNI AL Tahun 2018 : 24 November 2017 s.d. 7 Januari 2018
Home » , » Penerimaan Taruna AKMIL Tahun 2015/2016

Penerimaan Taruna AKMIL Tahun 2015/2016

Penerimaan Calon Taruna Akademi Militer (AKMIL) Tahun Akademik 2015/2016. AKMIL akan segera membuka penerimaan calon taruna untuk tahun akademik. Pendaftaran dilakukan secara online melalui rekrutmen-tni.mil.id mulai tanggal 15 maret - 8 mei 2015. Penerimaan tersebut gratis, jadi selama penerimaan calon tidak dipungut biaya apapun. Berikut ini adalah beberapa informasi penting terkait Penerimaan Calon Taruna AKMIL tahun 2015/2016.


Waktu Pendaftaran

  • Pendaftaran online di rekrutmen-tni.mil.id 
  • pembukaan tanggal 15 Maret - 8 Mei 2015
  • Selama Proses penerimaan, calon tidak dipungut biaya apapun (gratis)

Pendaftaran Terbaru

Syarat Pendaftaran

  1. Warga negara Republik Indonesia Pria dan wanita, (bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri dan PNS)
  2. Berusia sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan Dikma
  3. Sehat jasmani dan rohani dan tidak sedang kehilangan hak untuk menjadi prajurit
  4. Berijazah SMA/MA jurusan IPA dengan ketentuan nilai UAN sebagai berikut :
    • Lulusan tahun 2010 nilai akhir rata-rata IPA minimal 6,5 dan diperbolehkan 1 mata pelajaran nilai dibawah 6 dengan batas bawah 5,4 didalam kolom UN
    • Lulusan tahun 2011 nilai akhir rata-rata IPA minimal 7 dan tidak ada mata pelajaran dibawah 6 didalam kolom Nilai Akhir
    • Lulusan tahun 2012 nilai akhir rata-rata IPA minimal 7,25 dan tidak ada nilai Mata pelajaran dibawah 6 didalam kolom NA
    • Lulusan tahun 2013 nilai akhir rata-rata IPA minimal 6,87
    • Lulusan tahun 2014 nilai akhir rata-rata IPA minimal 6,25
    • Lulusan tahun 2015 ditentukan setelah hasil UAN selesai
  5. Berijasah SMK tahun 2015 jurusan :
    • Jurusan Teknik penerbangan
    • Jurusan teknik mesin
    • Teknik elektro
    • Teknik perkapalan
    • dengan nilai ditentukan setelah hasil UAN selesai
  6. Tinggi badan calon sekurang-kurangnya 165 cm dan untuk pria dan 160 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang
  7. Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama Dikma
  8. Harus ada persetujuan/ijin dari orang tua/wali
  9. Bersedia menjalani ikatan dinas pertama (IDP) 10 tahun terhitung saat dilantik menjadi letnan dua
  10. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah negara kesatuan RI

Cara Mendaftar

  1. Calon mendaftar secara online melalui internet dengan website : rekrutmen-tni.mil.id dan mengisi formulir pendaftaran
  2. daftar ulang secara fisik ke tempat pendaftaran yang telah ditentukan dengan menunjukkan cetakan formulir pendaftaran
  3. membawa dokumen asli :
    • Surat Pendaftaran
    • Akte Kelahiran
    • KTP Calon
    • KTP Orang tua/Wali
    • Kartu keluarga
    • Ijazah & SKHUN SD, SLTP, SLTA Sederajat
    • Pas Photo hitam putih 4x6 sebanyak 20 Lembar
  4. Membawa :
    • Raport SMA/MA/SMK sederajat,
    • Daftar Riwayat Hidup
    • SKCK
    • Surat Lamaran menjadi prajurit tulis tangan,tinta biru, dan bermaterai
    • Surat keterangan peserta UN bagi yang masih kelas XII
  5. Bagi yang pindah Domisili membawa surat keterangan pindah domisili dari kelurahan/kecamatan
  6. Masing-masing difotocopy satu lembar dan dilegalisir

Materi Seleksi

  1. Administrasi
  2. Psikologi
  3. Kesamaptaan Jasmani (Kesegaran Jasmani, Renang, dan Postur)
  4. Mental Ideologi
  5. Kesehatan
  6. Akademik

Tempat Pendaftaran

Baca Juga !

Info Terbaru

Ditulis Oleh : Muhammad Arif Ahsan

Info Penerimaan Taruna AKMIL Tahun 2015/2016 ini dibagikan oleh Muhammad Arif Ahsan pada 24 Februari 2015. Arif adalah alumni STAN wisuda tahun 2011, saat ini bekerja sebagai PNS di Kementerian Keuangan, apabila ada kritik atau saran silahkan sampaikan secara langsung melalui BBm (Pin D433858D), LINE (@kedinasan.com), atau EMAIL (muharifahsan@gmail.com).

81 komentar:

  1. kartu keluarganya gk harus yg asli kan kak/min

    #terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus asli.. itu cuma mau diperlihatkan.. mereka tidak akan mengambilnya

      Hapus
    2. siapin juga yang fotokopian buat jaga2

      Hapus
    3. Apakah dengan ijazah kejar paket C bisa juga daftar anggota militer/taruna akmil ?

      Hapus
    4. Contoh surat lamarannya gimana yah min?

      Hapus
  2. Bapak/ibu kalau soal gigi yg tidak rapi , tidak ada gigi yg bolong sama sekali , apakah itu mempengaruhi penilaian ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurutku sih tidak akan mempengaruhi.

      Hapus
  3. fotokopiannya perlu dilegalisir ga ya?

    BalasHapus
  4. membawa dokumen asli :

    Surat Pendaftaran? ini surat pendaftaran ny dri kantor ny atau formulir prndftranny itu d foto kopy

    #terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah mengisi formulir registrasi online.. hasilnya dicetak

      Hapus
  5. bapak/ibu admin apakah ini berlaku untuk alumni/tamatan SMK tahun ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, tpi hanya untuk beberapa jurusan

      Hapus
  6. bgi teman yg mencalon, klen ad gk yg bisa daftar tni ad secara online? aku da brulang x mencoba gk bisa2 ti klok angkatan lain bisa ku daftar

    BalasHapus
    Balasan
    1. konsultasikan ke panitianya aja

      Hapus
    2. mata minus boleh tidak kak?

      Hapus
    3. kyk nya klo minus ngk boleh

      Hapus
  7. Gan tolong share format surat lamaran dan daftar riwayat hidup dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. googling aja.. contoh formatnya banyak koq

      Hapus
  8. bng knapa gk bisa lg d buka pendaftran ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sma jurusan ips bisa gak gan ?

      Hapus
    2. Sma jurusan ips bisa gak gan ?

      Hapus
  9. lulusa di bawah kementrian kelautan dan perikanan bisa gak kakk.

    BalasHapus
  10. kak format daftr riwayat hidup ny, yg biasa itu ny kan

    BalasHapus
  11. Kalo masih SMA gimana ngisi nilai akhirnya kak? Makasih..

    BalasHapus
  12. mau nanyak kak.?
    kalau tamatan smk tahun 2014 jurusan mesin bisa daftar qak?

    BalasHapus
  13. min kalo skrng msh kelas 12 dan blm mendapat ijazah itu brrti tahun ini blm bsa dftr ya?

    BalasHapus
  14. siang bpk ibu ?
    bagaimana cara pendaftaran akabri secara online , jika bisa diberikan link nya ?
    terima kasih bapak ibu

    BalasHapus
  15. SMK jurusan otomotif bisa nggak? sementara di persyaratan yg smk jurusan teknik mesin, elektronik, perkapalan, dan penerbangan

    *mohon untuk dibalas

    BalasHapus
  16. Saya minta keterangan dong. Untuk surat lamaran menjadi prajurit itu seperti apa? Dan untuk mendapatnyannya dmn?

    Trimakasih

    BalasHapus
  17. Maaf sebelumnya, punya kontak panitia yang bisa di hubungi tidak ? Ada beberapa hal yang perlu saya tanyakan. Seperti format penulisan surat lamaran menjadi prajurit, kemudian data yang perlu di legalisir itu apa saja ?
    Mohon bantuannya. terimakasih

    BalasHapus
  18. kak kalau skrng masih sempat gk

    BalasHapus
  19. Anak saya di smk jurusan RPL dan berminat sekali masuk akmil, bisa tidak ya...mohon penjelasannya.

    BalasHapus
  20. kalau jurusanya teknik komputer jaringan bisa gag om

    BalasHapus
  21. Kalo smk lulusan rpl bisa daftar akmil apa ngga ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rangkaian Perangkat Lunak, masuk dalam kelompok IT.

      Hapus
    2. bukan rangkaian perangkat lunak. yang benar itu rekayasa perangkat lunak

      Hapus
  22. Kalo SMK jurusannya pemetakan nggak bisa ya?

    BalasHapus
  23. ini namanya Diskriminasi buat anak IPS!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. memangnya dulu kamu milih IPS kenapa?

      Hapus
  24. Selamat sore, saya lulusan smk farmasi sekesal surabaya, atau sekolah kesehatan angkatan laut surabaya. Saya berminat untuk mendaftar di akmil tajun depan, apakah bisa mendaftar dg lulusan saya yg smk farmasi tetapi sekolahnya lingkup kobangdikal? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh itu sy masih belum tahu.. jika melihat dri syaratnya sih gak bisa..

      tpi untuk menjawab prtanyaanmu, sebaiknya kita tunggu aja syarat pendftran untuk tahun..

      kali aja jurusanmu dipertimbangkan

      Hapus
  25. Untuk smk jurusan multi media bisa gak Gan?

    BalasHapus
  26. Untuk smk jurusan multi media bisa gak Gan?

    BalasHapus
  27. SMA Jurusan Ips bisa gk gan?

    BalasHapus
  28. Ka kalau jurusan Teknik komputer jaringan dan Akutansi bisa gak ya ?

    BalasHapus
  29. Untuk jurusan teknik perkapalan apakah stlah lulus SMK bisa lngsung daftar/harus punya ijazah profesinya dlu?
    Mohon di jawab

    BalasHapus
  30. Kalau kaki ny agak leter o apa mempengaruhiA

    BalasHapus
  31. Rata2 nilai UN saya 6.3 apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lulusan tahun berapa? dan asal sekolah nya dari mana?

      Hapus
  32. Niali UN saya rata2 6.3 apa bisa?

    BalasHapus
  33. maaf kalo boleh tanya kalo saya lulusan SMK Teknik Kendaraan Ringan apa bisa ya ?

    BalasHapus
  34. Gan.. Mau nanya.. Itu untuk lulusan smk jurusan otomotif bisa dikategorika teknik mesin.. Dan saya sudah banyak baca persyaratan dari berbagai web dan sumber aslinya.. Bahwa smk di bisa daftar AAL..

    BalasHapus
  35. Yang lulusan 2016 apakah sama seperti tahun sebelumnya?

    BalasHapus
  36. Kalau umur 20 masih bisa ikut gak??

    BalasHapus
  37. Kalau umur 20 masih bisa ikut gak??

    BalasHapus
  38. Ijin bertanya minim pendaftaran usia 17 tahun 9 bulan kalo usia 17 tahun 3 bulan apakah bisa ikut pendaftaran?

    BalasHapus
  39. Ijin bertanya raport yang di bawa raport bukunya atau raport kertas?

    BalasHapus
  40. izin bertanya kak lulusan smk kehutanan dibawah kementrian lingkungan hidup dan kehutanan langsung lulusan tahun 2016 bisa gak kak tes masuk akmil??
    terima kasih

    BalasHapus
  41. Kapan ya akmil menerima lulusan jurusan ips.

    BalasHapus
  42. kalau mata minus bagaimana?

    BalasHapus
  43. kak klo umur 17 thn 4bulan bgmna ?katnya tmn"ku bisa

    BalasHapus
  44. Proses setelah penerimaan nanti pas pendidikanya bayar enggak ?

    BalasHapus
  45. Kalo IPS ga bisa yahh ?
    Saya pesantren, ada jurusan IPS doang

    BalasHapus
  46. gan kalau tinggi badan saya 165 itu dirata - ratakan gak ya waktu pengukurannya

    BalasHapus
  47. min mau tnya, saya kan lulusan smk mesin nihh,waktu saya daftar diweb resminya bisa. tapi waktu sayadaftar di ajendamnya kok untuk smk tidak bisa ya ? mohon penjelasanya min

    BalasHapus
  48. min mau tnya, saya kan lulusan smk mesin nihh,waktu saya daftar diweb resminya bisa. tapi waktu sayadaftar di ajendamnya kok untuk smk tidak bisa ya ? mohon penjelasanya min

    BalasHapus
  49. Min izin tanya smk kesehatan gabisa masuk akmil??

    BalasHapus
  50. SMK jurusan mekatronika ( mekanik elektronika ) bisa nggak ?

    BalasHapus
  51. Smk jurusan listrik bisa gak ?

    BalasHapus
  52. Smk jurusan listrik bisa gak ?

    BalasHapus
  53. Kalau smk Multimedia bisa tidak ???

    BalasHapus
  54. gan mau nanyak kalo smk jurusan multimedia bisa atau tidak .???? mohon balasanya

    BalasHapus

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2017/2018