TERBARU : PENDAFTARAN SEKOLAH KEDINASAN TAHUN 2018/2019 - BATAS AKHIR PENDAFTARAN :            Penerimaan Calon Tamtama TNI AL Tahun 2018 : 24 November 2017 s.d. 7 Januari 2018
Home » , » PMB STEM Akamigas Tahun 2015/2016

PMB STEM Akamigas Tahun 2015/2016

[RESMI] Penerimaan Mahasiswa Baru Umum Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM Akamigas) Tahun Akademik 2015/2016. Badan Pendidikan dan Pelatihan Energi dan Sumber Daya Mineral yang berada dibawah naungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah mengumumkan akan menerima mahasiswa baru tahun 2015. Hal tersebut diumumkan melalui surat edaran Nomor:11.Ed./69.02/BDA/2014.

Penerimaan tersebut terbuka bagi putra/putri terbaik indonesia yang dibagi menjadi tiga jalur, yaitu pertama penerimaan untuk masyarakat umum, kedua untuk instansi/industri/perusahaan, dan yang ketiga untuk PEMDA/pegawai negeri sipil. Pada postingan kali ini saya hanya membahas mengenai penerimaan mahasiswa baru untuk masyarakat umum. Jika anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai kedua jalur yang lain, silahkan kunjungi website STEM Akamigas di www.akamigas.ac.id. Berikut ini adalah beberapa informasi penting terkait PMB STEM Akamigas Tahun 2015/2016. 

Program Studi

Program studi yang dibuka :
  1. Teknik Produksi Minyak dan Gas
  2. Teknik Pengolahan Minyak dan Gas
  3. Teknik Instrumentasi Kilang
  4. Teknik Mesin Kilang
  5. Logistik Minyak dan Gas.

Syarat Pendaftaran

Persyaratan dan Ketentuan Administrasi :
  1. Persyaratan Pendidikan : Pendidikan akhir SLTA (SMU/MA IPA dan SMK Teknik)
  2. Tahun Kelulusan : Tahun Ajaran 2013/2014 s/d Tahun Ajaran 2014/2015 (Lulus tahun 2014 dan 2015)
  3. Status : Belum Menikah
  4. Nilai UAN :
    • Bahasa Inggris minimal 7,00 dan Matematika minimal 7,00 untuk tahun kelulusan 2013/2014 dan 2014/2015,
    • Untuk Tahun Kelulusan 2014/2015 yang belum keluar nilai UAN maka menggunakan Nilai Raport Bahasa Inggris dan Matematika semester I s/d semester IV Minimal 7,5 
  5. Pendaftaran dilakukan secara on line akan diinfokan lebih lanjut pada website http://www.akamigas-stem.esdm.go.id
Pendaftaran Terbaru

Materi Ujian Seleksi

  • Tes Potensi Akademik
  • Matematika
  • Bahasa Inggris 
  • Fisika.

Biaya

  • Biaya pendaftaran : Biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,00 (Dua ratus ribu rupiah)
  • Biaya Pendidikan : Biaya pendidikan sebesar Rp 27.000.000,00 (Dua puluh tujuh juta rupiah) per semester yaitu untuk :
    1. Biaya Asrama (Board dan Lodging)
    2. Biaya Perkuliahan
    3. Biaya Praktik dan Praktikum
    4. Biaya perlengkapan kuliah
    5. Biaya Seragam Kuliah, Praktik dan Olahraga
    6. Biaya Pengobatan Ringan

Alamat

Alamat : Sekretariat Panitia Penerimaan mahasiswa STEM Akamigas Cepu
Kampus STEM Akamigas
Jl. Gajah Mada No. 38 Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.
Tlp. : (0296) 422356
Fax. : (0296) 425939

Contact Person 

Dilayani pada jam kerja (pukul 08.00 – 16.00 WIB) :
  1. Dra. BM. Noenoek Februati, MPd. Telp. (0296) 421897 & HP. 081321863885
  2. Pujiati, S.E. HP. 081220148833
  3. Budi Sulistyo Nugroho S.T. HP. 08982321712

Jadwal Pendaftaran

  • Tahap Sosialisasi (edaran) tanggal 2 Februari- 30 April 2015
  • Pendaftaran tanggal 27 april - 15 Mei 2015
  • Pelaksanaan Test Tanggal 4 Juni 2015
  • Pengumuman hasil test 22-26 Juni 2015
  • Daftar Ulang tanggal 22 Juni -10 Juli 2015
  • Kedatangan calon tanggal 7-8 agustus 2015
  • Pembukaan STEM Akamigas TA 2015/2016 tanggal 10 agustus 2015

Baca Juga !

Info Terbaru

Ditulis Oleh : Muhammad Arif Ahsan

Info PMB STEM Akamigas Tahun 2015/2016 ini dibagikan oleh Muhammad Arif Ahsan pada 15 Februari 2015. Arif adalah alumni STAN wisuda tahun 2011, saat ini bekerja sebagai PNS di Kementerian Keuangan, apabila ada kritik atau saran silahkan sampaikan secara langsung melalui BBm (Pin D433858D), LINE (@kedinasan.com), atau EMAIL (muharifahsan@gmail.com).

53 komentar:

  1. ini sekolahnya berapa tahun?
    apakah setelah lulu langsung ada ikatan kerja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mereka punya program DIV (diploma IV) kuliahnya 4 tahun.
      setelah lulus tidak ada ikatan kerja

      Hapus
  2. kak apakah di STEM ini ada beasiswa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biaanya yg ngasi bea siswa itu instansi/industri/perusahaan.. untuk jalur seperti itu coba baca di web resmi mereka..

      kalo jalur reguler tanpa sponsor.. tidak ada bea siswa

      Hapus
  3. Kak, tempat seleksi ujian tertulis nya dimana tahun ini ? Makasih

    BalasHapus
  4. rekomendasi buku buat akamigas dong kak ?

    BalasHapus
  5. itu serius min Biaya pendidikan sebesar Rp 27.000.000,00 (Dua puluh tujuh juta rupiah) per semester..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang sperti itu..
      tpi setelah kerja di perusahaan migas.. gajinya jauh lebih besar dri itu

      Hapus
  6. bgmana peluang kerja alumninya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. peluangnya besar.. tpi tetep aja harus ikut tes cpns secara umum.

      Hapus
  7. kalo di itung" 4 tahun = 8 semester..
    8 x 27 = 216.000.000

    BalasHapus
  8. ka pendaftaran online akamigas cepu ko ga ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. linknya sih ini http://www.akamigas-stem.esdm.go.id
      tpi blum bisa diakses

      Hapus
  9. Kak jurusan IPS bisa ga masuk Akamigas

    BalasHapus
  10. Min, untuk uang masuk pertamanya berapa? Atau hanya cukup bayar 27 juta dari awal per semester?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, ditambah biaya pendftran 200 ribu.

      Hapus
  11. wahh tesnya langsung dtang ke jateng ya?

    BalasHapus
  12. apakah tidak bisa di cicil yang 27 juta itu???

    BalasHapus
  13. Kak, lulusan perminyakan PTN dengan lulusan STEM, peluang kerjanya lebih bagus mana?

    BalasHapus
  14. kak bedanya jalur aparatur, jalur umum sama jalur untuk industri dan KESDEM itu apa? trus perbedaanya terletak dimananya? terima kasih

    BalasHapus
  15. Ka, salah satu persyaratannya memakai nilai UN? kalo nila Raport?

    BalasHapus
  16. Min, STEM syarat pendaftarannya apa aja?

    BalasHapus
  17. ne sbg mahasiswa stem akamigas mau coba jelasin

    Benar stem membuka penerimaan mahasiswa baru jalut umum utk th 2015/16 .
    Stem adalah sekolah tinggi kedinasan dibawah kementrian esdm. Stem sendiri baru membuka mahasiswa lewat jalur umum th 2012 . Sebelumnya hanya dari pemda dan perusahaan yg mengirimkan pekerjanya utk pendidikan di stem akamigas.
    Peluang kerja di stem sangat bagus dan rekomended, karena dipercaya oleh beberapa perusahaan migas nasional dan international , pekerja mereka dididik di stem. Contoh pertamina, bp migas, chevron, pgn dll.
    Utk biaya memamng 27jt/semester, tp itu cukup bayar persemester aja tanpa ada uang awal, biaya aslinya 45jt/semester tp sudah di subsidi pemerindath menjadi 27 jt.
    Fasilitas yg didapat :
    - biaya kuliah
    - asrama (makan, kamar ac, kamer mandi shower, tempat ibadah, sarana olahraga lengkap, fitness center
    - biaya praktek udh ditanggyng
    - pakaian kuliah, olahraga, praktek
    - kedisiplinan
    Intinya dgn uang segitu, tak terlalu rugi dgn fasilitas dan kesempatan karir yg besar
    Tenpat tea biasanya. Palembang, jakarta, balikpapan

    BalasHapus
  18. Kak kok pengisian data saya selalu bilang gagal ya padahal batas pendaftaran katanya 15 Mei ?

    BalasHapus
  19. kak, kenapa gak bisa daftar online di link yang kakak buat ?

    BalasHapus
  20. Kak itu nilai nya persemester musti >75 atau rata2 semua semester >75 ? Mohon di balas ya kakak

    BalasHapus
  21. kenapa pendaftaran gagal terus ya bang?

    BalasHapus
  22. Kak tau kisi kisi soal usm stem? Mohon bantuan nya kakak lagi butuh banget buat tes usm tahun ini

    BalasHapus
  23. ada info kalo ada jg yg dibiayai dari instansi spt pertamina, jd mhsnya gratis bahkan ada uang saku. apa betul? moho info. kalo memang ada gmn caranya tuk masuk lewt jalur ini?

    BalasHapus
  24. maaf sebelumnya mau tanya nih, jadi kalo misal sudah tamat dari stem itu kita harus tes cpns dulu ya? Gak langsung kerja ? Soalnya kan katanya ikatan dinas itu sudah lulus itu pasti kerja , nah terus kan katanya minimal nilai 7.5 , tapi sekolah saya menggunakan kurikulum 2013 jadi sistem nilai nya itu berbeda kami seperti ipk nilainya paling tinggi 4 jadi gimana mau nentuin nilai minimal nya kalo saya pake kurikulum 2013? Mohon balasannya

    BalasHapus
  25. kak, apakah jurusan ips bisa masuk? ada pelajaran kimianya menurut k2013

    BalasHapus
  26. Kak nilai rapor b.ingg ku waktu kls 10 ada yg 7 itu ada kemungkinan masuk STEM gk ??

    BalasHapus
  27. kalo jurusan IPS bisa masuk ga bang?

    BalasHapus
  28. katanya akamigas itu salah satu sekolah tinggi yang memberikan beasiswa penuh, kenapa masih ada biaya pendidkan yang mahal kyk gitu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dikenakan biaya jika masuk lewat jalur umum sebagai lulusan baru tahun itu, dikatakan diberi beasiswa penuh jika orang itu sekolah di STEM tugas dari perusahaannya. Cek web Akamigas untuk info lebih lanjut

      Hapus
  29. kalau misalnya dari smk jurusan komputer jaringan, bisa masuk ngga ya?

    BalasHapus
  30. kak desember masih buka ??

    BalasHapus
  31. kak pendaftaran stem akamigas tahun ini,kapan ya kak?atau bulan apa? info nya dong, buat persiapan

    BalasHapus
  32. Lulusannya itu kerjanya bisa dimana saja kak? Tolong minta info lebih jelasnya

    BalasHapus
  33. Lulusannya itu kerjanya bisa dimana saja kak? Tolong minta info lebih jelasnya

    BalasHapus
  34. Kak permisi, biaa bagi link kisi-kisi tes stem akamigas cepu 2016/2017?

    BalasHapus
  35. Kak katanya anak ips bisa masuk stem akamigas di program logistik,itu bener nggak kak?butuh kepastian nih kak

    BalasHapus
  36. Kak tes akamigas jakarta lebih tepatnya dmn ya?

    BalasHapus
  37. Kak tes akamigas jakarta lebih tepatnya dmn ya?

    BalasHapus
  38. Kakak mohon bertanya maaf apabila mengganggu, apabila setelah lulus dari akamigas nanti menjamin mendapàt kerja meski tidak ada ikatan kerja ... terima kasih kak sebelumnya ...

    BalasHapus
  39. Kakak mohon bertanya maaf apabila mengganggu, apabila setelah lulus dari akamigas nanti menjamin mendapàt kerja meski tidak ada ikatan kerja ... terima kasih kak sebelumnya ...

    BalasHapus

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2017/2018