Home » , » SIPENCANTAR STPI Tahun 2015/2016

SIPENCANTAR STPI Tahun 2015/2016

Seleksi Penerimaan Calon Taruna Baru Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Tahun Akademik 2015/2016. STPI Curug melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan membuka kesempatan bagi putra dan putri terbaik Bangsa Indonesia untuk dididik menjadi SDM yang profesional dalam dunia Transportasi yang diakui secara nasional maupun internasional. Pendaftaran tersebut dimulai tanggal 30 Maret s.d. 1 Juni 2015 dan Tes Potensi Akademik dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2015. Berikut ini adalah beberapa informasi penting terkait SIPENCANTAR STPI Curug Tahun akademik 2015/2016.

Syarat Pendaftaran

  1. Warga Negara Indonesia, Usia maksimum 23 tahun pada bulan September 2015;
  2. Jenis kelamin : Pria atau Wanita, khusus untuk Program Studi PKP-PK: Pria
  3. Belum menikah dan sangup tidak menikah selama masa pendidikan dibuktikan dengan surat pernyataan;
  4. Sehat jasmani dan Rohani, bebas narkoba, tidak cacat tubuh, tidak berkaca mata (tanpa alat bantu penglihatan), tidak memakai kawat gigi dan tidak buta warna.
  5. Memiliki tinggi badan minimum Pria 160 cm dan Wanita 155 cm, khusus untuk Program Penerbang minimal Pria 167 cm dan Wanita 160 cm, dan Program PKP-PK minimal 165 cm.
  6. Sanggup mentaati dan mematuhi semua peraturan yang berlaku selama dalam pendidikan
Pendaftaran Terbaru
Syarat Khusus Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug:
  1. D.III TPU (Teknik Pesawat Udara)

    • SMU/MA IPA dan
    • SMK Jurusan Teknik mesin, Teknik Listrik, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Penerbangan dan Telekomunikasi
  2. D.III TLB (Teknik Listrik Bandara)

    • SMU/MA IPA dan
    • SMK Jurusan Keteknikan dan Penerbangan
  3. D.III TBL (Teknik Bangunan dan Landasan)

    • SMU/MA IPA dan
    • SMK Jurusan Keteknikan dan Penerbangan
  4. D.III TMB (Teknik Mekanikal Bandara)

    • SMU/MA IPA dan
    • SMK Jurusan Keteknikan dan Penerbangan
  5. D.III LLU (Lalu Lintas Udara)

    • SMU/MA (IPA/IPS) dan
    • SMK Jurusan Teknik mesin, Teknik Listrik, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Penerbangan dan Telekomunikasi
  6. D.III KP (Komunikasi Penerbangan)

    • SMU/MA (IPA/IPS) dan
    • SMK Jurusan Teknik mesin, Teknik Listrik, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Penerbangan dan Telekomunikasi
  7. D.III PA (Penerangan Aeronautika)

    • SMU/MA (IPA/IPS) dan
    • SMK Jurusan Teknik mesin, Teknik Listrik, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Penerbangan dan Telekomunikasi
  8. D.III PKP-PK (Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran)

    • SMU/MA IPA dan
    • SMK Jurusan Teknik mesin, Teknik Listrik, Teknik Otomotif, dan Teknik Elektronika
  9. D.III OBU (Operasi Bandar Udara)

    • SMU/MA (IPA/IPS) dan
    • SMK Jurusan Teknik mesin, Teknik Listrik, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Penerbangan, TeknikKomputer/Informatka dan Telekomunikasi

Tata Cara Pendaftaran

Peserta datang sendiri ke Lokasi Pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan atau dapat diakses ke Website Institusi Pendidikan dan Pelatihan Perhubungan masing-masing;
  1. Mengisi Form Pendaftaran Online di http://sipencatar.stpicurug.ac.id/
  2. Pembayaran uang pendaftaran melalui Bank BNI No. Rekening 0019697465 a.n. Bendahara Penerimaan SPPL STPI
  3. Upload Tanda Bukti Penerimaan, Login pada web http://sipencatar.stpicurug.ac.id/ klik konfirmasi pembayaran
  4. Verifikasi bukti pembayaran oleh panitia SIPENCANTAR, Maksimal 2x24 jam
  5. Cetak Tanda peserta tes /Nomor seleksi, Login pada web http://sipencatar.stpicurug.ac.id/ klik cetak tanda peserta
  6. Tahapan Seleksi SIPENCANTAR, mengunakan sistem gugur

Jenis dan Tahapan Seleksi

  1. Seleksi Administrasi meliputi kelengkapan persyaratan administrasi;
  2. Seleksi Potensi Akademik;
  3. Seleksi Kesehatan, Kesamaptaan, Psikotes, dan Wawancara dilaksanakan di masing-masing lokasi pendaftaran berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.

Jadwal Seleksi

Tahapan Seleksi Penerimaan Taruna Penerbang STPI menggunakan sistem GUGUR, yang terdiri atas 2 tahapan seleksi, yaitu : Tahap I (Seleksi/Tes TPA), Tahap II (Seleksi Psikotes, Kesamaptaan, Wawancara dan Kesehatan), dengan rencana jadwal sebagai berikut :
  1. Pendaftaran (30 Maret s/d 1 Juni 2015)
  2. Tes Potensi akademik (16 Juni 2015)
  3. Tes Kesehatan, Kesamaptaan, Psikotest, dan Wawancara (2 s/d 15 Juli 2015)
  4. Pengumuman Kelulusan (5 Agustus 2015)

Biaya Pendaftaran

  1. Membayar Biaya Pendaftaran dan Biaya Tes Potensi Akademik (TPA) sebesar Rp. 450.000,- (biaya pendaftaran Rp. 150.000,- dan Biaya TPA Rp. 300.000,-).
  2. Biaya seleksi disetor tunai (tidak melalui ATM, Internet Banking, SMS Banking, Mobile Banking) melalui rekening Bank BNI Kantor Cabang Tangerang atas nama BENDAHARA PENERIMAAN SPPL SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN INDONESIA Nomor 0019697465, dengan Mencantumkan Nama, Nomor Pendaftaran dan Program Studi Pilihan Pada Kolom Berita.
  3. Pembayaran dilakukan setelah terlebih dahulu mengisi form Pendaftaran Online dibuktikan dengan Keluarnya Nomer Pendaftaran.

Lain-lain

  1. Tidak diadakan surat menyurat antara peserta seleksi dengan Panitia Seleksi Penerimaan Calon Taruna Pendidikan dan Pelatihan Perhubungan;
  2. Hasil Seleksi Akademik dan Pantukhir akan diumumkan pada website Kementerian Perhubungan (www.dephub.go.id), BPSDMP (bpsdm.dephub.go.id) dan lokasi pendaftaran;
  3. Uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali bila sudah disetorkan.

Baca Juga !

Info Terbaru

Ditulis Oleh : Muhammad Arif Ahsan

Info SIPENCANTAR STPI Tahun 2015/2016 ini dibagikan oleh Muhammad Arif Ahsan pada 13 Maret 2015. Arif adalah alumni STAN wisuda tahun 2011, saat ini bekerja sebagai PNS di Kementerian Keuangan, apabila ada kritik atau saran silahkan sampaikan secara langsung melalui BBm (Pin D433858D), LINE (@kedinasan.com), atau EMAIL (muharifahsan@gmail.com).

50 komentar:

  1. MIN kagak ada ya tempat pendaftran di Palembang, Sumatera Selatan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba download pengumuman dari bpsdm dephub..

      Hapus
  2. bukanya taun ini gada penerbang ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di pengumuman yg dikeluarkan bpsdm dephub, ada D2 penerbang

      Hapus
    2. mas maksud ny D2 penerbangan

      Hapus
  3. jurusan OPU ga buka min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di pengumuman yg dikeluarkan bpsdm dephub, OPU gak ada.

      Hapus
  4. tahun ini ada penerbang gak sih gan?? denger" gak ada??

    BalasHapus
    Balasan
    1. di pengumuman yg dikeluarkan bpsdm dephub, ada D2 penerbang

      Hapus
  5. Min klo buat jurusan tkj bisa ngga daftar jdi pilot? Aku kepengen bgt jdi pilot min, saya lokasi nya di palembang

    BalasHapus
  6. bisa minta link downloadnya min??

    BalasHapus
  7. berapa biaya pendidikan teknik pesawat udara ? dan teknik (Teknik Bangunan dan Landasan)?

    BalasHapus
  8. mau nanyak, agan tau nggak tes akademik nya apa aja

    BalasHapus
  9. Mau tanya ini kedinasan apa gak?

    BalasHapus
  10. Mau tanya ini kedinasan apa gak?

    BalasHapus
  11. cuman bantu jawab :
    Nurul Herwinda : STPI termasuk kedinasan juga

    BalasHapus
  12. Kak mau tanya, D II penerbang itu bedanya apa dengan jurusan penerbang yg lain? Soalnya ada yg bilang penerbang gak dibuka tahun ini..tolong dijawab ya kak

    BalasHapus
  13. boleh ga kalo pake kacamata?

    BalasHapus
  14. Min di bpsdm dephub kok ngga ada penerbang ya? Itu yg D2 penerbang beneran ada?

    BalasHapus
  15. min. ini pendaftaran awal (administrasi) nya langsung di dishub provinsi ? langsung datatang ke tempat pendaftaran ? nggak ada online nya ?
    tolong min :))

    BalasHapus
  16. STPI untuk jurusan D2 penerbang sudah positif tidak membuka pendaftaran untuk tahun ini gan

    BalasHapus
  17. Di web resmi STPI ko belum ada pengumuman buka pndftaran taruna baru ya ?
    ReplyDelete

    BalasHapus
  18. kira kira tahun depan STPI Curug buka jurusan penerbang gak ya?

    BalasHapus
  19. min g mn mau daftar online ? link nya eror gitu ? tolong min untuk pendaftaran online thun 2015 2016 ? soal nya jauh mau daftar langsung ni posisi nya di bengkulu ? help ya min :)

    BalasHapus
  20. min data saya blum di verifikasi dah 6 hari nih
    minta solusi y donk min

    BalasHapus
  21. Min saya ips . Tetapi formulir pendaftaran nya harus mencantumkan nilai uan fisika , matematika , bahasa inggris . Di ijazah saya (ips ) kan gak ada nilai fisika . Itu gimana min ?

    BalasHapus
  22. min jadi itu gak usah pakai surat surat keterangan gitu min ?
    tinggal daftar online aja ???
    terimakasih

    BalasHapus
  23. MIn kenapa di STPI gak ada jurusan penerbangan

    BalasHapus
  24. Perrsyaratan yg dibwa pas tes tahap 1 apa aja min?

    BalasHapus
  25. Tinggi badan saya gak cukup, jadi gak bisa ikut :(

    BalasHapus
  26. min itu pendaftran online bisa kan
    ane udah daftar soalnya, tinggal tes aja di curug

    BalasHapus
  27. Ngsi nmer ijzahnya gmna nih ? ane bru lulus jdi blum kluar ijzahnyaa

    BalasHapus
  28. bang ane kan dari smk, terus dipendaftaran online diminta nilai un fisika ? sedangkan smk ga ada un pelajaran fisika ? jadi gimna ya ?

    BalasHapus
  29. min mau nanya dong. aku kan sudah melakukan pendaftaran online ya. terus di keterangan jadwal seleksi ditulis 'pendaftaran' itu maksudnya gimana min?kita datang ke stpi curygnya? atau lewat online? YANG TAU BISA TOLONG JAWAB YAA:) Makasiih

    BalasHapus
  30. Min kalau mengenai test TPA lokasi test dilaksanakan sesuai tempat pendaftaran apa ada cabang wilayah lain seperti Bali dll?

    BalasHapus
  31. minta link pendaftaran donk

    BalasHapus
  32. Min pengumuman hasil tes tpa stpi curug kok blm keluar ya min ane deg deg kan nih min bismillah aja deh ya allah

    BalasHapus
  33. permisi saya mau tanya,kalau dari SMA jurusan IPS mengambil jurusan Penerbang dengan Program studi penerbang sayap tetap bisa apa enggak? terima kasih

    BalasHapus
  34. Min kalo smk jurusan dkv kira2 bisa jadi pilot ga ya ? Serius ini

    BalasHapus
  35. tanya, akademik penerbangan masih ada kan?

    BalasHapus
  36. tanya, akademik penerbangan masih ada kan?

    BalasHapus
  37. Min lulusan teknik jaringan komp bisa ga daftar di stpi, terimakasih

    BalasHapus
  38. min, itu yg Bagian Persyaratan Khusus itu ditujukan buat yang Teknik Penerbangannya aja ya? Kalo PENERBANGnya ga ada Persyaratan Khususnya kan? Makasih min

    BalasHapus
  39. Min, kalau tahun 2016 kpn pendaftaran nya min, biaya kuliah nya di biayai atau kita biayai sendiri min. Trmaksih

    BalasHapus
  40. pendaftaran online ny kpn min

    BalasHapus
  41. pendaftaran online ny kpn min

    BalasHapus
  42. Min cari info untuk program penerbang sayap tetap tahun 2016 buka . Gak saya liat di sipencatar gak ada tp itu infonya bisa gak berubah ??

    BalasHapus
  43. Min cari info untuk program penerbang sayap tetap tahun 2016 buka . Gak saya liat di sipencatar gak ada tp itu infonya bisa gak berubah ??

    BalasHapus

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2017/2018