Home » , » PTB STPN Jalur Umum Tahun 2015/2016

PTB STPN Jalur Umum Tahun 2015/2016

Penerimaan Taruna Baru Jalur Umum sekolah Tinggi Pertanahan Indonesia Tahun 2015/2016. STPN telah membuka penerimaan calon taruna tahun 2015. Penerimaan tersebut khusus untuk Program Diploma Satu (D1) Pengukuran Dan Pemetaan Kadastral. Informasi Selengkapnya silahkan lihat di http://ptb-stpn.ac.id/jalum/. Berikut ini adalah beberapa informasi penting terkait PTB STPN Jalur Umum Tahun 2015/2016.

Syarat Pendaftaran

  1. Lulusan SMA/SMU/Madrasah Aliyah Jurusan IPA atau Peminatan Matematika dan Ilmu Alam serta SMK/STM Jurusan Survey Pemetaan, atau Jurusan yang linier dengan Program Studi Pengukuran dan Pemetaan Kadastral.
  2. Usia maksimum 23 tahun pada tanggal 31 Agustus 2015.
  3. Nilai rata-rata mata pelajaran Matematika kelas X s.d. XII minimum 7,5 (tujuh koma lima).
  4. Tinggi badan minimum, Perempuan: 160 cm, Laki-laki: 165 cm. 

Jadwal Pendaftaran

  1. Pendaftaran Online Tanggal 01 Juni s.d. 19 Juni 2015
  2. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Tanggal 06 Juli 2015
  3. Ujian Tertulis  01 Agustus 2015
  4. Pengumuman ujian tertulis 14 Agustus 2015
  5. Ujian Kesehatan, Stereoskopis dan Wawancara 07 – 08 September 2015
  6. Ujian Fisik/Jasmani 09 September 2015
  7. Pengumuman akhir 11 September 2015
  8. Apabila ada perubahan jadwal akan diumumkan kemudian.
Pendaftaran Terbaru

Cara Pendaftaran

  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website www.stpn.ac.id atau www.ptb-stpn.ac.id.
  2. Calon Peserta Penerimaan Calon Taruna (PCT) STPN harus membaca dengan seksama Ketentuan umum, Syarat-syarat dan Alur Pendaftaran yang dimuat di halaman depan Aplikasi PCT STPN Online (www.ptb-stpn.ac.id).
  3. Calon Peserta Penerimaan Calon Taruna (PCT) STPN harus mempunyai akun email yahoo atau gmail.
  4. Calon Peserta PCT STPN mendaftarkan email ke Aplikasi PCT STPN Online.
  5. Calon Peserta akan mendapatkan pemberitahuan untuk membayar biaya pendaftaran PCT STPN melalui email yang sudah terdaftar.
  6. Calon Peserta PCT STPN membayar Biaya pendaftaran sebesar Rp.150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah). berdasarkan PP No.13 Tahun 2010 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis PNBP yang berlaku pada Lingkungan BPN RI dengan mencantumkan nomor tagihan.
  7. Pembayaran ditujukan kepada: BPn 030 STPN Yogyakarta, nomor rekening: 137-0076676671, Bank Mandiri Cabang Godean.
  8. Pembayaran hanya menggunakan Slip Setoran/Transfer melalui Teller Bank. Dalam Slip dicantumkan: PCT D-I PPK-STPN 2015, Nama Pendaftar dan Nomor Tagihan. Contoh Pengisian Slip dapat diunduh di sini.
  9. Bukti pembayaran discan atau difoto dan diupload ke Aplikasi PCT STPN Online (www.ptb-stpn.ac.id);
  10. Calon Peserta PCT STPN yang sudah mengunggah bukti pembayaran akan menerima pemberitahuan username dan password yang bisa digunakan untuk Login dan mengisi formulir pendaftaran.
  11. Calon Peserta PCT STPN mengisi dan mencetak formulir dengan ukuran kertas F4, surat pernyataan, dan label map pada Aplikasi PCT STPN Online.
  12. Pendaftar mengirimkan berkas pendaftaran melalui jasa pos atau jasa pengiriman/jasa kurir resmi lainnya kepada : Panitia PCT Program D-I PPK STPN Kotak Pos 1216  Yogyakarta 
  13.  Pada bagian luar Amplop berkas harus ditempel Label Map yang dicetak dari Aplikasi PCT STPN Online. 
  14. Berkas Pendaftaran harus masuk Kotak Pos 1216 Yogyakarta paling lambat Tanggal 26 Juni 2015 pukul 16:00 WIB.  
  15. Calon Pendaftar PCT STPN dapat memperoleh informasi tanggal penerimaan berkas oleh Panitia melalui Aplikasi PCT STPN Online (www.ptb-stpn.ac.id) dengan Login ke Aplikasi dan menggunakan menu  Status Berkas. 
  16. Berkas yang dikirim selain kepada alamat di atas (Kotak Pos 1216 Yogyakarta), tidak akan diproses. 
  17. Berkas pendaftaran terdiri dari:
    • Formulir Pendaftaran yang telah diisi lengkap.
    • Foto copy Ijazah/STTB/Surat Tanda Kelulusan, atau Surat Keterangan Lulus (bagi lulusan tahun 2015) yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan sebanyak 1 (satu) lembar.
    • Foto copy rapor dari kelas X s.d XII yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan sebanyak 1 (satu) lembar.
    • Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang warna merah, berdasi, ukuran 4 x 6 cm sebanyak 1 (satu)  lembar (harus sama dengan foto pada formulir pendaftaran).
    • Foto copy bukti setor biaya pendaftaran sebanyak 1 (satu) lembar (pada bukti setor tercantum nama pendaftar dan nomor pendaftaran).
    • Surat pernyataan mengisi data pada formulir dengan benar dan kesediaan menerima segala keputusan Panitia PCT Program DI PPK STPN 2015, termasuk hasil tes kesehatan dan pengukuran tinggi dan berat badan yang ditandatangani di atas meterai (Surat Pernyataan dicetak melalui aplikasi PCT Online.
  18. Seluruh isi berkas pendaftaran harus dapat terbaca dengan jelas dan tidak menimbulkan keraguan.
  19. Berkas pendaftaran yang telah diterima oleh Panitia dan Biaya pendaftaran yang telah disetorkan tidak dapat diminta kembali.
  20. Berkas yang dikirim harus lengkap, panitia tidak melayani berkas susulan.

Pelaksanaan Ujian


Ujian Penerimaan Calon Taruna Program Studi Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral terdiri dari:
  • Ujian Tertulis
  • Ujian Kesehatan
  • Ujian Stereoskopis
  • Ujian Wawancara
  • Ujian Fisik/Jasmani
  • Lokasi Ujian bertempat di STPN Yogyakarta.
  • Biaya Ujian Kesehatan dan Ujian Fisik/Jasmani dibebankan pada Peserta Ujian.

Pelaksanaan Pendidikan

  1. Pelaksanaan pendidikan akan diawali dengan kegiatan Pengenalan Program Studi dan Program Pendidikan, dilanjutkan perkuliahan yang akan dimulai pada bulan September 2015.
  2. Selama mengikuti pendidikan Taruna wajib tinggal di Asrama Taruna Bhumi STPN dan mentaati peraturan yang berlaku.

Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan sebesar Rp. 10.635.000,-. (Sepuluh juta enam ratus tiga puluh lima ribu rupiah).

Catatan

Taruna Program Studi D-I PPK STPN bukan Taruna Ikatan Dinas. Dengan demikian lulusan Program Studi dimaksud tidak secara otomatis diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil.


Tata Cara Regitrasi

  • Calon pendaftar harus mempunyai email. Apabila belum mempunyai email, maka harus membuat dahulu email yahoo atau email gmail di 
  • Ketentuan Penting yang harus diketahui terkait "time schedule" pendaftaran online :
    1. Pendaftaran Online : 01 Juni - 19 Juni 2015 
    2. Penutupan Pendaftaran Online (Pengisian Form) : 19 Juni 2015 
    3. Berkas paling lambat diterima melalui Kotak Pos 1216 tanggal 26 Juni 2015 jam 16.00 
  • Ketentuan Penting yang harus diketahui terkait besarnya biaya pendaftaran :
    1. Biaya pendaftaran Calon Taruna Baru Program D-I PPK STPN 2015 sebesar Rp. 150.000,- 
    2. Pembayaran Uang Pendaftaran ke kantor Kas Bank Mandiri dengan Nomor Rekening : Bendahara Penerimaan STPN Yogyakarta, dengan nomor Rekening : 137-00-7667667-1, Bank Mandiri Cabang Godean, Atas Nama BPN030STPN (dengan mencantumkan nomor tagihan dan nama pendaftar sebagai Penyetor) 
    3. Pembayaran dapat dilakukan dengan datang langsung ke Kantor Kas Bank Mandiri di seluruh cabang Indonesia Biaya yang telah disetor ke rekening Panitia tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun.
  • (Langkah Pertama) Klik pada Menu "Daftar Baru", anda diminta memasukkan email anda. Apabila belum punya email maka silahkan membuat email baru seperti pada Ketentuan Umum No.1. kemudian masukkan komposisi angka/huruf Captcha selanjutnya klik "OKE". 
  • Anda akan masuk pada pilihan jurusan. Pilihlah dengan cara di klik pada salah satu pilihan jurusan yang anda pilih. Yakinkan pilihan anda benar kemudian klik "OK"  
  • Anda akan diberitahu " Sukses, data anda Telah Masuk", kemudian klik "Kembali" 
  • (Silakan periksa kotak masuk email anda, atau periksa spam anda untuk meihat notifikasi/pemberitahuan tagihan uang pendaftaran yang harus anda bayarkan) 
  • (Langkah Kedua), Masuk pada Menu "Upload Bukti Pembayaran", anda diminta memasukkan email seperti saat "Daftar Baru" kemudian klik "Simpan", maka akan muncul jumlah nominal Tagihan pembayaran uang pendaftaran anda. Apabila anda sudah membayar, maka uploadlah bukti pembayaran anda dengan cara di Foto atau di Scan. Untuk mempercepat proses upload konvert hasil scan dari jpeg/jpg/png ke pdf. 
  • kemudian isilah menu dari Bank mana anda membayar pada "Tempat Pembayaran". Selanjutnya Uploadlah bukti pembayaran pada menu Upload bukti Pembayaran dengan memilih dimana anda menyimpan pada PC atau Fashdisk dari menu "Pilih File" kemudian klik "Simpan" 
  • Setelah anda upload bukti setor, maka akan muncul notifikasi/pemberitahuan tentang password anda yang akan tampil di layar monitor anda, dan juga akan di kirim ke email anda. Ceklah email anda pada kotak masuk atau pada kotak Spam. setelah anda catat password login anda maka klik menu "Kembali" 
  • (Langkah Ketiga), Masuk pada Menu "Login Pendaftar",Pada menu ini anda diminta memasukkan email anda saat "Daftar Baru" dan memasukkan password. Password diperoleh setelah anda mengupload Bukti pembayaran anda pada menu "Upload Bukti Pembayaran". kemudian memasukkan kombinasi angka/huruf Captcha dan klik "OK"  
  • Saat anda dapat Login, maka terdapat beberapa menu yang dapat anda lihat. menu pertama adalah Isi/Edit Formulir Pendaftaran. Pada menu ini anda diminta untuk mengisi biodata anda. silahkan isi dengan seksama, dan anda diminta untuk meng-upload foto terbaru anda (berwarna, latar belakang warna merah, mengenakan dasi) dan klik "Input" 
  • Anda diminta untuk mencetak Formulir Pendaftaran yang telah anda isi pada menu Cetak Form.  
  • Selanjutnya anda harus mencetak "Surat Pernyataan" dan "Label yang di tempel di STOP MAP" 
  • Setelah anda cetak Formulir pendaftaran, surat penyataan dan Label Stop Map, segera lengkapi berkas-berkas pendaftaran dan masukkan pada Stop Map (ketentuan warna Stop Map, adalah Biru) dan masukkan pada Amplop seukuran Stop Map dan kirimkan ke Panitia Penerimaan Calon Taruna Baru Program D-I PPK STPN 2015 Kotak Pos 1216 Yogyakarta. 
  • dan paling lambat diterima hari Minggu tanggal 27 Juni 2015 Cap Pos. 
  • Adapun Alamat Kampus adalah Jl. Tatabumi No. 5, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55293. Semua berkas harus dikirim dan tidak diantar langsung ke Panitia Penerimaan Calon Taruna Baru DI PPK STPN 2015 (Panitia tidak melayani penerimaan berkas secara langsung). 
  • Berkas yang dikirim meliputi:
    1. Slip Bukti Pembayaran (Fotokopi). 
    2. Hasil cetak formulir pendaftaran (harus ada barcode). 
    3. Fotokopi ijazah / STTB / Surat Keterangan Lulus dari Sekolah yang dilegalisir
    4. Pas Foto 4x6, berwarna dengan latar belakang warna merah, menggenakan dasi (3 lembar) 1 ditempel di formulir. 
    5. Surat Pernyataan hasil cetak Aplikasi PTB Online (bermaterai Rp.6000).) Foto copy Raport yang dilegalisir, Kelas X, XI dan XII. Lebih lengkapnya 
  • Ketentuan warna Stop Map yang berisi Formulir Pendaftaran dan Lampiran berkas-berkas yang dikirimkan adalah berwarna Biru. Pada sampul stop map harus ditempel hasil cetak Label Map yang ada barcodenya (hasil print Label StopMap diperoleh bila calon pendaftar telah login di menu Login Pendaftar). Untuk mempercepat proses verifikasi penerimaan berkas oleh Petugas, dianjurkan barcode dicetak dengan printer laser. 
  • Anda dapat memantau perjalanan Berkas yang anda kirim, tanggal berapa diterima oleh panitia, dengan cara anda harus login pada menu "Login Pendaftar".  
  • Setelah Login anda dapat melihat menu status Berkas "Apakah sudah diterima oleh panitia atau belum?". 
  • Apabila ada hal-hal yang kurang jelas atau adan mendapatkan kesuitan dalam menggunakan Aplikasi PTB Online, silahkan hubungi Panitia melalui Online Chat yang sudah disediakan di halaman ini 
  • Semua berkas pendaftaran yang telah dikirim menjadi milik panitia dan tidak bisa diambil kembali. 
  • Panitia tidak menerima susulan berkas

Baca Juga !

Info Terbaru

Ditulis Oleh : Muhammad Arif Ahsan

Info PTB STPN Jalur Umum Tahun 2015/2016 ini dibagikan oleh Muhammad Arif Ahsan pada 02 Juni 2015. Arif adalah alumni STAN wisuda tahun 2011, saat ini bekerja sebagai PNS di Kementerian Keuangan, apabila ada kritik atau saran silahkan sampaikan secara langsung melalui BBm (Pin D433858D), LINE (@kedinasan.com), atau EMAIL (muharifahsan@gmail.com).

17 komentar:

  1. bang, pendaftarannya cuman buat D I ya?

    BalasHapus
  2. BANG KLU D4 ITU DINAS EGK?

    BalasHapus
  3. BANG, KALO JURUSAN GAMBAR BANGUNAN BISA GAK MENDAFTAR ?

    BalasHapus
  4. Apakah tidak ada pendaftaran untuk D4 kak?

    BalasHapus
  5. bang kalau mendaftar sekarang masih bisa gk?

    BalasHapus
  6. ikatan dinas ngk ni min?
    apa cuma untuk diploma aja?
    maksh sblum nya

    BalasHapus
  7. Pengukuran tinggi badan kira2 tanggal berapa ya?

    BalasHapus
  8. dimana web pengumuman hasil seleksi administrasi untuk stpn jogja?

    BalasHapus
  9. Tes ujian tulis nya dijogja ya

    BalasHapus
  10. Apa anak smk jurusan akuntansi bisa mngikuti pendaftaran kak?

    BalasHapus
  11. Materi tes tulis stpn apa aja kak ?

    BalasHapus
  12. APA SAJA SIH MATERI TES STPN ?

    BalasHapus
  13. maaf yang dimaksud "Nilai rata-rata mata pelajaran Matematika kelas X s.d. XII minimum 7,5 (tujuh koma lima)." itu per semester atau rata-rata kelas X sampai dengan kelas XII ?

    BalasHapus
  14. Misalkan tingginya tidak memenuhi gak bisa ndaftar yah ?

    BalasHapus
  15. bang kalo jurusan TKJ bisa gk????

    BalasHapus

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2017/2018