Home » , » [RESMI] SNMPTN 2016 Telah Dibuka, Ini adalah Info yang Harus Diketahui

[RESMI] SNMPTN 2016 Telah Dibuka, Ini adalah Info yang Harus Diketahui

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2016. Panitia SNMPTN telah mengumumkan akan membuka pendaftaran tahun 2016 yaitu dimulai tanggal 18 Januari 2016. Berdasarkan informasi yang dikutip dari laman resmi SNMPTN 2016 www.snmptn.ac.id, mengatakan bahwa "penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil, akuntabel, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa serta tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi".

Logo SNMPTN 2016

"Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah pendidikan menengah menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan prestasi akademik. Siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui SNMPTN". Semoga dengan adanya pernyataan tersebut, harapan akan seleksi yang transparan dan tidak diskriminatif bisa terwujud. Sehingga siswa yang berprestasi dan punya tekad kuat melanjutkan pendidikan bisa mendapatkan haknya. Aamiin.

Berikut ini adalah informasi penting terkait SNMPTN Tahun 2016 yang harus kalian pahami sebelum melakukan registrasi. Silahkan baca baik-baik informasi yang dikutip dari laman resmi SNMPTN 2016 ini.

Logo Kementerian RISETEKDIKTITujuan

Tujuan SNMPTN adalah sebagai berikut:
  1. Memberikan kesempatan kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau Sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri yang memiliki prestasi unggul untuk memperoleh pendidikan tinggi,
  2. Memberikan peluang kepada PTN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi.

Ketentuan Umum

  1. SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik.
  2. Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa.
  3. Sekolah yang siswanya akan mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
  4. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa nasional (NISN), memiliki prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik, serta terdaftar di PDSS.
  5. Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN yang dipilih tentang ketentuan yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru.

Ketentuan Khusus

Persyaratan Sekolah

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:
  1. SMA/MA, SMK negeri maupun swasta, (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN.
  2. Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.

Persyaratan Siswa Pendaftar

Pendaftaran SNMPTN Siswa SMA/MA, SMK kelas terakhir pada tahun 2016 yang:
  1. Memiliki prestasi unggul yaitu: calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    • akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya;
    • akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya;
    • akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya;
    • akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya.
  2. Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,
  3. Memiliki nilai rapor semester satu sampai semester lima (bagi siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester satu sampai semester tujuh (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  4. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan).

Penerimaan di PTN

Peserta diterima di PTN, jika:
  1. lulus satuan pendidikan;
  2. lulus SNMPTN 2016; dan
  3. lulus verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.


(Selanjutnya) Baca tata cara mengikuti SNMPTN 2016

(Selanjutnya) Baca Jadwal, Biaya Seleksi, Pilhan PTN, Program Studi, Serta Tahapan SNMPTN 2016

Baca Juga !

Info Terbaru

Ditulis Oleh : Muhammad Arif Ahsan

Info [RESMI] SNMPTN 2016 Telah Dibuka, Ini adalah Info yang Harus Diketahui ini dibagikan oleh Muhammad Arif Ahsan pada 16 Januari 2016. Arif adalah alumni STAN wisuda tahun 2011, saat ini bekerja sebagai PNS di Kementerian Keuangan, apabila ada kritik atau saran silahkan sampaikan secara langsung melalui BBm (Pin D433858D), LINE (@kedinasan.com), atau EMAIL (muharifahsan@gmail.com).

0 komentar:

Posting Komentar

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2017/2018