Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SPMB STIS (Ikatan Dinas) Tahun 2016

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Jalur Ikatan Dinas Tahun Akademik 2016/2017. Melalui web resminya (http://stis.ac.id/), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) mengumumkan akan menerima sebanyak 100 orang calon mahasiswa baru untuk program studi D-III dan 400 orang untuk program studi D-IV tahun 2016. Penerimaan tersebut akan dilakukan secara online di http://stis.ac.id/spmb/ mulai tanggal 1 maret 2016 s.d. 30 April 2016.

SPMB STIS tahun 2016 terbagi menjadi dua, Ikatan Dinas dan Tugas Belajar. Mahasiswa Ikatan Dinas merupakan lulusan SMA/MA yang setelah lulus pendidikan di STIS akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dan selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota. Lulusan STIS dengan status ikatan dinas wajib menjalani ikatan dinas dengan BPS sesuai dengan penempatannya selama dua kali masa pendidikan secara berturut-turut.  Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan dan mendapat tunjangan ikatan dinas sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sedangkan untuk Tugas Belajar bisa kalian baca informasinya disini.
Logo STIS
Untuk kalian yang tertarik bergabung menjadi mahasiswa STIS silahkan persiapkan diri dengan baik dan pelajari dengan seksama beberapa info dibawah ini. Beberapa info penting terkait SPMB STIS Tahun 2016/2017 adalah sebagai berikut:

Program Studi

    Diploma III (D-III) Statistika
    Diploma IV (D-IV) Statistika
    Diploma IV (D-IV) Komputasi Statistik

Syarat Pendaftaran

Seleksi

  1. Sehat jasmani dan rohani (dapat dan layak untuk bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna (total maupun parsial), dan bebas narkoba.
  2. Lulus Ujian Nasional.
    • Calon lulusan tahun 2016 dapat melakukan pendaftaran walaupun belum mengikuti Ujian Nasional atau belum ada pengumuman kelulusan. Namun pada waktu Ujian Seleksi Tahap III, harus bisa menunjukkan kelulusannya dengan salah satu dokumen berikut: (a) Ijazah, atau (b) Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto yang bersangkutan dan cap sekolah asal, atau (c) Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) Nasional.
    • Lulusan sebelum tahun 2016 harus bisa menunjukkan kelulusannya dengan ijazah.
  3. Peserta program D3 berasal dari SMA/MA peminatan IPA/IPS untuk wilayah tertentu (Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua). Untuk peminatan IPA, Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70,00 atau B pada kelas XII semester I. Untuk peminatan IPS, Nilai Matematika minimal 80,00 atau B+ dan nilai Bahasa Inggris minimal 70,00 atau B pada kelas XII semester I. Nilai bukan hasil pembulatan atau rata-rata. Untuk rapor yang terdiri dari nilai kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap, yang dilihat adalah nilai kompetensi pengetahuan. Jika tidak ada mata pelajaran tersebut pada kelas XII semester I (karena penerapan sistem SKS atau program akselerasi), yang dilihat adalah nilai pada semester sebelumnya saat mata pelajaran tersebut diselesaikan.
  4. Peserta program D4 berasal dari SMA/MA peminatan IPA. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70,00 atau B pada kelas XII semester I (bukan hasil pembulatan atau rata-rata). Untuk rapor yang terdiri dari nilai kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap, yang dilihat adalah nilai kompetensi pengetahuan. Jika tidak ada mata pelajaran tersebut pada kelas XII semester I (karena penerapan sistem SKS atau program akselerasi), yang dilihat adalah nilai pada semester sebelumnya saat mata pelajaran tersebut diselesaikan.
  5. Umur tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Oktober 2016 (lahir tidak lebih awal dari tanggal 1 Oktober 1994).
  6. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STIS sampai dengan pengangkatan sebagai CPNS.
  7. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  8. Bersedia mematuhi peraturan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang berlaku.
  9. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di STIS.
  10. Setelah lulus, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota.

Penerimaan

  1. Memenuhi seluruh persyaratan seleksi, lulus ujian nasional, lulus seluruh tahap ujian seleksi, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh STIS.
  2. Seluruh biaya pendidikan ditanggung oleh negara. Selama mengikuti pendidikan akan diberikan Tunjangan Ikatan Dinas sesuai peraturan yang berlaku.

Tata Cara Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan oleh calon peserta secara online melalui internet dan dapat dilakukan dari mana pun. Proses pendaftaran terdiri dari tahap berikut:
  • Mendaftarkan alamat email pada Aplikasi SPMB STIS. Buka Aplikasi SPMB STIS untuk mendaftarkan alamat email anda (bisa dibuka mulai tanggal 1 Maret 2016). Anda akan menerima pesan melalui email yang berisi petunjuk pengisian formulir pendaftaran.
  • Mengisi formulir pendaftaran. Ikuti petunjuk yang tertulis pada pesan email untuk mengisi formulir pendaftaran.
  • Anda menerima Nomor Pendaftaran. Setelah anda selesai mengisi formulir pendaftaran, anda akan menerima Nomor Pendaftaran. Nomor Pendaftaran anda gunakan untuk melakukan login pada Aplikasi SPMB STIS selama proses seleksi berlangsung. Nomor Pendaftaran juga anda gunakan sebagai Kode Pembayaran untuk melakukan pembayaran biaya seleksi. Untuk Jalur Tugas Belajar Instansi Non BPS, anda harus mengikuti proses pemeriksaan berkas sebelum bisa melakukan pembayaran.
  • Membayar biaya seleksi. Calon peserta dikenakan biaya seleksi sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah), dibayarkan melalui Bank BRI atau Bank Mandiri, setelah mengisi data pendaftaran secara online. Biaya administrasi bank ditanggung peserta. Biaya seleksi dan biaya administrasi bank yang telah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

    Calon Peserta harus membayar biaya seleksi sebelum batas waktu yang ditentukan pada waktu anda menerima Kode Pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank BRI atau Bank Mandiri. Pastikan anda hanya membayar di salah satu bank saja. Pembayaran melalui BRI dapat dilakukan langsung setelah pendaftaran online. Sedangkan pembayaran melalui Mandiri baru dapat dilakukan keesokan harinya (H+1, hari kerja) jika melakukan pendaftaran online sebelum jam 15.00 WIB, dan lusa (H+2, hari kerja) jika melakukan pendaftaran online setelah jam 15.00 WIB.
    1. Pembayaran melalui Bank BRI
      • Melalui Teller
        1. Ambil Slip Penyetoran 
        2. Pada Slip tersebut, tulis Nomor Pendaftaran, Nama, Jumlah Pembayaran, dan Tanda Tangan. 
        3. Temui Teller dan minta dilakukan transaksi pembayaran SPMB STIS.
        4. (Bila Teller tidak mengetahui tentang pembayaran STIS, maka penjelasan untuk petugas Teller BRI sbb:  Masuk ke Aplikasi Portal – Masuk Ke Menu Payment – Pembayaran SPMB Online (Non IA) STIS – Masukan Kode Pembayaran - OK) 
      • Melalui ATM
        1. Pilih menu Transaksi Lainnya
        2. Pilih menu Pembayaran
        3. Pilih menu Pendidikan
        4. Pilih menu UM/USM/SPMB
        5. Masukkan kode STIS (014) bersama 9 angka Nomor Pendaftaran/Kode Pembayaran (misalnya 014160760380). 
        6. Pilih Yes/Ya
    2. Pembayaran melalui Bank Mandiri
      • Melalui Teller
        1. Temui langsung Teller dan minta dilakukan transaksi pembayaran SPMB STIS. Kode biller STIS yaitu 10087.
        2. Sebutkan Nomor Pendaftaran/Kode Pembayaran.
        3. Pastikan anda menyimpan bukti pembayaran yang tercetak Token untuk aktivasi pendaftaran.
        4. Login kembali ke Aplikasi SPMB STIS, pilih menu Aktivasi. Masukkan Token yang terdapat pada bukti pembayaran, kemudian klik Kirim. 
      • Melalui ATM
        1. Pilih menu Pembayaran
        2. Pilih menu Pendidikan
        3. Masukkan kode biller STIS, yaitu 10087. Kode STIS bisa dilihat pada menu ATM.
        4. Masukkan 9 angka Nomor Pendaftaran/Kode Pembayaran (misalnya 123456789).
        5. Pilih Yes/Ya
        6. Pastikan anda menyimpan bukti pembayaran yang tercetak Token untuk aktivasi pendaftaran.
        7. Login kembali ke Aplikasi SPMB STIS, pilih menu Aktivasi. Masukkan Token yang terdapat pada bukti pembayaran, kemudian klik Kirim.
      • Melalui Internet Banking Mandiri
        1. Pilih Menu Bayar
        2. Pilih Menu Pendidikan
        3. Pilih Penyedia Jasa: Sekolah Tinggi Ilmu Statistik
        4. Masukkan 9 angka Nomor Pendaftaran/Kode Pembayaran (misalnya 123456789).
        5. Pilih Kirim
        6. Pastikan anda menyimpan bukti pembayaran yang tercetak Token untuk aktivasi pendaftaran.
        7. Login kembali ke Aplikasi SPMB STIS, pilih menu Aktivasi. Masukkan Token yang terdapat pada bukti pembayaran, kemudian klik Kirim.
  • Mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM). Setelah anda membayar biaya seleksi, anda dapat mencetak KTPUM dengan login pada Aplikasi SPMB STIS.
  • KTPUM harus dibawa dan dapat ditunjukkan pada setiap proses seleksi. (Jika anda membayar melalui BRI, anda dapat langsung mencetak KTPUM. Jika anda membayar melalui Mandiri, silahkan melakukan aktivasi menggunakan Token yang tercetak pada bukti pembayaran anda di menu Aktivasi.  Setelah melakukan aktivasi, anda dapat mencetak KTPUM.)

 Lokasi Ujian

  • Calon peserta program D4 dapat memilih lokasi ujian di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Calon peserta program D3 dapat memilih lokasi ujian di wilayah tertentu. Calon peserta tidak harus mengikuti ujian sesuai tempat tinggalnya atau tempat di mana yang bersangkutan menyelesaikan pendidikan SMA/MA.

Jenis Ujian

  1. Ujian tahap I: Matematika dan Bahasa Inggris
  2. Ujian tahap II: Psikotes
  3. Ujian tahap III: Tes Kompetensi Dasar (TKD), Wawancara dan Tes kesehatan

Jadwal Pendaftaran dan Ujian

  • Pendaftaran (online): 1 Maret s.d. 30 April 2016
  • Ujian tahap I: 14 Mei 2016
  • Pengumuman hasil ujian tahap I: 28 Mei 2016
  • Pendaftaran ulang (online) untuk mengikuti ujian tahap II : 30 Mei s.d. 1 Juni 2016
  • Ujian tahap II: 11 Juni 2016
  • Pengumuman hasil ujian tahap II: 25 Juni 2016
  • Pendaftaran ulang (online) untuk mengikuti ujian tahap III : 27 s.d. 29 Juni 2016
  • Ujian tahap III : 19 s.d. 22 Juli 2016
  • Pengumuman hasil ujian tahap III: 6 Agustus  2016
  • Pemberkasan: 29 s.d. 31 Agustus 2016

Pemeriksaan Berkas

Bagi yang dinyatakan lulus ujian tahap II dan akan mengikuti ujian tahap III, wajib menyerahkan berkas di bawah ini pada waktu ujian seleksi tahap III (wawancara):
  1. Fotokopi Rapor SMA/MA yang telah dilegalisir (halaman data pribadi dan nilai yang dilaporkan).
  2. Fotokopi Ijazah SMA/MA yang telah dilegalisir. Bagi yang lulus tahun 2016 tetapi belum memiliki ijazah, dapat digantikan dengan Surat Tanda Kelulusan (SKL) atau Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) SMA/MA asli atau yang telah dilegalisir.

Pengumuman Hasil Ujian

  • Hasil ujian setiap tahap seleksi diumumkan sesuai dengan jadwalnya masing-masing di Website STIS, Kantor BPS Provinsi, dan Kampus STIS.

Pemberkasan

  • Bagi yang dinyatakan lulus seleksi ujian masuk, wajib melakukan pemberkasan, yaitu menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID). Pemberkasan dilakukan di Kantor BPS Provinsi atau di Kampus STIS.

Website Resmi dan Alamat Panitia Pelaksana

  • Website resmi STIS adalah https://www.stis.ac.id. Segala informasi mengenai PMB STIS dapat diakses melalui website tersebut.
  • Alamat Panitia Pusat PMB STIS adalah di Kampus STIS, Jalan Otto Iskandardinata No. 64C Jakarta Timur 13330. Telp: (021) 8508812, 8191437, Fax: 8197577. Hotline PMB Telp: (021) 85900884. (Jam Kerja Senin - Jumat, Pukul 08.00 WIB - 15.00 WIB)
  • Alamat Panitia Daerah adalah di Kantor BPS Provinsi di seluruh Indonesia (kecuali Provinsi DKI Jakarta di Kampus STIS). Alamat Kantor BPS Provinsi bisa dilihat di Website BPS di http://www.bps.go.id.

Lain-lain

  • Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan PMB STIS akan diinformasikan melalui Website STIS, Kantor BPS Provinsi, dan Kampus STIS. Silakan lihat di sini.
  • STIS tidak menyelenggarakan dan tidak bekerja sama dengan bimbingan belajar mana pun. Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan STIS/BPS.
  • Ketentuan Ujian Tahap I
    1. Ujian Tahap I diselenggarakan pada hari Sabtu, 14 Mei 2016.
    2. Waktu ujian dimulai serentak di seluruh Indonesia:
      • Untuk wilayah Waktu Indonesia Bagian Barat: 07.30 WIB, 
      • Untuk wilayah Waktu Indonesia Bagian Tengah: 08.30 WITA, 
      • Untuk wilayah Waktu Indonesia Bagian Timur: 09.30 WIT
    3. Ujian diselenggarakan selama lebih kurang 3,5 jam nonstop tanpa istirahat.
    4. Peserta ujian siap di lokasi pada tempat duduk yang telah ditentukan 1 jam sebelum ujian dimulai. Petunjuk pelaksanaan ujian akan disampaikan
    5. Perlengkapan wajib:
      • Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM), 
      • Kartu identitas berfoto ASLI yang masih berlaku seperti KTP, SIM, atau bagi yang lulus tahun 2016 yang belum memiliki KTP atau SIM dapat digantikan dengan Kartu Pelajar atau Kartu Peserta Ujian Nasional. 
      • Bagi yang tidak memiliki surat-surat tersebut di atas, dapat digantikan dengan Surat Keterangan yang dilengkapi pasfoto terbaru, yang dikeluarkan oleh Sekolah atau RW/Kelurahan setempat. 
      • Alat tulis: bolpoin, pensil 2B, penghapus, peraut, papan alas tulis Dan seluruh ketentuan yang tercantum pada KTPUM.
    6. Bagi peserta yang tidak membawa perlengkapan wajib seperti yang disebutkan di atas, TIDAK DIPERBOLEHKAN mengikuti ujian.
    7. Pakaian kemeja/kaos berkerah dan bersepatu
    8. Ketentuan lain yang berlaku selama ujian dilaksanakan.
  • Program studi D-III ditempuh selama 3 tahun. Lulusan program studi D-III STIS mendapat sebutan Ahli Madya Statistika (A. Md. Stat.) dan akan ditempatkan sebagai Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) di lokasi tertentu di Indonesia (Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua).
  • Program Studi D-IV ditempuh selama 4 tahun. Lulusan program studi D-IV STIS mendapat sebutan Sarjana Terapan Statistika (S. Tr. Stat.) dan akan ditempatkan sebagai tenaga ahli statistika/komputasi statistik di kantor BPS seluruh Indonesia.