Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendaftaran Taruna Baru STMKG Tahun 2018

Penerimaan Taruna Baru (PTB) Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) Tahun 2018/2019

STMKG
Sekolah Kedinasan (Kedinasan.com)- Melalui website resminya, STMKG telah mengumumkan akan menerima calon taruna baru tahun 2018. Penerimaan tersebut akan dibuka serentak bersama dengan beberapa sekolah kedinasan yang ikatan dinas lainnya. Sekolah Kedinasan tersebut diantaranya adalah PKN STAN, IPDN, POLTEKIP, POLTEKIM, Politeknik Statistika STIS, STIN, STMKG, STSN, serta beberapa Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan melalui Jalur Pola Pembibitan.

Pendaftaran calon taruna baru STMKG akan dimulai pada tanggal 9 April s.d. 30 April 2018, yang dilakukan secara online melalui portal https://sscndikdin.bkn.go.id/. Jumlah taruna baru yang akan diterima STMKG sebanyak 250 orang. Berikut ini adalah beberapa informasi penting terkait PTB STMKG Tahun 2018/2019.



Program Studi

Jenjang Sarjana Terapan dengan program studi serta jumlah formasi sebagai berikut:

  1. Meteorologi (112 Taruna);
  2. Klimatologi (26 Taruna);
  3. Geofisika (24 Taruna);
  4. Instrumentasi-MKG (88 Taruna).


Syarat Pendaftaran

Persyaratan Umum


  1. Pria/Wanita, Warga Negara Indonesia
  2. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dapat berkacamata maksimal minus (-) 2, spheris dan tidak silinder.
  3. Umur tidak kurang dari 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun pada tanggal 1 September 2018.
  4. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
  5. Bebas narkoba yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba/ NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat saat dilakukan Tes Kesehatan.
  6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  7. Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
  8. Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Persyaratan Akademik


  1. Lulus / akan lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan.
  2. Lulus / akan lulus SMK dengan kompetensi keahlian pada butir (1) tersebut hanya dapat mendaftar untuk jurusan Instrumentasi-MKG. Kompetensi keahlian selain pada butir (1) tersebut tidak dapat diterima.
  3. Bagi yang lulus sebelum tahun 2018, nilai ijazah untuk mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).
  4. Bagi yang akan lulus pada tahun 2018, nilai rapor untuk tiga semester terakhir (semester 3, 4, dan 5) pada mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).


Tata Cara Pendaftaran

  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman Panitia Seleksi Nasional Pendidikan Kedinasan di https://sscndikdin.bkn.go.id dan dilanjutkan dengan pengisian formulir pendaftaran di laman Penerimaan Taruna Baru STMKG /PTB-STMKG-2018 di https://ptb.stmkg.ac.id
  2. Pendaftar harus terlebih dahulu yakin memenuhi seluruh syarat di bagian B sebelum melakukan pendaftaran. Apabila ternyata tidak memenuhi syarat tersebut, maka pendaftar tidak dapat diterima/dibatalkan sebagai calon taruna, dan biaya pendaftaran yang telah disetorkan tidak dapat diambil kembali untuk alasan apapun.
  3. Pendaftar hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga dan apabila pelamar diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.
  4. Tata cara pengisian formulir pendaftaran dapat dilihat pada alamat laman (website) Panitia PTB-STMKG-2018 tersebut di atas.
  5. Biaya Pendaftaran sebesar Rp 75.000,- dan biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebesar Rp 50.000,- . Tata cara pembayaran dapat dibaca pada Ketentuan Pendaftaran PTB-STMKG-2018.


Jadwal Pendaftaran

  1. Pendaftaran di laman Panselnas Pendidikan Kedinasan https://sscndikdin.bkn.go.id : 9 April 2018 - 30 April 2018
  2. Pengisian formulir pendaftaran di PTB-STMKG-2018 (https://ptb.stmkg.ac.id) : 9 April 2018 - 4 Mei 2018
  3. Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Lanjutan Mulai 16 Juli 2018
  4. Seleksi Kesehatan dan Wawancara Mulai 18 Juli 2018 (bagi yang dinyatakan lulus SKD dan Seleksi Lanjutan di lokasi masing-masing)


Jenis Seleksi

Seleksi terdiri atas 3 (tiga) tahap dengan sistem gugur :
  1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD);
  2. Seleksi Lanjutan berupa Tes Akademik mata pelajaran Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris ;
  3. Wawancara dan Tes Kesehatan.


Lain-Lain

  1. Tidak diadakan surat menyurat antara calon taruna dengan Panitia PTB-STMKG-2018.
  2. Jika terdapat pertanyaan mengenai penyelenggaran PTB STMKG 2018 dapat melalui help deskdan dilayani pada jam kerja 07.30 WIB – 16.00 WIB di live chat portal https://ptb.stmkg.ac.id atau telepon (021) 73691621-22.
  3. Dari jumlah formasi Taruna yang diterima diberlakukan komposisi 80% pria dan 20% wanita dengan pertimbangan penempatan di daerah terpencil dan dinas malam.
  4. Hasil-hasil seleksi akan diumumkan melalui laman (website) Panitia PTB-STMKG-2018 https://ptb.stmkg.ac.id.
  5. Keputusan Panitia PTB-STMKG-2018 pada setiap tahapan bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.