Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TKD Salah Satu Rangkaian USM STAN

TKD harus masuk dalam rangkaian USM STAN. Saat ini, Status ikatan dinas STAN diragukan banyak orang. Bahkan tidak sedikit yang menyimpulkan bahwa sekolah kedinasan yang berada dibawah naungan kementerian keuangan tersebut sudah tidak ikatan dinas lagi. Penyebabnya tidak lain adalah Tes Kompetensi Dasar (TKD). Memang benar, Alumni STAN lulusan 2012 harus lulus TKD terlebih dahulu baru bisa diangkat sebagai CPNS. Kebijakan tersebut dikeluarkan oleh pihak Kemenpan, Akibatnya adalah empat orang alumni STAN tidak bisa diangkat menjadi CPNS karena gagal pada tes tersebut.Hal inilah yang menjadi cikal bakal keraguan mereka terhadap status ikatan dinas Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Banyak pihak yang mengeluhkan kebijakan tersebut. Bagaimana tidak, mahasiswa STAN harus berjuang dan belajar ekstra tiap semesternya agar tidak kena DO. Setelah mereka lulus dan mengikuti yudisium serta wisuda, mereka harus belajar lagi untuk ikut TKD. 

Melelahkan iya, menegangkan tentunya juga iya. Karena pada tahap inilah masa depan mereka dipertaruhkan. Jika mereka gagal, maka impian mereka menjadi CPNS Kemenkeu akan gagal. Bahkan menurut rumor yang beredar, mereka bisa kehilangan ijazah yang telah mereka perjuangkan selama di STAN jika tidak mampu membayar uang ganti rugi pendidikan.

Salah satu orang tua yang mengeluhkan hal tersebut mengatakan bahwa "Kenapa ada tes seperti ini lagi, saya harus repot-repot mengantar anak saya ke jakarta untuk ikut TKD karena gagal pada TKD pertama" beliau sangat tegang karena memikirkan nasib anaknya. Selain itu, beliau juga menyarankan agar TKD diujikan diawal yaitu saat USM STAN. Jangan saat mahasiswa sudah lulus dan diwisuda, karena itu menambah beban mereka lagi.

Saya sangat setuju dengan saran beliau, sebaiknya Tes Kompetensi Dasar itu diujikan diawal yaitu saat USM STAN. TKD jauh lebih baik jika dimasukkan menjadi salah satu rangkaian USM STAN, agar setelah lulus mahasiswa STAN tidak perlu lagi hawatir dengan masa depan mereka. 

Saran tersebut realistis dan tentu saja bisa diwujudkan oleh panitia USM STAN. Sebagai pembanding, Sekolah Tinggi Intelijen Negara telah memasukkan TKD kedalam rangkaian seleksi mahasiswa baru mereka. Dan saya yakin Sekolah Tinggi Akuntansi Negara juga bisa mengikuti jejak STIN.

Saya mengajak kepada semua calon peserta USM STAN maupun Mahasiswa STAN untuk berdoa agar panitia bisa mewujudkan saran tersebut demi kebaikan bersama dan tentunya akan membuat mahasiswa STAN lebih tenang dan tidak hawatir dengan masa depan mereka. amin

Sekian saran saya, semoga bisa menjadi pertimbangan. terima kasih