Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PKN STAN Tidak Buka Pendaftaran Tahun 2020, Ini Alasannya

Alasan PKN STAN tidak buka pendaftaran tahun 2020

Alasan PKN STAN tidak akan membuka penerimaan mahasiswa baru tahun 2020


Sekolah Kedinasan, Kedinasan.com - Berdasarkan informasi yang diperoleh dari surat MENPAN RB yang telah dipublish melalui akun twitter KEMENPAN RB, diketahui bahwa Kementerian Keuangan yang mengelola PKN STAN, berdasarkan surat Nomor S-75.1/MK.1/2020 tanggal 23 Maret 2020, pada tahun 2020 memutuskan untuk tidak membuka pendaftaran. 

Hal ini tentu menjadi kabar yang kurang baik bagi kalian yang sangat ingin menjadi bagian dari PKN STAN. Tetapi kalian perlu memahami, bahwa PKN STAN memutuskan untuk tidak membuka pendaftaran, tentu saja mempunyai pertimbangan. Saya mendapatkan informasi terkait alasan kenapa PKN STAN tidak buka pendaftaran tahun 2020. Informasi tersebut saya peroleh dari twitter resmi PKN STAN @pknstanid. Alasannya sebagai berikut :


  • Karena virus corona (covid 19)

    Alasan pertama yang disampaikan PKN STAN sebagaimana dikutip dari laman twitternya adalah "Sesuai dg keputusan BNPB ttg Penetapan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia, menyebabkan seleksi dlm bentuk tes umum tdk dpt dilaksanakan dgn efektif, mengingat jumlah rata-rata pendaftar 3 tahun terakhir mencapai 130rb peserta"

    Hampir setiap tahun PKN STAN menjadi sekolah kedinasan paling favorit dengan jumlah pendaftar terbanyak. Dalam tiga tahun terakhir, rata-rata pendaftar PKN STAN mencapai 130 ribu peserta. Sangat wajar jika PKN STAN memutuskan untuk tidak buka pendaftaran dalam kondisi darurat bencana wabah seperti sekarang ini. Mengumpulkan orang dengan jumlah sebanyak itu untuk mengikuti tes seleksi, bisa membuat penyebaran covid 19 semakin meluas.
  • Restrukturisasi Kebutuhan Pegawai Kemenkeu

    Alasan yang kedua kenapa PKN STAN tidak buka pendaftaran adalah "Bahwa saat ini sedang dilaksanakan restrukturisasi dan pengkajian kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan dari lulusan program DI dan DIII PKN STAN, serta dari sumber-sumber lain."

    Sebagian besar lulusan PKN STAN akan ditempatkan pada instansi yang berada dibawah naungan Kementerian Keuangan. Oleh karena itu, jumlah mahasiswa baru yang diterima PKN STAN harus disesuaikan dengan jumlah kebutuhan pegawai pada Kementerian Keuangan. Menurut pendapat saya, tahun ini Kementerian Keuangan sedang melaksanakan pengkajian kebutuhan pegawai. Oleh karena itu, pendaftaran PKN STAN akan ditunda sampai dengan hasil pengkajian tersebut selesai.
  • Penataan Ulang Sistem Pendidikan PKN STAN

    Alasan terakhir yang membuat PKN STAN tidak menerima mahasiswa baru tahun 2020 adalah "Bahwa saat ini sedang dilaksanakan penataan ulang sistem dan tata kelola pendidikan kedinasan di PKN STAN, termasuk di dalamnya penataan Program Studi dan kurikulum yang menekankan pada relevansi lulusan PKN STAN di masa depan, serta aspek pengembangan karakter ASN."
Demikianlah tiga alasan kenapa PKN STAN tidak membuka pendaftaran tahun 2020, Semoga teman-teman dapat memahami. Tetap semangat teman-teman, masih banyak pilihan lain yang tidak kalah bagus dengan PKN STAN. Silahkan mencoba peruntungan ditempat lain, atau terus belajar dan mempersiapkan diri menghadapi PKN STAN tahun depan. Apabila kalian mempunyai pertanyaan, komentar, saran, atau kritik, silahkan sampaikan melalui akun media sosial kami.

Kredit gambar : https://twitter.com/pknstanid