TERBARU : PENDAFTARAN SEKOLAH KEDINASAN TAHUN 2018/2019 - BATAS AKHIR PENDAFTARAN :            Penerimaan Calon Tamtama TNI AL Tahun 2018 : 24 November 2017 s.d. 7 Januari 2018
Home » » [Resmi] USM STAN Dibuka

[Resmi] USM STAN Dibuka

[Resmi] USM STAN dibuka,
setelah kabar tidak dibukanya pendaftaran STAN beredar kuat beberapa bulan terakhir, yang juga sempat membuat lulusan SMA tahun ini sedikit down, akhirnya semua teka-teki tersebut terjawab juga hari ini (5 juli 2011).
"Kementerian Keuangan Republik Indonesia akan menerima putra dan putri Warga Negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan pada Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)"

Kutipan tersebut terpampang jelas di situs resmi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Pengumuman itu sedikit membuat hati calon pendaftar STAN sedikit agak lega, dan membuka harapan ribuan siswa untuk mencoba masuk di kampus yang sering disebut kampus ali wardhana tersebut. 

Pengumuman Nomor PENG -379  /SJ/2011 yang ditanda tangani oleh bapak Mulia P. Nasution selaku Sekertaris Jenderal tertanggal 5 juli 2011 tersebut berisi tentang persyaratan dan tata cara pendaftaran USM STAN tahun 2011, ternyata tidak jauh berbeda dengan rencana konsep pendaftaran yang pernah saya posting sebelumnya (baca : Info USM STAN). Prosesnya akan dibagi menjadi tiga tahap yaitu Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Bahasa Inggris, dan Tes Assessment. Jika dilihat dari namanya, tahapan yang terakhir disebut itu memang sedikit beda dengan tahapan yang saya sebutkan pada postingan sebelumnya yaitu Tes Psikotes. Namun, menurut saya konsepnya tetap sama, yaitu menguji kepribadian calon mahasiswa STAN tersebut. Mengenai tanggal yang tercantum pada postingan tersebut harap jangan dihiraukan, karena itu hanya rencana, dan realisasinya pasti akan jauh berbeda.

Membahas sedikit tentang konsep penerimaan yang juga pernah saya posting sebelumnya (baca: Mahasiswa STAN Langsung CPNS), yang menyatakan mahasiswa STAN langsung diangkat sebagai  CPNS memang benar akan terwujud tahun ini, ini dapat kita lihat dari pengumuman STAN lewat situs resminya yang mengatakan bahwa:"

Lulusan Program Diploma I Keuangan STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan atau instansi pemerintah lainnya baik di pusat maupun di daerah"

Lebih dari semua kabar baik yang telah saya tuangkan di atas, terdapat juga sedikit kabar yang menurut saya akan sedikit mengikis semangat para calon pendaftar. kabar yang saya maksud itu adalah Jurusan atau Spesialisasi yang akan diterima tahun ini sangat sedikit yaitu hanya 2 (dua) spesialisasi. selain itu, kedua spesialisasi tersebut hanya Diploma I (satu). Berikut kutipan dari situs resmi STAN, 

"Kementerian Keuangan Republik Indonesia akan menerima putra dan putri Warga Negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan pada Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dengan Spesialisasi sebagai berikut:
Program Diploma I Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
2. Program Diploma I Keuangan Spesialisasi Pajak"
Dengan kuota penerimaan hanya dua spesialisasi, secara otomatis jumlah mahasiswa baru yang akan diterima tahun ini akan jauh menurun. dan itu akan memperkecil peluang para pendaftar yang biasanya bisa mencapai 2 %, mungkin peluang tahun ini tinggal 1 % atau bahkan lebih kecil dari itu. Walaupun demikian, para calon pendaftar jangan putus asa atau down sebelum mencoba. Karena kekuatan HOKI masih kuat, seperti yang terjadi pada diri saya yang terdampar di kampus ini semata-mata karena kekuatan HOKI.

Pendaftaran STAN tahun ini akan resmi dimulai pada tanggal 8 juli 2011 dan akan ditutup pada tanggal 17 juli 2011, jika dihitung-hitung, jangka waktu pendataran tahun ini hanya 9 (hari). Itu jauh lebih singkat dari tahun sebelumnya. 
Sekedar saran buat teman-teman yang akan mencoba medaftar tahun ini, 
1. Persiapkan Berkas yang dibutuhkan sedini mungkin agar waktu untuk mengecek kelengkapannya lebih panjang.
2. Antisipasi padatnya akses ke situs resmi USM STAN, mungkin teman-teman dapat mencari waktu yang kira-kira aksesnya tidak terlalu padat, misalnya saja pada dini hari.
3. Tetap tenang dalam mengikuti pendaftaran, jangan panik dengan berita-berita yang beredar, ikuti saja prosedur yang telah dibuat.
4. Jangan lupa berdoa agar diberi kelancaran dalam hal urusan pendaftaran
3. Perhatian, jangan mentransfer biaya pendaftaran sebelum teman-teman dinyatakan lolos seleksi administrasi.
 Selamat Mencoba dan Semoga Sukses
Penting (Tips dan Trik Mengikuti USM STAN)

Baca Juga !

Info Terbaru

Ditulis Oleh : Muhammad Arif Ahsan

Info [Resmi] USM STAN Dibuka ini dibagikan oleh Muhammad Arif Ahsan pada 06 Juli 2011. Arif adalah alumni STAN wisuda tahun 2011, saat ini bekerja sebagai PNS di Kementerian Keuangan, apabila ada kritik atau saran silahkan sampaikan secara langsung melalui BBm (Pin D433858D), LINE (@kedinasan.com), atau EMAIL (muharifahsan@gmail.com).

15 komentar:

  1. thank you :)

    BalasHapus
  2. wew..nice info ..keep posting ya..jangan lupa jga komen balik di blogku ya

    BalasHapus
  3. kalo di malaysia, USM adlah University Sains Malaysia. huhu. :)

    BalasHapus
  4. nice info :D sukses selalu ..

    BalasHapus
  5. @adrian
    siipp dahh,, mari saling membri komentar

    BalasHapus
  6. @putra suki
    wuihh..mantep banget,,pasti kmpus favorit di sana

    BalasHapus
  7. Kapan donk pendaftaran stan dibuka...???

    BalasHapus
  8. @Imelda : sy juga tidak bisa memastikan, karena belum ada pngumuman resmi dari STAN. kamu sabar yah, nanti kalo ada info terbaru, sy pasti share koq.. thanks

    BalasHapus
  9. hmm,, kak ,klo uda ada pengumuman untuk pendaftarannya,, kk share ya???? insya allah, aku pengen lanjutin skolah ku di STAn kak :)

    BalasHapus
  10. @niar : iya niar, sy pasti share koq.. kamu tunggu aja,, tetep siapin diri kamu yah.. smoga kamu keterima di STAN, Aminnn

    BalasHapus
  11. ak dah pernah ikut usm n diterima, tpi kubuang begitu saja...soalny aku lbih suka ilmu pa tapi setelah belajar perpajakan, akuntansi dll scr otodidak ak jdi tertarik buat ikut lagi.kali ini ak mau serius, ga akan sia2in kesempatan ... terus share info ya ka, arigatou :) doain kuota buat cewe dtambah T^T

    BalasHapus

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2017/2018