Home » , » Memilih Perguruan Tinggi Yang paling Tepat

Memilih Perguruan Tinggi Yang paling Tepat

Cara memilih perguruan tinggi yang paling tepat. Perguruan tinggi seperti apa yang sesuai dengan bakat kalian?. Bagaimana menentukan kampus yang paling sesuai dengan yang kalian harapkan?. Apakah sekolah kedinasan adalah pilihan paling tepat untuk melanjutkan pendidikan? Kenapa harus Sekolah Kedinasan?. Apa alasan memilih sekolah kedinasan?. Apa kelebihan sekolah kedinasan dengan perguruan tinggi yang lain?. Pertanyaan-pertanyaan itulah yang akan kita bahas kali ini.

Menjelang lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA)/ sederajat, para siswa biasanya sudah bingung memikirkan masa depannya. Mereka terkadang kewalahan dalam menentukan tempat melanjutkan pendidikan. Mungkin salah satu yang membuat mereka bingung adalah karena saat ini jumlah perguruan tinggi negeri maupun swasta sudah sangat banyak. Kualitas dan fasilitas perguruan tinggi tersebut bagus.

Untuk membantu pelajar menghilangkan kebingungan dalam memilih perguruan tinggi, saya akan memberikan beberapa pertimbangan. Semoga pertimbangan tersebut bisa membantu dan mengurangi kegalauan kalian dalam menentukan masa depan.

  1. Sebelum memilih perguruan tinggi, hal pertama yang harus kalian tentukan adalah masa depan. Maksudnya, setelah menyelesaikan kuliah kalian ingin jadi apa?. Kalian ingin kerja dimana? kalian mau melanjutkan hidup dengan cara apa?. Mau langsung dapat kerja atau mau bersenang-senang dulu menikmati masa muda?. Jawaban dari pertanyaan itulah yang harus kalian miliki sebelum memilih perguruan tinggi.
  2. Setelah kalian tahu jawaban pertanyaan tadi, selanjutnya kalin cari jurusan yang pas atau mendukung cita-cita dan pekerjaan yang kalian harapkan nantinya. Jika kalian mau kerja diperkantoran, kalian bisa pilih jurusan administrasi, akuntansi, atau komputer. Usahakan kalian bisa menentukan tiga jurusan yang terkait atau mendukung cita-cita atau pekerjaan yang kalian idamkan.
  3. Selanjutnya menentukan kampus yang tepat untuk kalian. Beberapa hal yang perlu kalian pertimbangkan adalah orang tua, biaya kuliah  & biaya hidup, tempat, dan lain-lain sebagainya. kesemuanya itu harus kalian pertimbangkan dalam memilih kampus, jangan memilih hanya karena kampusnya favorit atau hanya karena teman kalian banyak yang mau kesana. Pertimbangkanlah dengan orang tua kalian, pertimbangkan dana yang mereka miliki, apakah mereka setuju jika kalian masuk disana. apakah tempatnya bisa kalian jangkau dan apakah bisa kalian beradaptasi disana.
  4. Itulah yang harus kalian pertimbangkan sebelum memilih perguruan tinggi yang paling tepat untuk kalian nantinya.

Jika kalian meminta saran, saya menyarankan kalian untuk memilih Sekolah Kedinasan. Kenapa harus sekolah kedinasan? Jawabannya adalah karena  :
  1. Sebagian besar Sekolah Kedinasan menggratiskan biaya kuliah. Bahkan ada beberapa sekolah kedinasan yang memberikan tunjangan dinas serta fasilitas yang lengkap untuk mahasiswanya, termasuk asrama, pakaian, buku-buku, dll.
    sehingga kalian tidak perlu pusing memikirkan besarnya biaya untuk kuliah. Beban orang tua kalian juga tidak akan berat jika kalian bisa masuk sekolah kedinasan.
  2. Setelah menyelesaikan perkuliahan, sebagian besar sekolah kedinasan langsung mengangkat alumninya menjadi pegawai negeri sipil dan ditempatkan di seluruh instansi pemerintahan yang terkait.
    Sehingga kalian tidak perlu pusing cari kerjaan, kalian tidak perlu masuk sana sini, daftar sana sini untuk cari pekerjaan. Kalian hanya menunggu panggilan untuk bekerja.
  3. Sistem pendidikan di sekolah kediasan sangat sesuai dan tepat untuk membangun karakter seorang calon pegawai negeri.
Itulah tiga alasan kenapa kalian harus masuk sekolah kedinasan. Jika kalian peduli masa depan dan hidup yang baik maka cobalah untuk mendaftar di sekolah kedinasan. Semoga pertimbangan ini bisa membantu kalian. amin

Baca Juga !

Info Terbaru

Ditulis Oleh : Muhammad Arif Ahsan

Info Memilih Perguruan Tinggi Yang paling Tepat ini dibagikan oleh Muhammad Arif Ahsan pada 16 Januari 2013. Arif adalah alumni STAN wisuda tahun 2011, saat ini bekerja sebagai PNS di Kementerian Keuangan, apabila ada kritik atau saran silahkan sampaikan secara langsung melalui BBm (Pin D433858D), LINE (@kedinasan.com), atau EMAIL (muharifahsan@gmail.com).

5 komentar:

  1. mas kan ngga semua PTK langsung ditempatkan, kan ada sbagian lagi yg hrus melalui test lagi, PTK mana aja yg langsung ditempatkan dan yg harus melalui test lagi? Dan apakah ptk yg hrs melalui test lagi sblum ditempatkan sudah pasti masuk?.. Bgaimana kalau tidak lulus dlm tes tsb.? Mohon dijawab..hehe.. Trims.

    BalasHapus
  2. kak,apa semua sekolah kedinasan gratis uang kuliah?

    BalasHapus
  3. stan perkiraan buka ga tahun ini?

    BalasHapus
  4. @anonim : kmu benar sekali,, sekolah kedinasan di indonesia sangat banyak, dan tidak semuanya ikatan dinas...

    yang tidak ikatan dinas tentu saja harus melalui tes CPNS untuk menjadi pegawai negeri...
    tes CPNSnya sama dengan pedaftaran umum pegawai negeri...

    Yang ikatan dinas, ada juga yang harus melalui tes terlebih dahulu,, tes tiap sekolah kedinasan berbeda,,, tapi biasanya tes tersebut hanya berpengaruh untuk penempatan,, jadi bisa saya katakan bahwa semua alumni yang ikut tes itu pasti lulus dan diangkat menjadi PNS,

    @corry : tidak semua sekolah kedinasan gratis dek,,
    ada sekolah kedinasan yang tidak ikatan dinas,, dan sekolah kedinasan itulah yang tidak menggratiskan biaya pendidikan..

    @budi : insyaAllah buka, menteri keuangan sudah memastikan itu,,
    sy sudah buat postingan tentang itu,, kamu bisa searching di blog ini..

    BalasHapus
  5. kak posting dong mana aja sekolah kedinasan yg ikatan dinas yg langsung ditempatkan, dan bukan ikatan dinas yg harus melalui tes cpns trlebih dahulu sblum diangkat..please..hehe

    BalasHapus

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2017/2018