Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses Pengangkatan Alumni STAN menjadi PNS

Tahapan yang dilewati alumni STAN mulai dari wisuda sampai menerima SK PNS. Banyak yang mempertanyakan masa depan alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Banyak yang bilang kalau setelah lulus, alumni STAN harus tes CPNS dulu baru di angkat menjadi pegawai. Bahkan ada yang beranggapan bahwa STAN sudah tidak Ikatan Dinas lagi. Pada postingan ini saya coba meluruskan pernyataan atau anggapan tersebut. Agar tidak ada lagi yang salah paham dan tidak akan ada lagi yang ragu dengan masa depan Alumni STAN.   
 
STAN adalah sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan. Alumninya terikat dalam perjanjian ikatan dinas selama 10 tahun. Sehingga setelah menyelesaikan pendidikan, alumni STAN akan langsung diangkat menjadi CPNS atau pegawai di Kementerian Keuangan / instansi yang terkait.

Kita sudah ketahui bersama bahwa proses untuk menjadi CPNS di kementerian manapun atau di instansi manapun pasti memakan waktu yang cukup lama. Banyak proses atau tahapan yang harus dilalui sampai Surat Keputusan pengangkatan itu tiba di tangan. Banyak berkas yang harus dipenuhi sampai kita benar-benar resmi menjadi pegawai negeri.

Berikut ini saya akan menjelaskan proses yang harus dilewati alumni STAN sampai benar-benar mendapatkan Surat Keputusan Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil. Saya bercerita berdasarkan pengalaman yang saya lalui serta tambahan informasi dari senior-senior saya. Tahapan ini untuk Lulusan tahun 2011 kebawah, sedangkan untuk tahun 2012 keatas kalian bisa baca disini.

  1. Setelah Mahasiswa STAN wisuda
    Mahasiswa STAN tentunya melewati wisuda sebagai tanda bahwa mereka telah resmi lulus dari STAN. Kemudian setelah itu mereka pulang ke rumah untuk menunggu proses selanjutnya.
    Proses selanjutnya adalah menunggu pengumuman Instansi.
    Selang waktu antara Wisuda sampai Pengumuman instansi tersebut keluar tidak pasti. Bisa saja sebulan, dua bulan, tiga bulan atau bisa lebih lama dari itu. Jadi alumni STAN bisa mencari pekerjaan untuk mengisi kekosongan tersebut. Sebagian besar alumni STAN memilih untuk Magang sebagai tenaga suka rela di kantor pajak.
    Berdasarkan pengalaman saya, Wisuda Alumni STAN 2011 dalam hal ini angkatan saya dilaksanakan sekitar pertengahan oktober 2011, dan pengumuman instansi keluar kalau tidak salah pertengahan bulan februari. Sehingga selang waktunya sekitar empat bulan.
  2. Psikotes
    Ada aturan/undang-undang yang mengharuskan bahwa alumni dari sekolah kedinasan harus mengikuti Tes terlebih dahulu sebelum diangkat sebagai CPNS. Te
    s tersebut diselenggarakan oleh sekolah kedinasan yang bersangkutan dan yang menentukan kelulusan juga mereka sendiri. Sehingga format tesnya bisa mereka setting sendiri. Sebelum penempatan Instansi saya harus ikuti tes, tetapi tesnya hanya dalam bentuk psikotes. Tujuan dari psikotes adalah untuk mengetahui kepribadian seseorang, jadi tidak ada yang lulus atau tidak lulus. Ada juga yang mengatakan bahwa hasil dari psikotes ini berpengaruh pada penempatan instansi nantinya. Saya ikut psikotes kalau tidak salah  bulan desember 2012.
  3. Penempatan instansi
    Beberapa minggu setelah psikotes, Pengumuman Penempatan Instansi keluar juga. Semua Alumni STAN dibagi ke Tiga payung besar yaitu Kementerian Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP).
    Kementerian Keuangan terbagi menjadi beberapa direktorat diantaranya :
    • Sekretariat Jenderal (SETJEN)
    • Inspektorat Jenderal (ITJEN)
    • Badan Kebijakan Fiskal (BKF)
    • Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (BAPEPAM LK)
    • Badan Pelatihan dan Pendidikan Keuangan (BPPK)
    • Direktorat Jenderal Pajak (DJP)
    • Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)
    • Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (DJPB)
    • Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC)
    • Direktorat Jenderal Anggaran (DJA)
    • Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang (DJPU)

    Kebetulan saya ditempatkan di Kementerian keuangan dalam hal ini Direktorat Jenderal Pajak. Pengumuman ini keluar pertengahan menjelang akhir februari.

  4. Orientasi calon pegawai di kementerian/instansi masing-masing
    Selanjutnya alumni STAN dikumpulkan dalam sebuah kegiatan. Yang menyelenggarakan kegiatan tersebut adalah ketiga payung besar tadi, dalam hal ini Kementerian keuangan, BPK, dan BPKP. Saat itulah alumni STAN secara resmi masuk ke instansi tersebut. Orientasi ini diselenggarakan kalau tidak salah akhir februari.


  5. Penempatan Magang
    Selanjutnya Alumni yang ditempatkan di kementerian keuangan harus mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat dimana mereka ditempatkan. Saya kebetulan ditempatkan di DJP dan megikuti acara tersebut kalau tidak salah tanggal 1 maret 2011.

    Pada akhir acara tersebut diumumkanlah pengumuman tempat magang. beberapa hari sebelum pengumuman tersebut, kami diminta untuk mengajukan 3 (tiga) kantor untuk dijadikan tempat magang nantinya. Dalam pengumuman tersebut alhamdulillah saya mendapat penempatan di Kampung sendiri, yaitu KPP Pratama Bulukumba. Magang mulai terhitung taggal 5 Maret 2011


  6. On Job Training
    3 (tiga) bulan pertama magang, alumni yang ditempatkan di DJP harus mengikuti On Job Training (OJT) yang hasilnya harus dilaporkan ke Kantor Pusat DJP. Di akhir OJT, kami juga harus membuat sebuah laporan / karya tulis.


  7. Magang
    S
    etelah OJT berakhir, saya ditempatkan di salah satu seksi di KPP Pratama bulukumba, dan dimagangkan sampai pengumuman penempatan depinitif dikeluarkan.
    Waktu magang sampai pengumuman penempatan depinitif tidak pasti, semua tergantung instansi masing-masing. Waktunya bisa saja enam bulan, delapan bulan, setahun, bahkan bisa lebih dari itu.

    Teman-teman saya yang di BPK dan BPKP saat ini sudah penempatan Depinitif. Sebagian direktorat yang di Kementerian Keuangan juga sudah menempatkan calon pegawainya. Sedangkan saya yang di DJP sampai saat ini belum ditempatkan juga. Sampai tulisan ini dibuat, saya masih menunggu pengumuman itu. Tetapi saya sudah mengajukan permohonan 3(tiga) tempat penempatan secara resmi.
    Dalam selang waktu itulah, banyak berkas yang harus dipenuhi sebagai syarat pengangkatan.


  8. SK CPNS
    Surat yang saya tunggu akhirnya keluar, penantian panjang hampir satu tahun terjawab sudah, masa depan mulai cerah, senyum mulai merekah.
  9. Diklat Prajabatan
    Beberapa minggu setelah Salinan SK CPNS keluar, panggilan Diklat prajabatan juga muncul.

    Saya mengikuti Diklat Prajabatan selama tiga minggu di BDK Makassar yang dilatih oleh Pasukan Khas Angkatan Udara.
  10. SK Penempatan depinitifH-1 penutupan prajabatan, SK paling keramat pun muncul, tak lain adalah SK penempatan depinitif, dan calon pegawai negeri di direktorat jenderal pajak harus segera menempati kantornya masing-masing yang berada dari sabang sampai merauke.
  11. Diklat Teknis Umum (DTU) Orientasisebulan setelah penempatan, panggilan Diklat DTU muncul. DTU dilaksanakan di Graha Insan Cita Depok dan dipandu oleh Kopasus. DTU kami lalui selama 10 hari, tetapi terasa sebulan. Kemudian dilanjutkan dengan DTSD
  12. Diklat Teknis Subtantif Dasar (DTSD)
    DTSD dilaksanakan di Pusdiklat Pajak Kemanggisan untuk Lulusan STAN adm. Perpajakan, sedangkan yang lulusan Akuntansi tempatnya di Punawarman.

    lama DTSD juga berbeda, untuk lulusan STAN Spes Adm. Perpajakan selama sebulan, sedangkan yang lulusan akuntansi selama 6 minggu.

    semua harus lulus DTSD agar bisa ikut diklat-diklat yang lain. amin
  13. SK PNS  
Saya belum bisa bercerita tentang tahapan 13 karena saya belum melewatinya. Tetapi secara garis besar, ketiga belas itulah tahapan yang harus dilewati alumni STAN sampai benar-benar memegang SK PNS. Tahapan tersebut bisa saja berubah, sesuai dengan ketentuan DJP. Waktu sampai menjadi PNS kira-kira 2 - 3,5 tahun.

Semoga informasi ini bisa membantu, dan menjawab semua keraguan akan alumni STAN. Bisa saya pastikan bahwa, semua alumni STAN pasti diangkat menjadi pegawai negeri. Yang membedakan hanya masalah waktu. Ada yang cepat dan ada juga yang lama seperti angkatan saya.
Terima Kasih