TERBARU : PENDAFTARAN SEKOLAH KEDINASAN TAHUN 2018/2019 - BATAS AKHIR PENDAFTARAN :            Penerimaan Calon Tamtama TNI AL Tahun 2018 : 24 November 2017 s.d. 7 Januari 2018
Home » , » Tes Wawancara USM STAN 2014

Tes Wawancara USM STAN 2014

Tes Wawancara Ujian Saringan Masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) tahun 2014. Selain tes kesehatan, untuk diterima menjadi mahasiswa baru Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, calon peserta juga harus melalui tes wawancara. Cukup banyak yang gagal pada tahap ini. Penilaian dan penentu kelulusan ada pada pewawancara, jadi bersikap sempurnalah di depan mereka. sempurna yang saya maksud adalah dengan mengikuti tes tersebut dengan baik dan lakukan semaksimal yang bisa kalian lakukan.


sebagai bahan pembelajaran, berikut ini saya bagikan pengalaman salah seorang terman yang pernah mengikuti tes wawancara USM STAN. Hal yang harus kalian siapkan dan perhatikan  adalah sebagai berikut :

  1. Penuhi semua syarat yang ditentukan pada pengumuman pelaksanaan wawancara. Satu hal yang perlu saya ingatkan adalah, gunakan pakaian dengan celana hitam serta kemeja putih
  2. Jangan terlambat, Datang tepat pada waktu yang telah ditentukan. datang lebih awal akan jauh lebih baik
  3. Ketika peserta datang ke lokasi wawancara, mereka akan diberikan selembar formulir
  4. Kemudian dipersilahkan untuk duduk dan diperintahkan untuk mengisi formulir tersebut
  5. Isi formulir tersebut sebagian besar berisi nama, No BPU, asal sekolah, loksi tes tahap satu
  6. Selain itu, pada formulir tersebut terdapat beberapa pertanyaan yang harus dijawab. Saya sarankan  jawablah dengan singkat padat dan jelas.
  7. Setelah menyelesaikan isian formulir, peserta kembali dikumpulkan oleh  panitia untuk diberi  antrian untuk melakukan wawancara. setelah mendapat giliran, panitia akan mengarahkan peserta ke meja mana dia harus melakukan wawancara. Meja pewawancara berada di ruangan yang berbeda.
  8. Ketika membuka pintu ruang wawancara ucapkanlah salam. Assalamu Alaikum atau selamat pagi
  9. Duduklah setelah peserta dipersilahkan duduk, jangan duduk sebelum dipersilahkan. 
  10. Setelah duduk, pewawancara akan membuka pembicaraan dengan pertanyaan-pertanyaan umum mengenai data diri peserta. Misalnya asal darimana, kesini sama siapa? nginep dimana (sekedar basa basi) untuk pembuka wawancara
  11. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana keseharian di rumah, mengisi waktunya ngapain, baca buku, internetan, atau nonton tivi, (kalo baca buku apa aja?)
  12. Pernah memimpin organisasi atau pernah ikut organisasi? kalo sudah, organisasinya apa?
  13. Pernah masuk OSIS, pernah jadi anggota ?
  14. Kalo punya punya pendapat beda dengan pimpinan, terus kita sudah kasi pendapat, tapi tidak didengarkan, bagaimana kamu menyikapinya?
  15. Sebaliknya jika kamu jadi pimpinan dengan kondisi seperti tadi, bagaimana kamu menyikapinya
  16. waktu sma pernah terlambat atau tidak ke sekolah? lebih sering terlambat atau tepat waktu?
  17. waktu sma pernah nyantek atau ngasi contekan?
  18. bagaimana perasaanmu saat menyontek?
  19. pernah dengar kasusnya gayus, itukan sama dengan nyontek atau melakukan kecuarangan?, bagaimana menurut maldan? setuju atau tidak?
  20. pilihan pertamanya pajak atau bea cukai? kenapa pilih pajak, alasannya apa?
  21. sudah lapar belum? sambil nanya, pewawancara membuat coretan yang ada nama dan nomor bpu. form penilaian tersendiri,
  22. Waktu wawancara kurang lebih 25 menit.

Tips yang bisa diberikan oleh teman saya agar kalian bisa lolos dari tes wawancara adalah 
  1. Minta doa restu dari orang tua dan keluarga kalian.
  2. Jawab dengan santai, jangan terlihat grogi, 
  3. Jawaban kalian jangan aneh-aneh. 
  4. Jangan idealis dalam menjawab, dan jangan lebay. 
  5. Jangan terlalu mengumbar kesuksesan, tapi jangan juga menceritakan semua kejelekan.
  6. usahakan terlihat antusias dan bersahabat. terbuka, jangan menutup diri (defensif).

Setelah selesai wawancara, peserta akan diminta untuk mengisi daftar hadir kemudian tanda tangan, setelah itu pulang. Demikianlah pengalaman dan tips yang bisa saya berikan, semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Terima kasih kepada saudara Muh. Magfirrmaldhan karena telah berbagi pengalaman kepada kita semua.

Baca Juga !

Info Terbaru

Ditulis Oleh : Muhammad Arif Ahsan

Info Tes Wawancara USM STAN 2014 ini dibagikan oleh Muhammad Arif Ahsan pada 01 Agustus 2014. Arif adalah alumni STAN wisuda tahun 2011, saat ini bekerja sebagai PNS di Kementerian Keuangan, apabila ada kritik atau saran silahkan sampaikan secara langsung melalui BBm (Pin D433858D), LINE (@kedinasan.com), atau EMAIL (muharifahsan@gmail.com).

0 komentar:

Posting Komentar

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2017/2018