Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Insititut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

1. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Institut Pemerintahan Dalam Negeri adalah Sekolah Kedinasan yang berada dibawah Naungan Kementerian Dalam Negeri. IPDN adalah salah satu sekolah tinggi yang menggratiskan biaya pendidikan bagi praja (sebutan untuk mahasiswa) IPDN, bahkan mereka telah memberikan gaji kepada semua praja ketika masih menjalani pendidikan.

selain itu, setelah menyelesaikan pendidikan, praja IPDN akan langsung diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil meskipun harus melewati tahap-tahap seperti magang, Prajabatan, dan lain-lain. Untuk mengetahui tentang persyaratan masuk IPDN [kalian bisa baca disini]. 


Alumni IPDN akan dipekerjakan di Kementerian Dalam Negeri atau di Pemerintah Pusat/Daerah. Mereka akan mengisi pos-pos yang telah ditentukan di pemerintahan pusata ataupun di pemerintah kabupaten/Kota. Untuk kalian yang bercita-cita  menjadi pejabat pemerintah, IPDN adalah salah satu jalan yang bisa kalian tempuh. Untuk informasi yang lebih lengkap tentang IPDN, kalian bisa baca-baca website resmi mereka di www.ipdn.ac.id atau di www.ipdn.kemendagri.go.id.