Home » » Waktu Pendaftaran Sekolah Kedinasan Non Ikatan Dinas Tahun 2015/2016

Waktu Pendaftaran Sekolah Kedinasan Non Ikatan Dinas Tahun 2015/2016

Tanggal pendaftaran sekolah kedinasan Non Ikatan dinas  2015-2016. Berhubung karena banyak yang salah persepsi mengenai sekolah kedinasan, ikatan dinas, non ikatan dinas. Saya kemudian memisahkan perguruan tinggi ke beberapa kriteria, yaitu sekolah tinggi kedinasan ikatan dinas, non ikatan dinas, dan sekolah tinggi lainnya. 

Berikut ini adalah sekolah tinggi yang berada dibawah naungan kementerian atau lembaga yang biasa disebut sekolah kedinasan tetapi tidak ikatan dinas. Artinya bahwa setelah mahasiswa lulus, mereka tidak diikat dalam kontrak kedinasan. Sederhananya tidak langsung diangkat sebagai pegawai negeri. Biaya pendidikan juga ditanggung masing-masing mahasiswa.

Berikut ini saya infokan beberapa sekolah kedinasan non ikatan dinas yang bisa menjadi pilihan kalian. Tunggu info pendaftarannya di bulan-bulan berikut.
  1. Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)
    Akhir Februari - Pertengahan Juni

    • Pendaftaran dimulai tanggal 30 Maret s.d. 1 Juni 2015;
    • Tes Potensi Akademik dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2015;




  2. Sekolah Tinggi Perikanan (ST Perikanan)
    Akhir Maret - Awal Juni
    • Rayon Pusat/Jakarta tanggal 01 April s/d 27 Mei 2015
    • Rayon Daerah dimulai tanggal 01 April s/d 22 Mei 2015
  3. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi - Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN)
    Awal Oktober - Pertengahan Juni


    • Semester gasal 10 Oktober - 31 Desember 2014
    • semester genap 2 Maret - 22 Mei 2015




  4. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP)
    Akhir Februari - Akhir Juni
    • 30 Maret s.d 01 Juni 2015 Pendaftaran Sipencatar 
    • 16 Juni 2015 Pelaksanaan Test Potensi Akademik (TPA) 
    • 25 Juni 2015 Rapat Hasil Test Potensi Akademik (TPA) 
    • 26 Juni 2015 Pengumuman Hasil Test Potensi Akademik 
    • 02 Juli s.d 15 Juli 2015
      • Pelaksanaan Test Kesehatan 
      • Pelaksanaan Test Kesamaptaan 
      • Pelaksanaan Test Psikotest 
      • Pelaksanaan Test Wawancara 
    • 06 Juli s.d 24 Juli 2015 Laporan Hasil Test Kesehatan, Kesamaptaan, Psikotest dan Wawancara 
    • 04 Agustus 2015 Rapat Pantukir 
    • 05 Agustus 2015 Pengumuman Hasil Pantukir

    Pendaftaran STIP Jalur Bea Siswa Baca disini






  5. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI)
    Awal Februari - Akhir Juni

    • Pendaftaran dimulai tanggal 30 Maret s.d. 1 Juni 2015;
    • Tes Potensi Akademik dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2015;




  6. Akademi Kimia Analisis (AKA)
    Awal Januari - awal Juli
    1. Seleksi Rapor
      • Pendaftaran tanggal 2 Januari - 10 April 2015
      • Pengumuman 28 April 2015
    2. Ujian Masuk
      • Pendaftaran 2 Januari - Juni 2015
      • Tes Gelombang I tanggal 6 Juni 2015
      • Pengumuman Gelombang I tanggal 13 Juni 2015
      • Tes Gelombang II tanggal 1 Agustus 2015
      • Pengumuman Gelombang II tanggal 6 Agustus 2015




  7. Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS)
    Awal Mei - Pertengahan Juni

    • Pendaftaran : 20 April- 22 Juni 2015 
    • Seleksi Ujian Tulis : 25 Juni 2015 
    • Pengumuman Ujian Tulis : 2 Juli 2015 
    • tes wawancara tanggal 6-7 Juli 2015
    • Pengumuman hasil wawancara : 9 Juli 2015





  8. Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN)
    Akhir April - Akhir Mei


    Jalur Seleksi Rapor (new)

    Awal Januari - Pertengahan Maret
    26 Januari 2015 dan selambat-lambatnya tanggal 27 maret 2015
    Jalur Umum
    Akhir April - Akhir Mei

    • Pendaftaran Langsung tanggal 27 April - 29 Mei 2015
    • Pendaftaran online tanggal 27 April - 21 Mei 2015





  9. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) 
    Sekitar Bulan Juni
    1. Pendaftaran Online Tanggal 01 Juni s.d. 19 Juni 2015
    2. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Tanggal 06 Juli 2015
    3. Ujian Tertulis  01 Agustus 2015
    4. Pengumuman ujian tertulis 14 Agustus 2015
    5. Ujian Kesehatan, Stereoskopis dan Wawancara 07 – 08 September 2015
    6. Ujian Fisik/Jasmani 09 September 2015
    7. Pengumuman akhir 11 September 2015




  10. Sekolah Tinggi Energi Mineral Akamigas (STEM Akamigas)
    Bulan April - Mei

    • Tahap Sosialisasi (edaran) tanggal 2 Februari- 30 April 2015
    • Pendaftaran tanggal 27 april - 15 Mei 2015
    • Pelaksanaan Test Tanggal 4 Juni 2015
    • Pengumuman hasil test 22-26 Juni 2015
    • Daftar Ulang tanggal 22 Juni -10 Juli 2015
    • Kedatangan calon tanggal 7-8 agustus 2015
    • Pembukaan STEM Akamigas TA 2015/2016 tanggal 10 agustus 2015


Baca Juga !

Info Terbaru

Ditulis Oleh : Muhammad Arif Ahsan

Info Waktu Pendaftaran Sekolah Kedinasan Non Ikatan Dinas Tahun 2015/2016 ini dibagikan oleh Muhammad Arif Ahsan pada 01 Oktober 2014. Arif adalah alumni STAN wisuda tahun 2011, saat ini bekerja sebagai PNS di Kementerian Keuangan, apabila ada kritik atau saran silahkan sampaikan secara langsung melalui BBm (Pin D433858D), LINE (@kedinasan.com), atau EMAIL (muharifahsan@gmail.com).

43 komentar:

  1. moga bnyak yng masuk kuliah kedinasan

    BalasHapus
  2. Mau link pendaftaran STTN jalur rapor dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. di webnya belum ada info apa2.. jadi belum ada pendaftaran. tunggu aja yah.

      Hapus
  3. bisa ikut tes di beberapa ikatan dinas ga sih dalam tahun yang sama?

    BalasHapus
  4. Min bnerkan stpi awal februari trus gimana cara daftar onlineny websitenya aj gk bisa di buka

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan februari, webnya belum dibuka

      Hapus
  5. Min, saya sekarang masih kls 3 sma. Apa benar pendaftarannya dibuka bulan februari untuk STPI?. Berarti testnya selesai un ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kmungkinan februari.. jdwalnya tunggu info resmi mereka

      Hapus
  6. Webny belum bisa di buka nyampe sekarang min lh gan tw dr mn lw bukany februari
    Q mnt pin bb agan tw papun yg bisa tak hubungin

    BalasHapus
  7. Stpi curug mas skrg aj q buka bru da tlsn under construction lw kmrn mlh gk bisa d buka sma skli

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. tunggu aja.. InsyaAllah tahun ini sy munculkan ATKP

      Hapus
  9. Permisi min. Saya mau tanya untuk pendaftaran AKA yang masih kelas 3 boleh mendaftar kan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo lulusnya tahun ini, kmu bisa daftar

      Hapus
  10. min, apa mungkin pendaftaran stpi di undur ya min? soalnya skrg aja udh akhir februari..hehe maaf min saya juga minta info atkp juga ya min..THANK'S MIN

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya begitu.. kita tunggu aja. mudah2n awal maret udah ada kabar

      Hapus
  11. min syarat STEM aka migas apa aja?

    BalasHapus
  12. ada yang tahu sekolah kedinasan setara SMU/SMK?? tlng infonya di aldokutai@gmail.com. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada.. sekolah kedinasan itu setara dengan perguruan tinggi..

      mungkin yg mendekati hanya SMA Taruna nusantara

      Hapus
  13. min,info pendaftaran STTD tahun 2015 kapan?di atas kan sekitar bulan februari,tp smpe skrang kok blm ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. sy jg masih nunggu, kita sama2 pantau aja web resmi kereka.. mudah2n cepet keluar.. amin

      Hapus
  14. Min,sekolah diatas langsung jadi pns apa engga? Buat lulusan IPS yang mana min? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak langsung diangkat..
      baca aja syaratnya.. kmu bisa liat sendiri mana untuk IPS

      Hapus
  15. min apa STTD itu ikatan dinas ? apa STTD itu perekuliahan/pendidikan nya bayar,? terimakasih mohon info nnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. STTD tidak ikatan dinas.. tpi mereka punya sistem pembibitan.. biar lebih tau tentang sistem itu, baca aa di webnya

      kuliahnya bayar

      Hapus
  16. STTD jadinya ikatan dinas apa gak ya?
    kok baca2 di sini : http://www.hiburdunia.com/2014/05/sttd-ikatan-dinas-lagi.html
    katanya jadi ikatan dinas lagi?
    mohon penjelasannya

    BalasHapus
  17. min untuk STIP alur beasiswa pembibiitan,, itu tuh biaya pendidikan sama biaya hidup nya 100% ditanggung oleh pihak STIP sendir atau bagaimana sistem nya..?? mohon penjelasannya..!!

    BalasHapus
  18. Stsn tes akademiknya dimana

    BalasHapus
  19. Min untuk stpi .formulir pendaftaran nya harus mencantumkan nilai uan fisika mtk dan bahasa inggris . Saya jurusan ips dan di ijazah saya gak punya nilai fisika . Sementara itu untuk jurusan sma ipa/ips

    BalasHapus
  20. min, gw buta warna parsial, apa da kedinasan yg bsa gw masukin??

    BalasHapus
  21. kalau lulusan kemarin bisa gaksih? persyaratannya apa sama aja?? lagian masih kuliah juga nih

    BalasHapus
  22. sklh tinggi yg ada multimedianya itu dmna ya kak? info plis,mksih

    BalasHapus
  23. kalo dr jurusan akuntansi gak bsa msuk di STKS ya ?

    BalasHapus
  24. kalau lukusan tahun 2014 apa bisa ikut jalur pmdk? atau seleksi rapor?

    BalasHapus
  25. kalau untuk stan sendiri kira2 kapan sih tanggal pendaftarannya?fast respon pleaseeeeeeee

    BalasHapus
  26. ijin share fitriany.blogspot.com

    BalasHapus
  27. min apakah masih ada skolah tinggi kedinasan atau non kedinasan yg masih buka sekrang? mohn infonya min

    BalasHapus
  28. Menurut kakak persiapan apa saja untuk masuk kesekolah ikatan dinas, selagi saya masih kelas XI

    BalasHapus
  29. Menurut kakak persiapan apa saja untuk masuk kesekolah ikatan dinas, selagi saya masih kelas XI

    BalasHapus

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2017/2018