BATAS AKHIR PENDAFTARAN :            STP Bandung [MANDIRI] : s.d. 28 April 2017            Politeknik APP Jakarta [PPKA/PMDK] : s.d. 28 April 2017            POLTEKPOS [PMDK] : s.d. 29 April 2017            STTA [PMDK] : s.d. 29 April 2017 (Cap POS) atau 10 Mei 2017 (datang langsung)            STIMLOG [PMDK] : s.d. 29 April 2017 (Cap POS) atau 10 Mei 2017 (datang langsung)            Politeknik AKA Bogor [Ujian Masuk] Gel. I : s.d. 7 Mei 2017            STTD Bekasi [Reguler] : s.d. 19 Mei 2017            STIP Jakata [Tes] : s.d. 19 Mei 2017            STPI Curug [Tes] : s.d. 19 Mei 2017            ATKP Medan [Tes] : s.d. 19 Mei 2017            ATKP Surabaya [Tes] : s.d. 19 Mei 2017            ATKP Makassar [Tes] : s.d. 19 Mei 2017            API Madiun [Tes] : s.d. 19 Mei 2017            PIP Makassar [Tes] : s.d. 19 Mei 2017            PIP Semarang [Tes] : s.d. 19 Mei 2017            POLTEKPEL Surabaya [Tes] : s.d. 19 Mei 2017            PKTJ Tegal [Tes] : s.d. 19 Mei 2017            BPPTD Bali [Tes] : s.d. 19 Mei 2017            BPPTD Palembang [Tes] : s.d. 19 Mei 2017            STTKD Yogyakarta : s.d. 31 Mei 2017            STIALAN : s.d. 02 Juni 2017            POLTEK GT : s.d. 9 Juni 2017            Poltekpar Palembang : s.d. 9 Juni 2017            Poltekpar Lombok : s.d. 9 Juni 2017            STPNB : s.d. 9 Juni 2017            STP Jakarta (khusus) : s.d. 10 Juni 2017            STKS Bandung : s.d. 13 Juni 2017            STT Tekstil [USM] : s.d. 21 Juni 2017            Univ. Pertamina : s.d. 2 Juli 2017            STP Jakarta (umum) : s.d. 11 Juli 2017            Poltekpar Makassar : s.d. 18 Juli 2017            Politeknik APP Jakarta [Online] : s.d. 19 Juli 2017            Politeknik APP Jakarta [Tertulis] : s.d. 1 Agustus 2017            STT PLN : s.d. 3 Agustus 2017            POLTEKPOS [Tes] : s.d. 3 Agustus 2017            STIMLOG [Tes] : s.d. 3 Agustus 2017            Politeknik ATK [Tes] : s.d. 7 Agustus 2017            STMI : s.d. 11 Agustus 2017            STT Nasional : s.d. 15 Agustus 2017            STTA [Reguler] : s.d. 21 Agustus 2017            STIKI Malang [Reguler] : s.d. 30 September 2017            STIKI Malang [Double Degree] : s.d. 30 September 2017
Home » , » SIPENCANTAR API Madiun Tahun 2015/2016

SIPENCANTAR API Madiun Tahun 2015/2016

Seleksi Penerimaan Calon Taruna Baru Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun Tahun Akademik 2015/2016 (STIKA Madiun). API atau STIKA Madiun melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan membuka kesempatan bagi putra dan putri terbaik Bangsa Indonesia untuk dididik menjadi SDM yang profesional dalam dunia Transportasi yang diakui secara nasional maupun internasional. Pendaftaran tersebut dimulai tanggal 30 Maret s.d. 1 Juni 2015 dan Tes Potensi Akademik dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2015. Berikut ini adalah beberapa informasi penting terkait SIPENCANTAR API MadiunTahun akademik 2015/2016.

Syarat Pendaftaran

  1. Usia maksimum 23 tahun pada bulan September 2015;
  2. Jenis kelamin : Pria atau Wanita, 
  3. Belum menikah dan sangup tidak menikah selama masa pendidikan dibuktikan dengan surat pernyataan;
  4. Tinggi badan minimal Pria 160 cm dan Wanita 155 cm,
  5. Menyerahkan Pas Photo terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar berwarna dengan latar belakang merah dan foto copy STTB, nilai UN, Akte Kelahiran dan Surat Keterangan Belum Menikah dari Kelurahan/Desa;
  6. Bagi yang masih duduk di Kelas III SLTA, membawa Surat Keterangan dari Kepala Sekolah sebagai Peserta UN;
  7. Syarat Khusus :
    • D.III TBJP (Teknik Bangunan dan Jalur Perkeretaapian)
      1. SMU/MA (IPA) 
      2. SMK Jurusan Teknik Bangunan 
    • D.III TEP (Teknik Elektro Perkeretaapian)
      1. SMU/MA (IPA) 
      2. SMK jurusanTeknik Elektro, Teknik Komunikasi, Teknik Listrik, Teknik Komputer Jaringan 
    • D.III TMP (Teknik Mekanika Perkeretaapian)
      1. SMU/MA (IPA) 
      2. SMK Jurusan Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Otomotif, Teknik Mesin, Teknik Listrik, Teknik Elektro 
    • D.III MTP ( Manajemen Transportasi Perkeretaapian)
      1. SMU/MA (IPA) 
      2. SMK Jurusan Teknik Bangunan, Teknik Mesin, jurusanTeknik Elektro, Teknik Komunikasi, Teknik Listrik, Teknik Komputer Jaringan, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Otomotif
Pendaftaran Terbaru

Tempat Pendaftaran 

  1. Akademi Perkeretaapian Indonesia Madiun Jl. Tirta Raya, Kota Madiun Jawa Timur Tlp. (0351) 461597
  2. Dishubkominfo Prov. Kalimantan Tengah Jl. S. Parman No. 1 Palangkaraya, Telp. (0536) 3221090 
  3. Dishubkominfo Prov. Sulawesi Jl. R.A. Kartini No. 35 Palu, Telp. (0451) 422196 
  4. Dinas Perhubungan Prov. Sulawesi Utara Jl. RE Martadinata No.35, Manado, Telp. (0431) 867052 
  5. Dinas Perhubungan Prov. Nusa Tenggara Timur Jl. Palapa No. 17 Kupang, Telp. (0380) 833691, 831321 
  6. Dishubkominfo Prov. Nusa Tenggara Barat Jl. Langko No. 49 Kota Mataram, Telp. (0370) 633735 
  7. Dishubkominfo Prov. Sumatera Barat Jl. Raden Saleh No. 12 Padang, Telp. (0751) 40330, 40331, 40332 
  8. Dinas Perhubungan Prov. Jambi Jl. Prof. Moh. Yamin, SH No. 76 Simpang Kawat Jambi, Telp. (0741) 60348 
  9. Dishubkominfo Prov. Papua Barat Jl. Bandung Borasi No. 4 Manokwari – Papua Barat, Telp. (0986) 216013

Biaya Pendaftaran

Membayar biaya pendaftaran, dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Program Studi Transportasi Darat sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah);
  2. Membawa bukti pembayaran uang pendaftaran yang telah disetorkan : Ke Rekening Bendahara Penerima, 
  3. bagi yang mendaftar pada Satker/UPT BPSDMP; Ke PT. Bank BNI Tbk. Kantor Cabang Utama Harmoni atas nama Rekening Bendahara Penerima Badan Pengembangan SDM Perhubungan iiNomor 0018315478 atau bukti Pos Wesel yang ditujukan kepada Badan Pengembangan SDM Perhubungan Jl. Medan Merdeka Timur Nomor 5 Jakarta, bagi yang mendaftar pada Dinas Perhubungan.

Tata Cara Pendaftaran

Peserta datang sendiri ke Lokasi Pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan atau dapat diakses ke Website Institusi Pendidikan dan Pelatihan Perhubungan masing-masing;

Jenis dan Tahapan Seleksi

  1. Seleksi Administrasi meliputi kelengkapan persyaratan administrasi;
  2. Seleksi Potensi Akademik;
  3. Seleksi Kesehatan, Kesamaptaan, Psikotes, dan Wawancara dilaksanakan di masing-masing lokasi pendaftaran berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.

Lain-lain

  1. Pendaftaran dimulai tanggal 30 Maret s.d. 1 Juni 2015;
  2. Tes Potensi Akademik dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2015;
  3. Tidak diadakan surat menyurat antara peserta seleksi dengan Panitia Seleksi Penerimaan Calon Taruna Pendidikan dan Pelatihan Perhubungan;
  4. Hasil Seleksi Akademik dan Pantukhir akan diumumkan pada website Kementerian Perhubungan (www.dephub.go.id), BPSDMP (bpsdm.dephub.go.id) dan lokasi pendaftaran;
  5. Uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali bila sudah disetorkan.

Baca Informasi Lainnya Juga !!!

Ditulis Oleh : Muhammad Arif Ahsan

Info SIPENCANTAR API Madiun Tahun 2015/2016 ini dibagikan oleh Muhammad Arif Ahsan pada 13 Maret 2015. Arif adalah alumni STAN wisuda tahun 2011, saat ini bekerja sebagai PNS di Kementerian Keuangan, apabila ada kritik atau saran silahkan sampaikan secara langsung melalui BBm (Pin D433858D), LINE (@kedinasan.com), atau EMAIL (muharifahsan@gmail.com).

87 komentar:

  1. ka STIKA sama API itu sama ya? teruss fotocopy STTB apaa ya? kalo sayaa dari smk dengan program pendidikan 4 tahun kan sudah UN tapi belum dapet nilainya terus gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama.. STTB itu pengganti ijazah klo ijazahmu belum keluar.

      tunggu lulus dulu baru bisa daftar

      Hapus
  2. kak ini langsung ikatan dinas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy belum tahu statusnya.. masih baru soalnya

      Hapus
  3. Kak kalo daerah saya jauh dari tempat pendaftaran yg udah disebutin diatas cara daftarnya gimana ?

    BalasHapus
  4. Kak kalo daerah saya jauh dari tempat pendaftaran yg udah disebutin diatas cara daftarnya gimana ?

    BalasHapus
  5. kak mau tanya itu kan ada kata "taruna" berarti gak boleh pake kacamata?

    BalasHapus
  6. ada website resminya gak.... gue nyari gak nemu-nemu....

    BalasHapus
  7. iye??daftar online nya gmn

    BalasHapus
  8. kak kesehatan mata dan gigi mempengaruhi kelulusan buat masuk stika nggak??

    BalasHapus
  9. maaf kak mau tanya ???
    itu nanti untuk mengisi formulir apa kita langsung datang ke tempat lokasi ???
    tidak lewat web ???
    serta pengiriman biaya pendaftarannya ditransfer atau langsung datang ke lokasi bersamaan dengan mengisi formulir pendaftaran ????

    BalasHapus
  10. untuk smk jurusan perikanan apa bisa?

    BalasHapus
  11. kak setelah diterima selama menjadi taruna biaya ditanggung negara atau ditaggung sendiri.?

    BalasHapus
  12. kak buat SMK PENERBANGAN bisa masuk tidak kak?

    BalasHapus
  13. kak, kalau bahsa bisa gak ya ?

    BalasHapus
  14. Kak daftarnya apa stelah pengumuman kelulusan atau sekrang

    BalasHapus
  15. Kak daftarnya lsg dateng kesitu ya? Apa online?

    BalasHapus
  16. gan itu pendaftaran serentak kan ? berarti STTD juga dong ?

    BalasHapus
  17. ka saya lulusan SMK jur. Kimia analis, tapi tertarik buat daftar d STIKA . apa Bisa ?

    BalasHapus
  18. Berkacamata tdk boleh kah?

    BalasHapus
  19. saya taruna disini dek, kacamata gak boleh, dftar bisa langsung atau bs ke sekolah kedinasan perhubungan lain seperti mau dftr api dftar nya bs lwt stipsstd dll. anak ipa atau smk yg jurusan ipa kyk elektro dll bs, max usia 23. kesehatan mata gigi semua berpengaruh seperti dftr polisi. tp minus msh bs dterima asal minus tdk terlalu besar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kesehatan gigi dan sejenisnya gimana kak? Sama kalau pernah patah tulang gimana kak?

      Hapus
  20. @ kak dea kalau usia minimalnya berapa?

    BalasHapus
  21. Biasanya cewek ambil jurusan apa kak

    BalasHapus
  22. websitenya saya cari kok gaada ? mohon d beri tau

    BalasHapus
  23. mata minus 2 gak bisa ya jadinya

    BalasHapus
  24. kalau masihh pakai behel bisa gak ya?

    BalasHapus
  25. Kan ada sttb sementara tp uda resmi kak. Bisa gak

    BalasHapus
  26. bagusan api apa sttd perkeretaapian min, sm kuota masing2 brp ya?

    BalasHapus
  27. setelah di nyatakan lulus test/seleksi taruna dishub di mataram kelanjutannya bagaimana???mungkin ada keharusan2 yang harus disiapkan???terima kasih untuk info balasan nya

    BalasHapus
  28. @kak dea, berarti kalo peserta yang walaupun lolos tahap TPA tapi ada gigi yang cacat mislanya gigi berlubang tetep ga bisa masuk API ya kak?

    BalasHapus
  29. min ini test nya mulai jam berapa?

    BalasHapus
  30. Kak kalau gigi berlubang sedikit bisa nggak?kalau gigi tumpang tindih walaupun bagus bisa nggak kak?

    BalasHapus
  31. min ini liat nya pengumuman gimana to? aku kok bingung

    BalasHapus
  32. Knp sih kok lukusan IPS Kg bis masuk:'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu udah syarat yg ditentukan oleh panitia.. mungkin karena ilmu yg dimiliki siswa SMA jurusan IPS tidak selaras dengan materi yg dipelajari di API madiun..

      dulu kamu milih masuk jurusan IPS karena apa?

      Hapus
  33. Numpang nanya kira-kira pendaftaran untuk thn 2016/2017 (tahun depan) kapan mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu infonya kira2 dibulan maret atau april

      Hapus
  34. berapa biaya per semester nya ? ......

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum mendapat informasi terkait biaya pendidikan

      Hapus
  35. pendaftaranya udah ditutup ya ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk 2015/2016 udah tutup.. kamu coba aja untuk akademik tahun depan 2016/2017

      Hapus
  36. 2016/2017 itu untuk yg ujian nasional tahun ini?

    BalasHapus
  37. apa ada syarat untuk usia minimal??

    BalasHapus
  38. kak kalau mau jadi masinis, di API ambil apa ya..??? saya pelajar SMK jurusan elektronika

    BalasHapus
  39. Kalo lulusan d3 manajemen transportasi udara bisa masuk?

    BalasHapus
  40. yok siapa yg tahun ini ikut saya daftar kesana di lokasi madiun. udah ntar bersama sama cari info jg dsana yg pnting datang dulu kesana

    BalasHapus
  41. kalo tahun 2016 buka ny kapan,y,,?

    BalasHapus
  42. kalo msuk ke STIKA Madiun biayanya berapa ya..???

    BalasHapus
  43. kak stika itu semi militer ya? kayak pelayaran gag ya?

    BalasHapus
  44. kak aku smk teknik kimia bisa daftar gak?

    BalasHapus
  45. Kak kalo paket c program ips bisa ndak kak.
    Mohon pencerahannya kak. Trims

    BalasHapus
  46. yang ingin masuk masinis masuk jurusan apa?..

    BalasHapus
  47. Untuk tahun 2016/2017 kapan ya?
    Apakah bisa daftar secara online?

    BalasHapus
  48. kak kesehatan gigi dipermasalahkan apa enggak ?

    BalasHapus
  49. maaf kak daftarnya kemana ya

    BalasHapus
  50. kak mau tanya pendaftaran stika dibuka tanggal berapa ya??

    BalasHapus
  51. Pendaftarana thn 2016 kapan dibuka kaaa ?

    BalasHapus
  52. pendaftaran tahun 2016 kapan ya?mohon bantuannya kak

    BalasHapus
  53. ditunggu saja kak. lebih baik sekarang dipersiapkan untuk tes nya.

    BalasHapus
  54. kalo pendaftaran tahun ini kapan

    BalasHapus
  55. Tes kesehatannya apa apa ya ? saya dari jurusan TEKNIK KOMPUTER & JARINGAN SMK

    BalasHapus
  56. Kalo mau daftar STIKA/API Madiun tapi mau daftar sekolah ikatan dinas lain juga buat cadangan, apa bisa/boleh?

    BalasHapus
  57. Informasi pendaftaran STIKA tahun belum ada ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah keluar kok, setelah UN pendaftarannya kalau tidak salah

      Hapus
  58. Pendaftaran tahun ini d buka bulan apa ya kak? Please respond

    BalasHapus
  59. Kak, kalau buta warna partial mau coba daftar ke akademi kereta api madiun atau daftar masinis itu bisa apa tidak?

    BalasHapus
  60. pendaftaran tahun ini kapan kak ..???
    trz kalo dftar online gak bisa ta ..?? apa harus ke madiun langsung ..???

    BalasHapus
  61. kak kalo berkaca mata , bisa masuk persyaratan ga tuh

    BalasHapus
  62. kak kalo gigi sedikit maju gimana tpi rapi??mohon penjelasannya

    BalasHapus
  63. kak kalo gigi sedikit maju gimana tpi rapi??mohon penjelasannya

    BalasHapus
  64. Buat SMK KELAUTAN jurusan NAUTIKA apa bisa ?

    BalasHapus
  65. untuk smk jurusan perikanan apa bisa masuk

    BalasHapus
  66. kak kalau REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL) bisa ngak kak?

    BalasHapus
  67. Kak kalo tes kesehatan yg dites apa aja yaa?

    BalasHapus
  68. Kak kalo tes kesehatan yg dites apa aja yaa?

    BalasHapus


Add Friend
Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2017/2018