Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendaftaran STP Bandung Jalur Mandiri Tahun 2020, Ini Syaratnya

Pendaftaran STP Bandung Tahun 2020

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STP Bandung) Tahun Akademik 2020/2021. Pelajari syarat pendaftaran, alur, jadwal, serta informasi penting lainnya.


Sekolah Kedinasan, Kedinasan.com - STP Bandung akan membuka pendaftaran tahun 2020 dengan dua jalur, yaitu mandiri dan jalur SBMPTNP. SBMPTNP adalah seleksi yang dilakukan bersama dengan perguruan tinggi pariwisata lainnya. Untuk jalur seleksi mandiri, terbagi menjadi dua program yaitu reguler dan program internasional. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari website resminya www.stp-bandung.ac.id, diketahui bahwa jalur reguler adalah berbayar, sedangkan jalur internasional gratis. Tentu saja ketika melihat kata gratis, rasa penasaran kita akan muncul. Oleh karena itu, jika kalian penasaran dengan kata gratis tersebut, silahkan hubungi langsung panitia pendaftaran melalui kontak yang ada di website resminya.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang jalur mandiri program reguler yang tentu saja berbayar. Beberapa hal yang perlu kalian ketahui sebelum mendaftar di STP Bandung adalah sebagi berikut :


Jadwal Pendaftaran dan Tahapan Seleksinya

Pendaftaran telah dibuka sejak tanggl 25 Februari 2020, dan akan ditutup pada tanggal 3 Juli 2020. Selengkapnya, berikut ini adalah jadwal pendaftaran dan jadwal tahapan seleksi yang akan dilalaui oleh pendaftar. Silahkan catat tanggal-tanggalnya dengan baik agar tidak ketinggalan.
  • Pendaftaran dan pencetakan kartu peserta seleksi (KPS) tanggl 15 Februari s.d. 3 Juli 2020
  • Ujian/Test Psikotes tanggal 7 Juli 2020
  • Ujian Bahasa Inggris tertulis tanggal 8 Juli 2020
  • Pengumuman hasil seleksi tahap 1 tanggal 15 Juli 2020
  • Penyerahan hasil pemeriksaan kesehatan (bagi yang lulus tahap 1) tanggal 16 Juli s.d. 22 Juli 2020
  • Ujian lisan/Wawancara tanggal 22 Juli 2020
  • Pengumuman hasil seleksi tahap 2 tanggal 26 Juli 2020
  • Daftar Ulang dan Penyerahan kelengkapan persyaratan tanggal 27 s.d. 31 Juli 2020
  • Pembinaan sikap dasar dan Profesi (PSDP) tanggal 3 s.d. 9 Agustus 2020
  • Permulaan Kuliah (Program Agustus 2020) tanggal 10 Agustus 2020


Syarat Pendaftaran

STP Bandung menerima pelamar dari semua lulusan SMA/MA/SMK jurusan apapun. Syarat pendaftar yang perlu disoroti adalah tinggi badan dan faktor kesehatan. Setelah kalian dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa kalian harus melampirkan surat hasil pemeriksaan kesehatan yang menunjukkan kalian negatif narkoba,paru, buta warna, hamil, tato,atau tindik. Serta terdapat keterangan yang menunjukkan tinggi badan kalian. Minimal tinggi badan untuk pria adalah 160 cm, dan wanita 155 cm dengan berat badan seimbang. Untuk selengkapnya, berikut ini saya sampaikan syarat pendaftaran STP Bandung Tahun 2020 :

Persyaratan Umum

  1. Lulusan SMA/SMK/MA atau Sederajat
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran Melalui http://pmb.stp-bandung.ac.id
  3. Membayar biaya pendaftaran sejumlah Rp 250.000 dan biaya yang disebabkan oleh proses pendaftaran.
  4. Kelengkapan Berkas ( Ketika dinyatakan LULUS ):
    • Upload dalam bentuk File PDF kartu keluarga 
    • Upload dalam bentuk File PDFn e-KTP 
    • Upload dalam bentuk File PDF Ijazah terakhir 
    • Upload dalam bentuk File PDF 
    • Upload dalam bentuk File PDF Asli Surat Hasil Pemeriksaaan Kesehatan yang ditandatangani oleh dokter dari Rumah Sakit Pemerintah. Dengan Hasil Pemeriksaan sebagai berikut:
      1. Narkoba : Negatif (5 spek)
      2. Tinggi Badan : P = 160 cm ; W = 155 cmc
      3. Berat Badan : Tidak overweight/underweight
      4. Paru : Negatif
      5. Scoliosis  : Negatif
      6. Buta Warna : Negatif
      7. Hamil (Wanita ) : Negatif
      8. Strabismus    : Negatif
      9. Tato    : Negatif
      10. Tindik : Negatif

Ketentuan Lainnya:

  1. Peserta yang dinyatakan lulus berkas diwajibkan untuk mengikuti Seleksi Wawancara.
  2. Kelengkapan Berkas Pendaftaran diupload pada akun masing - masing peserta paling lambat sampai batas waktu yang ditentukan
  3. Pendaftar yang dinyatakan TIDAK LULUS Seleksi Kategori Berprestasi dengan Bantuan Biaya Pendidikan masih berkesempatan untuk mendaftar pada SMM Kategori Umum, mengacu pada jadwal ujian di laman jadwal.

KELENGKAPAN ADMINISTRASI MAHASISWA BARU (Program Diploma)

Syarat ini dibawa pada saat Daftar Ulang setelah dinyatakan Lulus Seleksi :
  1. Fotocopy Ijazah SMU/SMK/MA atau SLTA sederajat yang telah dilegalisir (sebelum ijazah keluar dapat mempergunakan Surat Kelulusan / SKHUN dari Sekolah). Bagi pemilik ijazah luar negeri harus mendapat kesetaraan dari DIKTI.
  2. Fotocopy KARTU KELUARGA dan KTP (jika belum mempunyai KTP, cukup KARTU KELUARGA).
  3. Pas photo berwarna terbaru 5 (lima) buah berukuran 3 X 4 cm dengan latar belakang merah.

Alur Pendaftaran

Alur pendaftaran berikut ini saya kutip dari website resmi STP Bandung. Silahkan kalian pelajari alurnya dengan baik, agar tidak ada kendala yang kalian hadapi nantinya.
alur pendaftaran STP Bandung

Sebagai penutup dari artikel ini, saya berharap kalian bisa memilih tempat melanjutkan pendidikan sebaik mungkin. Pilihlah sesuai minat dan kemampuan kalian. Jangan sampai kalian salah memilih dan terpaksa berhenti ditengah perjalanan. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi kalian untuk memilih perguruan tinggi, dan semoga bermanfaat untuk kita semua. Apabila kalian mempunyai pertanyaan, komentar, saran, atau kritik, silahkan sampaikan melalui akun media sosial kami. Sekian dan terima kasih.

Kredit gambar : 
Gambar gedung STP Bandung : https://www.kompasiana.com/haniabd/57d98768557b618c3b4a7644/sekolah-tinggi-pariwisata-bandung-selayang-pandang
Gambar alur pendaftaran : Pmb.STP-Bandung.ac.id