Home » » Pengalaman Mengurus Blog Hingga Menghasilkan Jutaan Rupiah

Pengalaman Mengurus Blog Hingga Menghasilkan Jutaan Rupiah

Cara Menghasilkan jutaan rupiah dari blog. Menjadi seorang penulis adalah cita-cita sebagian banyak orang, termasuk saya pribadi. Namun, tak mudah untuk mewujudkan cita-cita tersebut, karena untuk mewujudkannya dibutuhkan banyak latihan. Salah satu bentuk latihannya yaitu dengan membuat blog lalu merangkai kata, kemudian membagikannya ke dunia maya.
Latihan itulah yang rutin saya lakukan hingga saat ini, dan berharap suatu saat nanti akan menjadi penulis yang terkenal. Amin.

Setelah empat tahun lebih menekuni dunia blog, banyak hal yang dapat saya pelajari. Salah satunya adalah, apa yang kita berikan atau bagikan secara ikhlas, pasti akan membuahkan hasil yang lebih baik dari apa yang kita bagikan tersebut. Pada postingan ini saya akan mencoba berbagi pengalaman menjadi seorang blogger. Saya sadari, saya bukanlah blogger handal  dan tentu saja bukan blogger yang terkenal. Namun apa yang saya raih hingga saat ini, mungkin bisa memotivasi teman-teman semua untuk mulai menulis dan merawat blog pribadinya. 

Saya mulai mengenal dunia blog yaitu pada tahun 2008, ketika itu saya baru semester satu di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN Jakarta). Namun semua blog yang kubuat ketika itu hanya menjadi sampah yang mungkin sudah dibakar habis oleh google. Kemudian pada april 2011 ketika menjelang akhir semester enam, saya mulai mencoba menulis blog lagi. 

Yang menginspirasi saya untuk semangat menulis blog adalah seorang teman alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, saat ini dia sudah sukses di Dubai menjadi pegawai Emirates Bank. Saya mengenalnya di Kegiatan Lomba pajak nasional yang diselenggarakan oleh Ikatan mahasiswa Pajak (IMP STAN), dia menjadi peserta dan saya adalah salah seorang panitianya. Dari dialah saya belajar tentang blog, mulai dari cara menulis hingga cara memanfaatkan semua fitur yang disediakan oleh blogspot. 

Beberapa bulan kemudian, saya  menyusun laporan dan Praktek Kerja Lapangan  (PKL) sebagai Tugas terakhir sebelum  resmi menjadi Alumni STAN. Ketika itu saya PKL di KPP Pratama Bogor. Disela-sela waktu PKL itulah saya semakin  memperdalam ilmu tentang blog terutama cara membaca Kode HTML. Ketika itu saya mendapat seorang guru yang tahu banyak tentang dunia maya. Dia adalah sahabat saya Adi Wijaya, pemilik web http://bugistraveler.com/

Setahun sejak membuat blog tepatnya april 2012, saya kemudian fokus untuk berbagi tentang sekolah kedinasan karena info sekolah kedinasan yang membuat pengunjung hiburdunia.blogspot.com sedikit lebih ramai. Awalnya blog hiburdunia hanya berisi tentang pengalaman atau cerita pribadi saya. Setiap hari saya membuka blog, melihat jumlah pengunjung, membalas komentar dan rajin blogwalking. Sebagai blogger baru, melakukan kunjungan ke blog lain adalah hal yang wajib dilakukan, jangan lupa meninggalkan jejak agar pemilik blog melakukan kunjungan balik.

Ketika pageview mencapai 260 perhari, saya begitu senang dan makin rutin mengupdate tulisan, saya menargetkan tujuh postingan tiap bulannya. Saya masih ingat, pada awal mei 2012 saya membuat tulisan tentang batas akhir pendaftaran beberapa sekolah kedinasan, [Lihat Disini]. Berkat tulisan itulah jumlah pageview blog saya meningkat menjadi 800 perhari lalu di bulan juni meningkat menjadi 2.550 perhari.

Untuk meningkatkan jumlah pengunjung, yang dibutuhkan adalah tema yang unik atau beda dengan blog yang lain, selain itu kita harus mampu memberikan apa yang pengujung cari agar mereka mau kembali mengunjungi blog kita. Mencari tema adalah hal yang paling sulit dan sekaligus paling menentukan sukses tidaknya sebuah blog. Saya butuh setahun untuk bisa menemukan tema yang pas dan saya punya modal (menjadi mahasiswa salah satu sekolah kedinasan) untuk berbagi tentang tema tersebut.

Keuletan, kesabaran, dan keikhlasan dalam berbagi akhirnya berbuah manis. Pada awal bulan september, saya mendapat email dari seseorang yang mengaku editor salah satu penerbit buku di Depok. Inti dari email tersebut adalah penawaran untuk menulis sebuah buku panduan masuk sekolah kedinasan. Saya tentu saja tertarik mendapat tawaran seperti itu, tapi saya masih belum bisa percaya. Berkat kesabaran editor tersebut dalam menjawab pertanyaan bodoh saya, saya akhirnya setuju untuk membuat sebuah buku panduan masuk sekolah kedinasan [Lihat disini]. Buku tersebut akhirnya selesai sebelum batas akhir yang ditentukan [Lihat Bukunya disini]. Buku tersebut terbit di bulan april 2013, dan kemudian saya menerima royalti pertama sembilan bulan kemudian, Jutaan rupiah mulai mengalir ke rekening berkat rajin merawat blog.

Pencapaian atas kesabaran dalam merawat blog tidak hanya sampai disitu. Ketika jumlah pageview mencapai 8.800 perhari di bulan januari 2014, saya memutuskan untuk memasang iklan goodle adsense, meskipun iklan tersebut  akan mengganggu tampilan blog. Tapi berkat google adsense, jutaan rupiah semakin rajin mengalir ke rekening pribadiku. Dengan adanya google adsense, penghasilan dari internet dan dari www.hiburdunia.com makin bertambah. Semoga kedepannya penghasilan tersebut semakin banyak. Amin.

Mungkin itu yang bisa saya ceritakan, bukan bermaksud untuk pamer, saya bercerita hanya sekedar berbagi pengalaman agar kalian tidak mengabaikan atau berhenti merawat blog kalian. Berikut ini adalah pencapaian atau rekor yang pernah diraih oleh WWW.HIBURDUNIA.COM.

Jumlah Pageview Tertinggi dalam sehari adalah 85.107 pada 9 mei 2015


Jumlah Pageview Tertinggi dalam sebulan adalah 1.413.249 pada bulan mei 2015

Jumlah Harga tertinggi yang diberikan oleh siteinfo.statvoo.com adalah $21.600 per agustus 2015



Jumlah Penerimaan dari Google Adsense tertinggi dalam sebulan adalah $190,76 pada bulan mei 2015

Ranking www.Alexa.com tertinggi adalah 261.194 pada agustus 2015








Berikut ini ada beberapa tips yang bisa saya bagikan agar blog kalian ramai dan dikunjungi banyak orang sehingga bisa menghasilkan jutaan rupiah.
  1. Kuatkan tekad utama yaitu untuk berbagi (bukan cari uang) 
  2. Jadikan kegiatan berbagi itu sebagai hobby
  3. Banyak membaca dan mempelajari tentang blog (pelajari tentang SEO)
  4. Tentukan tema blog (cari tema yang sesuai dengan minat dan kamu paham akan tema tersebut)
  5. Rajin mengupdate blog
  6. Rajin blogwalking dan memberi komentar di blog lain (membantu meningkatkan alexa rank)
  7. Tukar link akan sangat membantu untuk mendapatkan page rank dari google
  8. Rajin membalas komentar pengunjung
  9. Berusahalah memberikan solusi atau jawaban kepada para pembaca agar mereka berkunjung kembali
  10. Tips yang utama adalah cintailah blogmu, rawat dengan baik, dan nikmati setiap pertumbuhannya. Rawat dia ibarat kamu merawat anakmu sendiri.
  11. Adakalanya kita bosan dan jenuh dalam mengurus blog, tapi jangan biarkan sifat itu membuat dirimu meninggalkan blog yang telah kamu rawat
  12. Percayalah apa yang kamu bagikan dengan ikhlas akan berbuah manis dan kembali kepadamu
  13. Jangan terburu-buru memasang iklan
  14. Tujuan kamu adalah blog yang ramai

Baca Juga !

Info Terbaru

Ditulis Oleh : Muhammad Arif Ahsan

Info Pengalaman Mengurus Blog Hingga Menghasilkan Jutaan Rupiah ini dibagikan oleh Muhammad Arif Ahsan pada 16 Agustus 2015. Arif adalah alumni STAN wisuda tahun 2011, saat ini bekerja sebagai PNS di Kementerian Keuangan, apabila ada kritik atau saran silahkan sampaikan secara langsung melalui BBm (Pin D433858D), LINE (@kedinasan.com), atau EMAIL (muharifahsan@gmail.com).

7 komentar:

  1. makasih sodara link gratisnya.. smga makin sukses blog nya ;)

    BalasHapus
  2. emang susah ngurus blog, apalagi kalau udah ga ada gairah buat nullis

    BalasHapus
  3. Terus berkarya dan berbagi ya...

    Kunjungi blog saya ya blogger banua banjar

    BalasHapus
  4. Keren sekali pengalamannya mas, menjadikan semangat ngeblog kembali meroket.. Saya mengelola 15 blog seorang diri, namun sejauh ini nyaman2 saja. Yang terpenting fokus membuat konten berkualitas u/ sy share ke publik. Terimakasih sudah menginspirasi. Saya juga memiliki artikel sejenis, bisa diakses via http://cepithea.blogspot.com . Salam Blogger

    BalasHapus
  5. wah, jadi lebih semangat nulis nih... pengalaman yang hebat mas.

    BalasHapus

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2017/2018