Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik Statistika STIS Tahun 2018

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik Statistika STIS Tahun 2018/2019

STIS
Sekolah Kedinasan (Kedinasan.com)- Melalui website resminya, Politeknik Statistika STIS telah mengumumkan akan menerima calon mahasiswa baru tahun 2018. Penerimaan tersebut akan dibuka serentak bersama dengan beberapa sekolah kedinasan yang ikatan dinas lainnya. Sekolah Kedinasan tersebut diantaranya adalah PKN STAN, IPDN, POLTEKIP, POLTEKIM, Politeknik Statistika STIS, STIN, STMKG, STSN, serta beberapa Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan melalui Jalur Pola Pembibitan.

Pendaftaran calon mahasiswa baru Politeknik Statistika STIS akan dimulai pada tanggal 9 April s.d. 30 April 2018, yang dilakukan secara online melalui portal https://sscndikdin.bkn.go.id/. Jumlah mahasiswa baru yang akan diterima Politeknik Statistika STIS sebanyak 600 orang. Berikut ini adalah beberapa informasi penting terkait PMB Politeknik Statistika STIS Tahun 2018/2019.


Program Studi

  1. Prodi Statistika Program Diploma III (150 mahasiswa, termasuk 10 mahasiswa untuk program afirmasi dengan rincian Provinsi Papua: 3 mahasiswa, Papua Barat: 3 mahasiswa, Maluku : 2 mahasiswa, Maluku Utara: 2 mahasiswa)
  2. Prodi Statistika Program Diploma IV (300 mahasiswa)
  3. Prodi Komputasi Statistik Program Diploma IV (150 mahasiswa) 


Lulusan Program Diploma III akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan II/c dan ditugaskan sebagai ahli madya statistika di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung. 

Lulusan Program Diploma IV akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan III/a dan ditugaskan sebagai tenaga ahli statistika/komputasi statistik di kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Indonesia. 

Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan dan akan diberikan uang saku (tunjangan ikatan dinas) sesuai ketentuan/peraturan yang berlaku.


Sistem Seleksi

Politeknik Statistika STIS menerima mahasiswa baru melalui dua jalur, yaitu Jalur Ikatan Dinas dan Jalur Tugas Belajar.

  1. Jalur Ikatan Dinas
    Jalur Ikatan Dinas (ID) merupakan jalur seleksi untuk lulusan SMA/MA. Selama masa pendidikan mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan dan mendapatkan tunjangan ikatan dinas sesuai peraturan yang berlaku. Lulusan Politeknik Statistika STIS jalur ikatan dinas wajib bekerja di lingkungan Badan Pusat Statistik (BPS) dan kementerian/lembaga/instansi lain di seluruh Indonesia sesuai penempatannya selama masa ikatan dinas.
    Program Afirmasi adalah program yang dikhususkan untuk putra-putri dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara untuk mengisi formasi pegawai Badan Pusat Statistik pada unit kerja di wilayah tersebut.
  2. Jalur Tugas Belajar
    Jalur Tugas Belajar (TB) merupakan jalur seleksi bagi mereka yang memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Anggota TNI/POLRI, yang telah menyelesaikan pendidikan SMA/MA dan ditugaskan oleh intansi asal untuk mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS. Ketentuan mengenai penerimaan mahasiswa baru Jalur Tugas Belajar akan diumumkan secara terpisah.


Syarat Pendaftaran

Persyaratan Jalur Ikatan Dinas

Untuk dapat mengikuti seleksi PMB Politeknik Statistika STIS, calon mahasiswa harus memenuhi syarat-syarat berikut:

  1. Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba.
  2. Program Diploma IV (450 mahasiswa):
    - Lulusan SMA/MA Jurusan IPA; atau
    - Siswa SMA/MA Jurusan IPA Tahun Ajaran 2017/2018 kelas XII;
    - Nilai Matematika dan Bahasa Inggris minimal 7,00 pada rapor kelas XII semester I;
  3. Program Diploma III (150 mahasiswa, termasuk 10 mahasiswa untuk program afirmasi)
    - Lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS; atau
    - Siswa SMA/MA Jurusan IPA/IPS Tahun Ajaran 2017/2018 kelas XII;
    - Nilai Matematika dan Bahasa Inggris minimal 7,00 pada rapor kelas XII semester I;
    Program Diploma III hanya boleh dilamar oleh peserta yang berdomisili pada Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung, yang dibuktikan dengan salinan Kartu Tanda Penduduk dan ijazah SMA/MA.

    Khusus Program Afirmasi hanya boleh dilamar oleh putra-putri asli provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara, dibuktikan dengan salinan Kartu Tanda Penduduk; salinan ijazah/rapor SD, SMP/SLTP, dan SMA/MA dari wilayah tersebut; dan garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli wilayah tersebut dibuktikan dengan Surat Keterangan Kelurahan/Kepala Desa.
  4. Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun, per 1 Oktober 2018.
  5. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS;
  6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;
  7. Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS.
  8. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;
  9. Setelah lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota).


Prosedur Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan oleh calon peserta secara online melalui internet dan dapat dilakukan dari mana
pun, dengan cara sebagai berikut:

  1. Calon peserta melakukan pendaftaran secara melalui portal SSCN (https://sscndikdin.bkn.go.id/).
    Dilanjutkan mengisi data pendaftaran secara online di Aplikasi SPMB Politeknik Statistika STIS (http://www.stis.ac.id/spmb). Calon peserta harus menggunakan NIK dan password yang sama seperti saat mendaftar di portal SSCN. Setelah mengisi data pendaftaran, calon peserta akan mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Pembayaran.
  2. Calon peserta membayar biaya seleksi dengan menggunakan Kode Pembayaran tersebut pada poin melalui Bank BRI, sebelum batas waktu pembayaran yang ditentukan.
  3. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta kembali membuka Website Politeknik Statistika STIS untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM).
  4. Calon peserta kemudian mengikuti petunjuk yang tercetak pada KTPUM tersebut.


Biaya Seleksi

Calon peserta dikenakan biaya seleksi sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah), dibayarkan melalui Bank BRI setelah mengisi data pendaftaran secara online. Biaya administrasi bank ditanggung peserta.
Biaya seleksi dan biaya administrasi bank yang telah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.



Jenis Ujian

Seleksi PMB dilakukan dalam 4 (empat) tahap sebagai berikut:

  1. Tahap I : Tes Potensi Akademik (Matematika)
  2. Tahap II : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  3. Tahap III : Psikotes
  4. Tahap IV : Tes Kesehatan dan Kebugaran


Jadwal Pendaftaran


  1. Pendaftaran online (Jalur Ikatan Dinas) 9 s.d. 30 April 2018  Online di website Politeknik Statistika STIS
  2. Pendaftaran online (Jalur Tugas Belajar) 9 s.d. 30 April 2018 Online di website Politeknik Statistika STIS
  3. Ujian tahap I (Matematika) 12 s.d. 14 Mei 2018* Lokasi pilihan di 33 Provinsi
  4. Pengumuman hasil ujian tahap I 18 Mei 2018  Online, Kantor BPS Provinsi, Kampus Politeknik Statistika STIS
  5. Pendaftaran ulang online untuk mengikuti ujian tahap II dan III (SKD dan Psikotes) 18 s.d. 20 Mei 2018 Online di website Politeknik Statistika STIS
  6. Ujian tahap II (Seleksi Kompetensi Dasar/SKD) 4 s.d. 5 Juni 2018 Lokasi pilihan di Provinsi tertentu
  7. Ujian tahap III (Psikotes) 7 Juni 2018 Ditentukan Kampus Politeknik Statistika STIS dan dikoordinasi Kantor BPS Provinsi
  8. Pengumuman hasil ujian Tahap II dan III 27 Juni 2018  Online, Kantor BPS Provinsi, Kampus Politeknik Statistika STIS
  9. Pendaftaran ulang online untuk mengikuti ujian tahap IV(Kesehatan dan Kebugaran)  27 s.d. 28 Juni 2018  Online di website Politeknik Statistika STIS
  10. Ujian tahap IV (Kesehatan dan Kebugaran) 3 s.d. 4 Juli 2018  Ditentukan Kampus Politeknik Statistika STIS dan dikoordinasi Kantor BPS Provinsi
  11. Pengumuman hasil ujian tahap IV 13 Juli 2018 Online, Kantor BPS Provinsi, Kampus Politeknik Statistika STIS
  12. Pendaftaran ulang online Online di website 13 s.d. 15 Juli 2018  Politeknik Statistika STIS
  13. Verifikasi berkas 17 s.d. 18 Juli 2018 Kampus Politeknik Statistika STIS
  14. Kuliah perdana 19 Juli 2018  Kampus Politeknik Statistika STIS
  15. MPPK (Masa Pengenalan dan Pembetukan Karakter) 23 s.d. 27 Juli 2018 Kampus Politeknik Statistika STIS
  16. Kuliah semester gasal TA. 2018/2019 6 Agustus 2018 Kampus Politeknik Statistika STIS
*) jadwal tentatif per Provinsi

Setiap tahapan seleksi dilaksanakan di seluruh Ibukota Provinsi dan beberapa Ibukota Kabupaten secara serentak, yang mana berlaku sistem gugur. Tes tahap I (Tes Potensi Akademik) dilakukan sendiri oleh Politeknik Statistika STIS. Tes Tahap II (Seleksi Kompetensi Dasar) dilakukan bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Tes tahap III (Psikotes) dilaksanakan oleh Politeknik Statistika STIS bekerjasama dengan lembaga psikologi yang kompeten. Tes tahap IV (Kesehatan dan Kebugaran) dilaksanakan bekerjasama dengan Rumah Sakit TNI/Polri di masing-masing provinsi.



Lokasi Ujian

Lokasi ujian di 33 provinsi di seluruh Indonesia.


Kontak Panitia


  1. Segala informasi mengenai PMB Politeknik Statistika STIS dapat diakses melalui website resmi Politeknik Statistika STIS (http://www.stis.ac.id/) dan media sosial twitter: @STISJKT; fanpage facebook: Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (Official).
  2. Alamat Panitia Pusat adalah di Kampus Politeknik Statistika STIS, Jalan Otto Iskandardinata No. 64C Jakarta Timur 13330. Telp: (021) 8508812, 8191437, Fax: 8197577. Hotline PMB Telp: (021) 85900884. (Jam Kerja Senin - Jumat, Pukul 08.00 WIB - 15.30 WIB)
  3. Alamat Panitia Daerah adalah di Kantor BPS Provinsi di seluruh Indonesia (kecuali Provinsi DKI Jakarta di Kampus Politeknik Statistika STIS). Alamat Kantor BPS Provinsi bisa dilihat di Website BPS di http://www.bps.go.id.


Lain-Lain


  1. Calon peserta hanya boleh melamar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga dan apabila diketahui calon peserta mendaftar lebih di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.
  2. Dalam proses penerimaan mahasiswa ini, tidak diadakan surat-menyurat dan tidak ada dispensasi dalam bentuk apa pun.
  3. Keputusan panitia penerimaan mahasiswa baru tidak dapat diganggu gugat.
  4. Apabila peserta ujian memberikan keterangan atau data yang tidak benar, dan dikemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes/ujian, maupun setelah menjadi mahasiswa, Politeknik Statistika STIS berhak membatalkan kelulusan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan/atau mengeluarkan yang bersangkutan dari pendidikan.
  5. Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan PMB Politeknik Statistika STIS akan diinformasikan melalui Website Politeknik Statistika STIS, Kantor BPS Provinsi, dan Kampus Politeknik Statistika STIS.
  6. Politeknik Statistika STIS tidak menerbitkan pembahasan soal-soal seleksi tahun-tahun sebelumnya, tidak membuat prediksi soal tahun ini, serta tidak menyelenggarakan dan tidak bekerja sama dengan bimbingan belajar mana pun termasuk dengan UKM BIMBEL/BIUS.
  7. Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Politeknik Statistika STIS/BPS. Kelulusan peserta adalah prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan dengan motif apa pun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan diluar tanggung jawab panitia.
  8. Pengaduan dugaan adanya pelanggaran pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru dapat dilaporkan melalui alamat email: pengaduan@stis.ac.id.