Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendaftaran Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas STMKG Tahun 2020 DIBATALKAN

pendaftaran stmkg 2020

Penerimaan Taruna Baru (PTB) Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) Tahun Akademik 2020/2021 DIBATALKAN.


Sekolah Kedinasan, Kedinasan.com - Berdasarkan surat Kemenpan RB nomor B/435/M.SM.01.00/2020 tanggal 6 Mei 2020, salah satu sekolah kedinasan yang direncanakan buka pendaftaran tahun 2020 adalah STMKG. Sekolah tinggi yang berada dibawah naungan BMKG tersebut adalah sekolah kedinasan yang ikatan dinas. Ikatan dinas artinya bahwa setelah menyelesaikan pendidikan di STMKG, para taruna akan langsung diangkat menjadi pegawai di lingkungan BMKG. STMKG mempunyai empat program studi, diantaranya adalah Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi.
24 sekolah ikatan dinas yang membuka pendaftaran tahun 2020 yaitu IPDN, POLSTAT STIS, POLTEK SSN, POLTEKIM, POLTEKIP, STIN, PIP Makassar, PKTJ Tegal, POTRANSSDP Palembang, PPI Madiun, POLTRADA Bali, STIP Jakarta, PIP Semarang, PIP Makassar, POLTEKPEL Malahayati, POLTEKPEL Sumbar, POLTEKPEL Banten, POLTEKPEL Surabaya, PPI Curug, POLTEKBANG Surabaya, POLTEKBANG Medan, POLTEKBANG Makassar, POLTEKBANG Palembang, dan POLTEKBANG Jayapura.
Namun, berdasarkan informasi terbaru yang telah diumumkan melalui website resminya, STMKG membatalkan penerimaan taruna baru tahun 2020. Pengumuman tersebut dituangkan dalam surat pengumuman nomor KP.01.00/526/KSTMKG/VI/2020. Bagi kalian yang telah mempersiapkan diri menghadapi PTB STMKG tahun 2020, mohon berbesar hati menerima keputusan ini. Silahkan coba peruntungan kalian di sekolah kedinasan ikatan dinas lainnya, atau belajar lebih giat da memantapkan persiapan kalian untuk menghadapi PTB STMKG tahun 2021. Tetap semangat.

moratorium stmkg

Sebagai Bahan Referensi berikut ini adalah Informasi PTB STMKG Tahun 2019

Syarat Pendaftaran

  • Persyaratan Umum

    1. Pria/Wanita Warga Negara Indonesia
    2. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dapat berkacamata maksimal minus (-)2, spheris dan tidak silinder.
    3. Umur tidak kurang dari 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun pada tanggal 1 September 2019.
    4. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
    5. Bebas narkoba yang dibuktikan dengan tes kesehatan.
    6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
    7. Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
    8. Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Persyaratan Akademik

    1. Lulus atau akan lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika lndustri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputerdan Jaringan.
    2. Lulus atau akan lulus SMK dengan kompetensi keahlian pada poin 1 tersebut hanya dapat mendaftar untuk jurusan lnstrumentasi-Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (MKG). Kompetensi keahlian selain pada poin 1 tersebut tidak dapat diterima.
    3. Bagi yang lulus sebelum tahun 2018, nilai ijazah untuk mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa lnggris masing-masing minimal 70 (skala 100).
    4. Bagi yang akan lulus pada tahun 2019, nilai rapor untuk tiga semester terakhir (semester 3, 4, dan 5) pada mata pelajaran Fisika. Matematika, dan Bahasa lnggris masing-masing minimal 70 (skala 100).

 

Jenis Seleksi

Sebagai referensi, berikut ini adalah jenis seleksi yang dilakukan pada PTB STMKG Tahun 2019 :
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  • Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk mata pelajaran Fisika, Matematika dan Bahasa lnggris;
  • Tes Kebugaran, Tes Kesehatan dan Wawancara

 

Tahapan Pendaftaran

Tahapan pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2020 termasuk STMKG telah dirilis oleh BKN di website dikdin.bkn.go.id. Kalian bisa baca informasi selengkapnya pada artikel berikut ini [Alur pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2020]. 
Sebagai referensi, berikut ini adalah alur pendaftaran yang telah dibuat STMKG untuk PTB Tahun 2019 :
  1. Akses dan buat akun di https://dikdin.bkn.go.id (siapkan NIK dan no KK)
  2. Login di situs https://dikdin.bkn.go.id, lalu mengisi data diri, upload dokumen yang dibutuhkan (KTP,foto,ijazah, dll.)
  3. Menerima notifikasi dan billing
    Kode billing CAT BKN (Rp 50.000,-)
    Kode billing PTB STMKG (Rp 75.000,-)
  4. Melakukan pembayaran kode billing 1 dan 2 melalui teller bank /ATM
  5. Login kembali ke situs https://dikdin.bkn.go.id, cetak kartu peserta ptb/sscn (file kartu akan muncul minimal 1 hari setelah pembayaran)
  6. Mengikuti tes SKD di BKN (sistem gugur)
  7. Mengikuti tes SKB di BKN (sistem gugur)
  8. Mengikuti tes kebugaran
  9. Mengikuti tes kesehatan di Rumah Sakit yang telah ditunjuk
  10. Mengirim dokumen hasil tes kesehatan (sistem gugur)
  11. Pengumuman hasil akhir (250 pendaftar yang dinyatakan lolos)
  12. Wawancara dan daftar ulang di kampus STMKG
  13. Selesai

Kredit gambar : https://stmkg.ac.id/