HEADER

Politeknik Statistika (POLSTAT) STIS Buka Pendaftaran Tahun 2020, Sekolah Gratis dan Ikatan Dinas

Pendaftaran POLSTAT STIS Tahun 2020

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Statistika STIS (POLSTAT STIS) Tahun Akademik 2020/2021. Pelajari syarat pendaftaran, jadwal, alur pendaftaran, dan info penting lainnya.

Sekolah Kedinasan, Kedinasan.com - POLSTAT STIS merupakan sekolah kedinasan ikatan dinas yang berada dibawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS). Ikatan dinas artinya bahwa setelah lulus, mahasiswa POLSTAT STIS akan langsung diangkat menjadi pegawai dilingkungan BPS, dan ditempatkan di seluruh unit kantor BPS yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Sekolah kedinasan ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk melanjutkan pendidikan, alasannya karena ikatan dinas dan biaya pendidikannya gratis, bahkan kalian akan diberikan uang saku setiap bulannya.

Oleh karena itu, saya sangat merekomendasikan kalian untuk mencoba peruntungan di sekolah kedinasan yang sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Ilmu Statistik tersebut. Beberapa hal yang sangat penting kalian pahami sebelum melakukan pendaftaran di POLSTAT STIS adalah sebagai berikut :

Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran POLSTAT STIS akan dilakukan secara online melalui website sscasn.bkn.go.id, mulai tanggal 8 s.d. 23 Juni 2020.

Syarat Pendaftaran

Hal yang paling utama untuk kalian ketahui sebelum mendaftar ke POLSTAT STIS adalah syarat pendaftaran. Tujuannya untuk memastikan kalian memenuhi syarat sebelum memutuskan memilih POLSTAT STIS saat registrasi di website sscasn.bkn.go.id. Karena registrasi di website tersebut hanya memperbolehkan satu kali registrasi dan hanya boleh memilih satu sekolah kedinasan. Oleh sebab itu, kalian perlu untuk mempelajari lebih dalam terkait syarat pendaftaran POLSTAT STIS.

POLSTAT STIS hanya menerima calon pendaftar lulusan SMA/MA jurusan IPA/IPS, tidak menerima lulusan SMK. Tidak ada syarat tinggi badan minimal, tetapi POLSTAT STIS tidak menerima calon pendaftar yang buta warna. Selain itu, kalian harus berumur antara 16 s.d. 22 tahun, dan mempunyai nilai rapor minimal 70 di semester 5 untuk mata pelajaran matematika dan bahasa inggris.

Syarat pendaftaran untuk SPMB tahun 2020 belum dirilis secara resmi, tetapi biasanya syarat pendaftaran hampir sama dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membagikan syarat pendaftaran tahun 2019 untuk kalian jadikan bahan referensi. Jika syarat pendaftaran tahun 2020 telah dirilis, saya akan perbaharui artikel ini dengan informasi terbaru. Berikut ini adalah syarat pendaftaran SPMB POLSTAT STIS Tahun 2019:
  •  Persyaratan Umum

    1. Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna (baik total maupun parsial) dan bebas narkoba; 
    2. Lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS; atau 
    3. Calon lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS Tahun Ajaran 2018/2019 kelas XII;
    4. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris minimal 70,00 (skala 1-100) atau 2,80 (skala 1-4,00) pada rapor kelas XII semester I;
    5. Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun, per 1 September 2019;
    6. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS;
    7. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;
    8. Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS;
    9. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;
    10. Setelah lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan di Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lembaga/Instansi lainnya sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai tingkat Kabupaten/Kota;
  • Persyaratan Khusus untuk Program Diploma III

    Domisili pendaftar dari Provinsi di seluruh Indonesia kecuali provinsi di Pulau Jawa dan Bali yang dibuktikan dengan kartu keluarga.

Alur Pendaftaran

Selain jadwal dan syarat pendaftaran, hal yang tak kalah penting untuk kalian pahami adalah mengenai alur pendaftaran. Tentu saja alasannya untuk memastikan proses pendaftaran berjalan lancar. Alur pendaftaran telah dirilis secara resmi oleh BKN melalui websitenya dikdin.bkn.go.id. Kalian bisa lihat informasi selengkapnya pada artikel berikut [Alur pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2020].

Berikut ini adalah gambaran singkat mengenai alur pendaftaran POLSTAT STIS :
  1. Pendaftar mengakses portal SSCASN di alamat https://sscasn.bkn.go.id. Pilih menu SSCASN DIKDIN lalu buat akun dengan menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).
  2. Pendaftar login kembali ke SSCASN dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  3. Pendaftar memilih Sekolah Kedinasan Politeknik Statistika STIS dan melengkapi biodata diri.
  4. Pendaftar menyelesaikan pendaftaran dengan mengecek Resume dan mencetak Bukti Pendaftaran.
  5. Pendaftar mengakses portal SPMB Politeknik Statistika STIS (https://spmb.stis.ac.id/) dan login menggunakan NIK dan password sesuai dengan portal SSCASN.
  6. Setelah login, pendaftar akan mendapatkan Kode Pembayaran.
  7. Pendaftar membayar biaya seleksi dengan menggunakan Kode Pembayaran tersebut melalui Bank BRI sebelum batas waktu pembayaran yang ditentukan.
  8. Setelah melakukan pembayaran, pendaftar kembali login ke portal SPMB Politeknik Statistika STIS untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM).
  9. Calon peserta kemudian mengikuti petunjuk yang tercetak pada KTPUM tersebut.
  10. Waktu dan lokasi tes akan diumumkan melalui portal SPMB Politeknik Statistika STIS.

Sebagai penutup dari artikel ini, saya ingin menyampaikan bahwa kalian harus jeli dalam memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan. Kalian harus memperhatikan segala aspek sebelum menentukan pilihan, terutama aspek peluang kerja setelah lulus dari perguruan tinggi tersebut. 

Memilih keputusan untuk masa depan memang tidaklah mudah. Oleh karena itu, saya akan mencoba membantu kalian dengan memberikan rekomendasi. Salah satu perguruan tinggi yang saya rekomendasikan adalah POLSTAT STIS. Alasannya karena POLSTAT STIS adalah sekolah kedinasan yang ikatan dinas, selain itu biaya pendidikannya gratis bahkan kalian akan diberi uang saku.

Demikianlah artikel yang saya bagikan kali ini, semoga bermafaat untuk kita semua. Tetap semangat dan semoga sukses. Aamiin

0 Response to "Politeknik Statistika (POLSTAT) STIS Buka Pendaftaran Tahun 2020, Sekolah Gratis dan Ikatan Dinas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel